Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam ASN Bali Banjarmasin bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Pendidikan Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalimantan Kampus Kapolda Sumbar kapolri Karya Tulis Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PDAM Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilkada PKB Sumbar Polda Sumbar polisi politik polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

3 Kriteria Di Payakumbuh Terima Penghargaan P4GN dari BNN Sumatera Barat




Payakumbuh,netralpost-Langkah pemerintah Kota Payakumbuh dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) diganjar penghargaan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat.


Hal itu terbukti dengan keluarnya Keputusan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat Nomor: KEP / 159 / VI / KA/ PC.00.03/ 2021/BNNP Tentang Penerima Piagam Penghargaan tertanggal 25 Juni 2021.


Dalam surat itu, Kepala BNN Provinsi Sumbar Khasril mengapresiasi tokoh atau lembaga yang mendukung program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Provinsi Sumatera Barat, perlu diberikan piagam penghargaan.


Dari 7 yang mendapat piagam penghargaan itu se Sumatera Barat, 3 adalah dari Kota Payakumbuh. Untuk kriteria Perorangan diraih oleh Camat Payakumbuh Barat Junaidi, untuk kriteria Instansi Pemerintah diraih oleh kelurahan Nunang Daya Bangun, dan Lingkungan Pendidikan diraih SMAN 5 Payakumbuh.


Camat Junaidi yang dikenal dekat dengan masyarakat itu dinilai BNN telah aktif dalam upaya P4GN sejak tahun 2014. Saat bertugas di Kelurahan Bunian, Junaidi memprakarsai Kelurahan Bunian Bersih Narkoba dengan kegiatan tes urine dan pemberdayaan masyarakat dalam mencegah dan mengawasi peredaran gelap narkoba di kelurahan Bunian. Selain itu, Junaidi juga aktif mencarikan solusi bagi masyarakat Bunian yang ingin berubah dari ketergantungan narkotika. 


Keaktifan Junaidi dalam P4GN tidak hanya dilakukan di Kelurahan Bunian saja, saat pindah ke Kelurahan Kapalo Koto. Dibalai pun Bapak Junaidi juga mengaktifkan Taruna Anti Narkoba. Kemanapun Junaidi Bertugas, dia selalu mengambil perhatian khusus terhadap permasalahan narkoba. Saat menjabat Camat Payakumbuh Selatan, Junaidi mendeklarasikan Kecamatan Payakumbuh Selatan Bersinar, dia membawa semua program P4GN seperti Satgas, Relawan, Agen Perubahan ke Kecamatan Payakumbuh Selatan.


Saat berdinas di Kecamatan Payakumbuh Barat, Junaidi mengembangkan program Kelurahan Bersinar pada kelurahan- kelurahan yang dipimpinnya. Konsistensi Junaidi selama lebih 8 tahun dalam P4GN yang menjadikannya layak mendapat penghargaan HANI 2021.


Kedua, ada Instansi Pemerintah Kelurahan Nunang Daya Bangun yang dinilai telah melakukan pembentukan Kelurahan Bersinar pertama di Kota Payakumbuh. 


Kelurahan Nunang Daya Bangun berinisiatif untuk menggandeng BNN dalam mengatasi permasalah narkoba. Kelurahan Nunang Daya Bangun menjadi pilot projek program Kelurahan Bersinar. Saat ini Kelurahan Daya Bangun telah memiliki program IBM dan Agen Pemulihan, Ketahanan Keluarga dan Remaja, kegiatan olahraga rutin seperti kompetisi Badminton dan Silat, hingga pengembangan aspek spiritual bagi masyarakat. 


Sejak mencanangkan diri sebagai Kelurahan Bersinar, Nunang Daya Bangun sudah merehabilitasi beberapa warga mereka secara mandiri.


Ketiga, SMAN 5 Payakumbuh aktif dalam upaya P4GN sejak tahun 2019. Sejak penandatangan MoU dengan BNN, SMA N 5 Payakumbuh rutin melakukan upaya tes urine, sosialisasi P4GN, hingga konseling dan upaya rehabilitasi bagi siswa yang terdampak narkoba.


SMAN 5 Payakumbuh juga aktif dalam semua kegiatan P4GN yang diinisiasi BNN Kota Payakumbuh seperti rakor, pengisian acara, bimtek dan lain sebagainya. SMA N 5 Payakumbuh merupakan SLTA yang sangat konsisten dalam P4GN.


Dengan raihan prestasi ini, terpisah, saat dihubungi media, Sabtu (26/6), Wali Kota Riza Falepi menyampaikan selamat kepada tiga peraih penghargaan dari Kota Payakumbuh sekaligus menyampaikan apresiasi kepada BNN provinsi Sumbar.


"Alhamdulillah, ini adalah bukti konsistensi kita dalam memerangi narkoba di Payakumbuh, tugas ini memang bukan hanya dari pemerintah dan aparat hukum saja, tetapi masyarakat juga harus ikut aktif membentengi diri, keluarga, dan lingkungan dari jerat narkoba. Ada banyak generasi yang harus kita selamatkan dari barang haram ini," kata Riza.


Wali Kota Riza Falepi juga menyampaikan penanganan narkoba dan Covid-19 sama-sama membutuhkan keseriusan dan kepedulian setiap orang. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.