Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori andre Algamar ASN Athari Gauthi Bali Banjarmasin bank indonesia Bank Nagari bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru Bawaslu Sumatera Barat bencana alam BISNIS BPJS Ketenaga Kerjaan BPS Sumbar BSC II Bukittinggi Bupati solok BWSS V Padang Darul Siska Dharmasraya dinas BMCKTR Sumbar Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas KOMINFO solok Dinas Pendidikan Solok Dinas Pendidikan Sumbar Dirlantas Polda Sumbar diskominfo Solok Ditlantas Polda Sumbar DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPP Pernusa DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPRD KOTA PADANG DPRD Sumbar DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat DPW PPP Sumbar Dunia anak Empat Pilar epyardi asda Era sukma Fadly Amran G20 gandoriah Ganjar Pranowo gerindra Golkar GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline Halkido Sumbar hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang IKW-RI SUMBAR indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kajati sumbar Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kejaksaan Tinggi Sumbar Kemenag Kota Padang Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok korem padang kota Padang Kota Pariaman Kota solok Kriminal Kudus Lanud Au Legislatif Lembah Gumanti Leonardi lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang minang kabau Mojokerto MPR RI Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan PAN Kabupaten Solok Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PBB PCNU Kabupaten Solok PD Satria Sumbar PDAM PDIP Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar polairud Polda Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres pasbar Polres Solok Polresta padang polri PPP Sumbar Prokopim padang PUPR PUPR Provinsi Sumbar Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang Satpol PP Padang satria Sawahlunto Selebgram Amak Lisa Seni seni budaya Sijunjung Simalungun SMK N 9 Padang Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Sungai Nanam Surabaya syamsyu Rahim Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI TNI AU Tokoh Masyarakat TRD Triski Uin UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA Wisuda wisuda 88

Pemko dan PT Semen Padang Berkolaborasi, Goa Kelelawar Padayo Bakal Jadi Destinasi Wisata Menarik

PADANG, netralpost - Pemerintah Kota Padang bersama PT Semen Padang siap berkolaborasi untuk menjadikan objek wisata alam "Goa Kelelawar Padayo" sebagai "New Tourism Attraction" (daya tarik wisata baru) di Kota Padang.

Hal itu mengemuka dalam acara pertemuan antara Wali Kota Padang Hendri Septa dan jajaran bersama Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang Asri Mukhtar di salah satu restoran di Padang, Selasa (1/8/2023).

"Alhamdulillah atas nama Pemerintah Kota Padang dan warga Kota Padang, kita berterima kasih sekali kepada PT Semen Padang yang menyatakan siap membantu dalam upaya pengembangan objek wisata Goa Kelewar Padayo yang berada di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) ke depan. Semoga dengan itu Goa Kelelawar Padayo ini menjadi destinasi wisata baru yang menarik di wilayah timur Kota Padang," imbuh Wali Kota.

Wako Hendri menjelaskan, Goa Kelelawar Padayo merupakan salah satu objek wisata yang berada di kaki Bukit Indarung dan masih eksotis dengan ciri khasnya banyaknya bergelantungan kelelawar di dalam goa tersebut.

Di dalam (perut goa), terdapat ruang yang lumayan luas dengan sejumlah ornamen khas goa yakni stalagmit dan stalaktit yang mencuat dan tersebar di beberapa sudut goa dengan beraneka macam bentuk yang indah.

Hal itu membuat keindahan Goa Kalelawar Padayo layak dijadikan sebagai tempat favorit untuk menghabiskan libur akhir pekan sembari berswafoto.

"Potensi ini yang tengah kita garap supaya semakin menambah daya tarik pengunjung ke objek wisata yang berada di ketinggian sekitar 100 Mdpl tersebut. Alhamdulillah, PT Semen Padang hari ini menyatakan dukungan dan ini adalah kado istimewa bagi kita (Pemko Padang) di momentum Hari Jadi Kota Padang ke-354. Kita juga berharap semua pihak dan masyarakat setempat juga ikut mendukung pengembangan objek wisata Goa Kelelawar Padayo ini," ungkap wali kota. 

Lebih jauh Wako Hendri Septa membeberkan sebagai sebuah 'New Tourism Attraction' di Kota Padang, Goa Kelelawar Padayo juga bisa dijadikan tempat berbagai kegiatan 'out bound' dan lainnya.

"Alhamdulillah, potensi ini sesuai dengan salah satu visi dan misi kota mewujudkan destinasi wisata baru di wilayah bagian timur Kota Padang. Untuk Itu, kita fokus membenahi Goa Kelelawar Padayo ini ke depan. Diantaranya mulai dari membuat jalan pintu masuk dan jembatan menuju ke goa, lampu penerangan, taman dan fasilitas penting lainnya. Semoga hasilnya nanti dapat dinikmati dan berimbas kepada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar," tambah Wako.

Orang nomor satu di Kota Padang menyampaikan, sejatinya banyak hal yang harus dibenahi dalam pengelolaan Goa Kelelawar Padayo ke depan. Begitu pula terkait kenyamanan dan keamanan pengunjung yang juga menjadi prioritas.

"Semuanya sudah kita perhitungkan, semoga dapat diwujudkan sesuai harapan,"  tukas orang nomor satu di Kota Padang itu.

Sementara itu, Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar menyebutkan pihaknya siap mensuport Pemko Padang menjadikan Goa Kelelawar Padayo sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah timur Kota Padang.

"Kita siap suport pengembangan Goa Kelelawar Padayo yang berada di kawasan produksi PT Semen Padang ini. Dalam tahun ini kita akan membantu untuk atribut lampu penerangan di goa tersebut dengan menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) sebanyak Rp200 juta. Semoga dengan itu Goa Kelelawar Padayo ini menjadi objek wisata yang menarik dikunjungi wisatawan," jelasnya.

Tak hanya itu, Dirut PT Semen Padang juga berencana membantu pembangunan taman sekaligus toilet sebagai salah satu kebutuhan standar di sebuah objek wisata.

"Kita juga membuka peluang untuk suport selanjutnya berupa tambahan dana atau pengaspalan jalan menuju Goa Kelelawar Padayo tersebut. Ini semua kita lakukan untuk membantu Pemko Padang dalam mengembangkan objek wisata Goa Kelelawar Padayo yang sekaligus akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata tersebut," ujarnya.

Dalam kesempatan itu hadir Sekretaris Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Zulkarnain Lubis serta Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati.

Sementara hadir mendampingi Wali Kota Padang yakni Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Didi Aryadi, Kepala Dinas Pariwisata Yudi Indra Syani, Kepala Dinas PUPR Tri Hadiyanto dan lainnya. (Prokopim Pdg)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.