olehPayakumbuh,netralpost.net– Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, Pj. Wali Kota Payakumbuh, beserta sejumlah pejabat pemerintah dan masyarakat setempat, turut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih monumen bersejarah Jembatan Ratapan Ibu yang memiliki nilai kebanggaan dan memori penting bagi masyarakat Luak Limopuluah.

Jembatan ini tidak hanya memiliki keindahan arsitektur yang memukau, tetapi juga menjadi simbol para pejuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Oleh karena itu, Pj. Wali Kota Payakumbuh menganggap penting untuk membersihkan dan merawat monumen yang sarat makna ini.

Pj. Wali Kota Payakumbuh menyampaikan pentingnya menjaga warisan sejarah dan membuat lingkungan yang bersih serta terawat dengan baik. Ia juga berharap kegiatan ini dapat membangkitkan semangat cinta tanah air serta mengingat semua jasa-jasa para pahlawan.

Melalui kebersamaan dalam kegiatan bersih-bersih ini, semoga monumen bersejarah ini terus menjadi saksi bisu perjuangan bangsa, dan memotivasi generasi muda untuk tetap menjaga dan menghargai warisan sejarah Indonesia.

Saat membersihkan jebatan yang dahulunya dijadikan tempat eksekusi para pemuda Minangkabau yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia kala itu, Pj. Wako Rida Ananda mengerahkan satu unit mobil Pemadam Kebakaran untuk menyemprot debu-debu yang sudah sekian lama menempel di dinding situs bersejarah itu.

“Hari ini kami bersama teman–teman dari beberapa OPD, Lurah Nunang Daya Bangun (NDB) dan masyarakat sekitar, melakukan pembersihan Jembatan Ratapan Ibu. Kita juga melakukan pengecatan jembatan ini agar terlihat lebih indah dan bersih,” kata Pj. Wako Rida Ananda saat bersih-bersih Jembatan Ratapan Ibu, Sabtu (05/08/2023).

Disela-sela pembersihan Jembatan Ratapan Ibu, Pj. Wako Rida Ananda juga menyempatkan meninjau pembangunan infrastruktur yang ada disekitar lokasi gotongroyong.

“Mudah-mudahan pembangunan ini cepat selesai, sehingga jalur akses masyarakat menuju Masjid Makmur dan kantor lurah NDB bisa segera digunakan,” ucapnya.

Setelah pembersihan di Jembatan Ratapan Ibu, Pj. Wali Kota dengan lincah mengendari motor Lurah NDB dan langsung menuju tugu adipura yang ada di jantung Kota Payakumbuh.

“Tugu ini akan kita percantik lagi, termasuk shelter informasi yang ada dikawasan ini. Kita juga akan percantik sampai ke sudut-sudut kota Payakumbuh. Pokoknya HUT RI tahun ini akan lebih berwarna di Payakumbuh,” pungkasnya. (Yon)