Sah! MTQ Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2022 Akhirnya Tetap Akan Digelar



Payakumbuh,netralpost --- Sempat terancam batal, kepastian pelaksanan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Ke-40 Tingkat Kota Payakumbuh akhirnya terjawab. Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, H. Rida Ananda sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Payakumbuh menyatakan pihaknya akan tetap menggelar MTQ Tingkat Kota Payakumbuh pada tahun 2022 ini. 


Kepastian itu disampaikan Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh melalui Kabag Kesra Irwan Suwandi saat melakukan koordinasi pelaksanan MTQ dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh di Kantor Kemenag setempat, Rabu (24/08/2022). 


"Insyallah, MTQ tingkat kota akan tetap kita laksanakan tahun ini dengan segala keterbatasan yang ada. Kita ingin tradisi pelaksanaan MTQ tingkat kota sekali dua tahun tetap terjaga meskipun secara sederhana," jelas Kabag Kesra Irwan Suwandi didampingi Kasubag Kesos Wirman.


Dikatakan, MTQ tingkat kota tahun 2022 terancam tidak dapat dilaksanakan karena adanya kebijakan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. Namun, seiring wabah pandemi yang melandai membuat rencana pelaksanan MTQ kembali dihidupkan.


"Awalnya MTQ tak akan digelar tahun ini. Kita cukup adakan seleksi saja, sebagai sarana rekruting kafilah menghadapi MTQ tingkat provinsi tahun 2023. Karena saat ini wabah Covid-19 mereda, anggaran yang awalnya diarahkan ke penanganan Covid-19 akhirnya bisa kita alokasikan lagi untuk pelaksanaan MTQ," jelas Irwan yang juga menjabat sebagai Sekretaris LPTQ Kota Payakumbuh. 


Senada, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh melalui Kasi Bimas, Hamdan menyambut gembira kabar tersebut. Pihaknya mengaku segera mempersiapkan langkah-langkah agar pelaksanaan MTQ tingkat kota nantinya dapat terlaksana dengan baik. 


"Kita tengah proyeksikan sejumlah cabang yang mungkin akan kita perlombakan dalam MTQ nanti. Saat ini rekan-rekan terus mematangkan konsep kegiatan termasuk penyusunan tata tertib perlombaan. Semoga segera rampung," jelas Hamdan. 


Ditambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar rapat koordinasi LPTQ dengan lintas sektor untuk memutuskan waktu dan tempat pelaksanaan MTQ. 


"Kita akan segera putuskan waktu, tempat dan cabang perlombaan MTQ bersama stakeholder terkait, khususnya dengan para camat yang akan mengutus kafilah MTQ kecamatan untuk berlomba," ujar Hamdan didampingi Imran selaku pengurus LPTQ. 


Ditambahkan, pelaksanaan MTQ tersebut direncanakan antara bulan Oktober atau November tahun 2022. "Keputusan finalnya nanti kita sampaikan," pungkas Hamdan. 


MTQ Nasional Tingkat Kota Payakumbuh sendiri terakhir digelar pada tahun 2020 lalu. MTQ ke-39 itu berlangsung di Kecamatan Payakumbuh Selatan. Pada gelaran tersebut, Kafilah MTQ Kecamatan Lamposi Tigo Nagori berhasil keluar sebagai juara umum. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.