Lomba Penilaian Kelurahan Tingkat Payakumbuh Tahun 2021 Telah Ditabuh




Payakumbuh,netralpost — Merujuk atas peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015, Pemerintah Kota Payakumbuh laksanakan kegiatan evaluasi perkembangan kelurahan (lomba kelurahan) tingkat kota Payakumbuh tahun 2021. Digelar di aula pertemuan ngalau indah lantai III kantor walikota Payakumbuh, lomba kelurahan tingkat kota Payakumbuh diikuti lima kelurahan yang mewakili setiap kecamatan kota Payakumbuh.


Adapun kelurahan yang masuk dalam lomba kelurahan tingkat kota Payakumbuh tahun 2021 yakni kelurahan Sungai Durian (Lamposi Tigo Nagori), kelurahan Payobasung (Payakumbuh Timur), kelurahan Balai Panjang (Payakumbuh Selatan), kelurahan Nunang Daya Bangun (Payakumbuh Barat), dan kelurahan Ikua Koto Dibalai (Payakumbuh Utara).


Serta dalam lomba kelurahan tingkat kota Payakumbuh tahun 2021 meliputi terhadap tiga bidang, yakni bidang pemerintahan yang diketuai staf ahli walikota bidang pemerintahan, hukum dan politik, bidang kewilayahan yang diketuai staf ahli walikota bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan dan terakhir bidang kemasyarakatan yang diketuai ketua TP-PKK kota Payakumbuh.


Berlangsung ditengah wabah pandemi covid-19, lomba kelurahan tingkat kota Payakumbuh berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan, sehingga dari setiap kelurahan hanya boleh membawa lima orang selama proses penilaian berlangsung.


Diawali dengan sambutan Sekretaris Daerah kota Payakumbuh, Rida Ananda mengatakan bahwa lomba kelurahan tingkat kota Payakumbuh tahun 2021 bertujuan untuk dilaksanakannya Evaluasi perkembangan kelurahan bermaksud untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan kelurahan dalam kurun waktu Januari sampai dengan Desember. 


“Tujuannya untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah kelurahan serta untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Tingkat kesejahteraan masyarakat juga nantinya dapat diketahui, daya saing kelurahan yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila,” paparnya.


Lebih lanjut, Sekretaris Daerah itu berharap dengan dilangsungkannya lomba kelurahan tingkat kota Payakumbuh, dapat menghasilkan kelurahan berprestasi untuk kota Payakumbuh yang berkualitas sehingga dapat membawa dan mewakili kota Payakumbuh untuk ajang kelurahan di tingkat Provinsi bahkan nasional nantinya,” tutur Rida, Kamis (9/9).


Kemudian, ketua panitia kepala bagian pemerintahan Setdako Payakumbuh, Aplimadanar sampaikan jika ruang lingkup evaluasi perkembangan kelurahan meliputi pantauan yang dilakukan secara berkala di tingkat kelurahan. Lomba tingkat perkembangan kelurahan dilakukan dengan berbagai tahap yakni tahap evaluasi diri di tingkat kelurahan, penilaian di tingkat kecamatan, analisis, validasi, peninjauan, klarifikasi, dan pemeringkatan di tingkat pusat, provinsi, kota dan kecamatan. 


“Juara lomba tingkat Kota Payakumbuh nantinya akan diberikan penghargaan berupa piala, piagam dan uang pembinaan. Dan Juara lomba kelurahan tingkat Kota akan disertakan dalam lomba tingkat Provinsi,” pungkas Aplimadanar dalam sambutannya.


Setelah dibuka, lomba kelurahan tingkat kota Payakumbuh dilanjutkan dengan masuk dalam penilaian ekspose dari setiap lurah dan dilanjutkan dalam penilaian wawancara secara panel yang diikuti oleh tiga perwakilan dari setiap kelurahan yakni lurah, pengurus LPM dan PKK masing-masing kelurahan./yon

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.