Lantik Pj. Wali Nagari Maek, Bupati Safaruddin : Kita Akan Jamin Ketersediaan Guru Agama di SD dan SMP




Lima Puluh Kota,Netralpost-- Dalam rangka memaksimalkan penyelenggaraan Pemerintahan Nagari untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo melakukan pelantikan dan serah terima jabatan Pj. Wali Nagari Maek, pada Kamis, (30/9/2021) di GOR Lunawan, Jorong Ronah, Nagari Maek. 


Berdasarkan Surat Keputusan Bupati No. 312 tahun 2021, Pj. Wali Nagari Maek yang semula dijabat oleh Apri Yulianto S. Sos, diserahkan kepada Ciswarman S. Pd untuk mengemban amanah sebagai Pj. Wali Nagari Maek yang baru, mengingat beberapa waktu yang lalu Apri Yulianto mendapat amanah sebagai Sekcam di Kecamatan Payakumbuh. 


Mengawali sambutannya, Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengucapkan selamat kepada Pj. Wali Nagari yang baru saja dilantik, sekaligus ungkapan terima kasih kepada Pj. Wali Nagari yang lama atas segala dedikasi yang telah diberikan selama melaksanakan penyelenggaraan Pemerintahan Nagari Maek.


"Selamat kepada Saudara Ciswarman. Mudah-mudahan amanah dan dapat membawa kemajuan di Nagari Maek," Harapnya


Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo berharap kepada pada Wali Nagari Maek beserta anggota Bamus untuk meningkatkan SDM dan inovasi agar terhindar dari disharmonisasi serta perselisihan antara Bamus dengan Wali Nagari, akibat kesenjangan pemahaman, pengetahuan mengenai peraturan dan regulasi yang ada. 


"Segera lakukan koordinasi internal dengan perangkat Nagari, Bamus dan lembaga kemasyarakatan yang ada di Nagari dalam melakukan perencanaan dan target pembangunan di Nagari Maek," ulasnya


Dalam menyelaraskan program Nagari dengan program prioritas Kabupaten Lima Puluh Kota, untuk mendukung visi misi daerah, Bupati juga menghimbau pada Wali Nagari beserta perangkat untuk berpedoman kepada RPJM Kabupaten Lima Puluh Kota.


Pasalnya, menurut Bupati yang merupakan mantan anggota DPRD Provinsi Sumbar itu, ada beberap program prioritas yang mesti disingkronkan pemerintah nagari dengan daerah, diantaranya meningkatkan SDM yang berdaya saing dan berlandaskan keimanan,  meningkatkan pertumbuhan ekonomi sektor ril yang mempunyai keunggulan di tingkat lokal dan regional,  mendorong potensi nagari sebagai poros pembangunan daerah dan meningkatkan pelayanan publik serta pembangunan infrastruktur secara terpadu.


Disamping itu, sektor pendidikan yang merupakan pondasi dasar pembangunan, juga tidak luput untuk terus dibenahi, salah satunya dengan menjamin ketersediaan guru guru agama yang selama ini masih kekurangan di sekolah-sekolah SD maupun SMP di Kabupaten Lima Puluh Kota. 


"Walaupun secara nasional pemerintah tidak membuka formasi CPNS untuk Guru Agama, Insya Allah tahun 2022 keterbatasan guru agama di SD, SMP akan kita siasati dengan mengangkat guru agama melalui honor darah. Ini salah satu program kita dalam menetapkan pondasi dasar pendidikan," tambah Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.


Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Bisron Hadi, S.Pdi dalam sambutannya berharap, akan ada singkronisasi antar program-program pembangunan yang ada di Nagari Maek, untuk membawa kemajuan Nagari Maek secara keseluruhan sesuai target yang diharapkan masyarakat.


"Terima kasih kita ucapkan pada Pj. Wali Nagari  Maek uda Apri Yulianto yang telah mengabdi di Nagari Maek selama ini, dan selamat datang Pj. Wali Nagari yang baru, uda Ciswarman. Semoga dapat membawa kemajuan di Nagari ini," ulasnya.


Selain Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Bisron Hadi, S.Pdi, hadir pada kesempatan itu Asisten Pemerintahan, Drs. Dedi Permana, Kepala BPN. Dr.Yulizar Yakub. M. Hum, Ketua TP-PKK Kabupaten Lima Puluh Kota, Nevi Zulvia Safaruddin, Camat Bukit Barisan, Wardi, Ketua beserta Anggota Bamus Nagari Maek dan para Wali Nagari se Kecamatan Bukit Barisan serta para tokoh masyarakat.(Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.