Camat Payakumbuh Timur : Peran Mereka Sangat Strategis


Payakumbuh Timur-NN-
Mutasi sejumlah kepala kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Timur pada akhir Oktober lalu otomatis diikuti pergantian ketua tim penggerak PKK dan bunda PAUD di kelurahan tersebut. Berbeda dengan lurah yang dilantik dan dikukuhkan saat pengambilan sumpah jabatan, pelantikan ketua PKK dan bunda PAUD kelurahan dilakukan secara terpisah. 


Guna memenuhi amanat tersebut, Jumat (20/11) Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda PAUD Kecamatan Payakumbuh Timur Ny. dr. Silvia Rosja Irwan melantik dan mengukuhkan Ketua TP PKK dan Bunda PAUD kelurahan di enam kelurahan yang mengalami pergantian lurah plus satu kelurahan yang sebelumnya belum dilantik. Pelantikan dilaksanakan di Aula Sekretariat PKK Kecamatan, kawasan Tanjung Rajo, Kelurahan Tiakar. 


"Alhamdulillah tadi kita lantik dan kukuhkan tujuh ketua TP PKK dan bunda PAUD kelurahan yang baru yaitu Kelurahan Koto Panjang Payobasung, Tiakar, Padang Tangah Payobadar, Padang Alai Bodi, Balai Jaring, Sicincin dan Padang Tiakar," terang Ny. dr. Silvia Rosja Irwan saat dihubungi usai acara pengukuhan. 


Dikatakan, proses pelantikan dan pengukuhan Ketua TP PKK kelurahan baru bisa karena menunggu proses demokrasi pemilihan Ketua TP PKK kelurahan di dua dari enam kelurahan yang mengalami pergantian kepala kelurahan. 


"Dari enam kepala kelurahan yang dilantik kemarin, terdapat dua lurah perempuan. Hal itu berpengaruh kepada pengisian posisi ketua PKK kelurahannya, karena jika lurahnya kaum bapak, maka posisi ketua TP PKK otomatis istri lurah, sedangkan jika lurah dari kaum ibu, maka posisi ketua TP PKK nya harus dipilih melalui musyawarah mufakat oleh pengurus PKK kelurahan setempat," terangnya.


Ditambahkan, untuk posisi bunda PAUD kelurahan, dirinya tidak punya kendala berarti terkait gender kepala kelurahan. "Jabatan Bunda PAUD lebih gampang, jika lurah dijabat kaum ibu, maka bu lurah langsung menjadi Bunda PAUD kelurahan," tambahnya.


Dirinya berharap, dengan dilantik dan dikukuhkannya ketua TP PKK dan bunda PAUD kelurahan yang baru, maka peran aktif PKK dan bunda PAUD sebagai mitra lurah dan LPM dalam melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kelurahan bisa langsung dijalankan. 


"Diharapkan ketua PKK dan bunda PAUD kelurahan yang baru dilantik bisa segera aktif dan melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya demi kemajuan kelurahan dan juga kecamatan Payakumbuh Timur kearah yang lebih baik," ujarnya. 


Sementara Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi mengucapkan selamat atas dilantik dan dikukuhkannya para pejabat yang baru. Dirinya berharap ketua PKK dan bunda PAUD bisa bersinergis dengan Lurah dan komponen masyarakat lainnya.


"10 program pokok PKK jika kontiniu dijalankan, maka sudah membantu separuh dari tugas pokok lurah yakni dibidang pemberdayaan masyarakat. Jadi peran ibu ketua PKK sangat strategis untuk menggerakkan warga khususnya kaum ibu, apalagi yang dibantu adalah pak lurah yang merupakan suami sendiri," ujar Camat Irwan. 


Mantan Lurah Payobasung itu juga mengingatkan peran penting bunda PAUD kelurahan. Menurutnya bunda PAUD kelurahan harus berperan aktif mengajak dan menumbuhkan minat warga agar mau menyekolahkan anak-anak usia dini mereka di PAUD.


"Usia 0 sampai 4 tahun diteliti sebagai usia emas pembentukan karakter seseorang. Maka PAUD jadi lembaga yang sangat strategis. Sayang, hal ini belum banyak dipahami orang tua. Nah, disinilah peran bunda PAUD kelurahan untuk menyiarkan pendidikan PAUD ini agar ibu-ibu kita yang umumnya juga kader PKK mau menyekolahkan anaknya di PAUD," pungkasnya. (Rel/Timur)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.