Tidak Ada Penambahan Kasus Dan Dua Bebas Isolasi Di Payakumbuh




Payakumbuh,netralpost - Awal Oktober 2021 kasus aktif Covid-19 Kota Payakumbuh tinggal dua orang lagi dan sedang melakukan isolasi mandiri, dimana bulan lalu mencapai lebih dari 300 kasus positif.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan melihat perkembangan kasus yang terus melandai, saat ini hanya tiga kelurahan lagi yang masih berstatus zona kuning.


Satu kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Barat yaitu Kelurahan Talang, satu kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Utara yaitu Kelurahan Napar, dan satu kelurahan Kecamatan Payakumbuh Timur yaitu Kelurahan Tiakar.


Sedangkan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori dan Kecamatan Payakumbuh Selatan sudah berstatus zona hijau.


"Alhamdulillah, melihat perkembangan status kita, insyaallah kita bisa secepatnya kembali ke zona hijau," kata Kadinkes Bakrizal kepada media, Rabu (06/10).


"Serta untuk kembali ke zona hijau, kuncinya itu ya peran aktif semua masyarakat itu sendiri untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan ikuti vaksinasi," tambahnya.


Walaupun demikian, dr. Bek terus berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada jangan sampai lengah apalagi sampai menyepelekan penerapan protokol kesehatan tersebut. Karena apabila itu terjadi alamat kasus positif akan kembali melejit.


"Maka tetap terapkan 6M dalam kehidupan sehari-hari, konsumsi makanan sehat dan buah buahan," tambahnya.


Sementara itu, dari tracing yang terus dilakukan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kepada riwayat kontak masyarakat yang dinyatakan positif, tidak ada ditemukan penambahan kasus dan dua orang bebas isolasi.


"Walau kasus kita telah turun, tapi setiap harinya kita tetap melakukan tracing dan melakukan tes swab," ucapnya.


Adapun untuk daftar dari dua orang yang dinyatakan bebas isolasi hari ini adalah :


1. ZHAFIRAH ARKAH, perempuan (17), Kubu Gadang, Pelajar


2. REFLIN, laki-laki (56), Kapalo Koto Dibalai, ASN guru SMA Limbanang


Kadinkes juga mengimbau kepada masyarakat Payakumbuh agar secepatnya melakukan vaksinansi, karena saat ini lagi digiatkan gebyar vaksin sapu jagat.


"Kita laksanakan vaksinasi setiap harinya, masyarakat bisa datang ke fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kota Payakumbuh. Untuk jadwalnya bisa dilihat di kantor kelurahan," ucapnya.


"Sementara untuk remaja berusia 12-17 tahun bisa vaksin di sekolah masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan syarat ada izin dari orang tuanya," pungkasnya.


Serta untuk laporan data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini:


Suspek : 0

Kasus Baru : 0

Total Kasus konfirmasi : 2696

Sembuh : 2636

Isolasi : 2

Rawat : 0

Meninggal : 53

Kontak Erat : 0


(Relis/Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.