UDA DAN UNI DUTA WISATA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA RAIH GELAR Pada AJANG PEMILIHAN DUTA WISATA SUMATERA BARAT




Lima Puluh Kota,netralpost--Diskominfo - Setelah tahun sebelumnya yakni tepatnya tahun 2019 Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lima Puluh Kota menorehkan prestasi di tingkat provinsi melalui ajang Pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Sumatera Barat, kini Disparpora melalui Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Lima Puluh Kota kembali mengambil tempat sebagai deretan pemenang tahun 2021 dalam ajang tersebut. Pada malam grand final yang dilaksanakan di Hotel Truntum, Padang tanggal 5 November 2021 itu, Uda Duta Wisata Kabupaten Lima Puluh Kota atas nama Gilang Ramadhan berhasil meraih predikat sebagai Uda Wakil 1 Duta Wisata Sumatera Barat (Juara 2) dan Uni Leoni Ringgi Santika meraih predikat Uni Harapan 1 (Juara 4). 


Acara yang diikuti oleh masing-masing sepasang uda dan uni duta wisata dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat ini dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, H.Desri S.Pd, MM, Kabid Pariwisata Dra. Harneti, serta Kasi Promosi dan Informasi Pariwisata, Nopi Rita, SS dari Kabupaten Lima Puluh Kota. 


Kasi Promosi dan Informasi Pariwisata, Nopi Rita, SS menjelaskan tujuan dilaksanakannya ajang Pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata ini adalah untuk mencari talenta muda generasi Sumatera Barat yang memiliki karakteristik kepribadian yang baik serta pengetahuan yang luas kedepan. Para talenta yang terpilih sebagai Uda dan Uni Duta Wisata Sumatera Barat pada periodenya memiliki tanggung jawab untuk mengenalkan Sumatera Barat ke masyarakat baik domestik maupun mancanegara. Mereka yang akan menjadi promoter pariwisata baik di Indonesia maupun mancanegara. 


Untuk itu, setiap tahunnya juga diadakan pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Lima Puluh Kota yang akan mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota di tingkat provinsi Sumatera Barat. Akan tetapi, karena pandemi Covid-19 pemilihan tahun 2020 tidak dapat dilaksanakan. Tak hanya itu untuk tahun 2021 pemilihan juga dilaksanakan secara berbeda karena dalam masa pandemi. Biasanya peserta Uda dan Uni berasal dari perwakilan setiap kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota, namun tahun 2021 ini peserta merupakan rekomendasi dari Ikatan Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Lima Puluh Kota tahun sebelumnya. Dalam pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2021, peserta diberikan beberapa seleksi diantaranya seleksi pengetahuan tentang pariwisata, adat, budaya, psikologi, kepribadian, pemerintahan, public speaking, beauty class, dan tes bakat. Peserta yang lolos dalam seleksi tersebut dikarantina selama 3 hari di Hotel Sago Bungsu 1 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 


Di akhir penjelasannya, Kasi Promosi dan Informasi Pariwisata tersebut mengungkapkan rasa bangganya sekaligus berharap kedepannya Uda dan Uni Duta Wisata Kabupaten Lima Puluh Kota dapat terus meraih prestasi di tingkat provinsi Sumatera Barat.


“Tahun 2019 Uda Duta Wisata kita meraih predikat Uda Best Project atas nama Randi Ismail Khan dan Uni Mutiara Hasanah meraih predikat Uni Wakil 1 (Juara 2) di ajang pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Sumatera Barat. Karena tahun 2020 terkendala pandemic kita tidak mengadakan pemilihan. Lalu tahun 2021 ini kita kembali meraih gelar Uda Wakil 1 (Juara 2) dan Uni Harapan 1 (Juara 4) di ajang tingkat provinsi Sumatera Barat ini. Ini membuktikan bahwa kita mampu bersaing dan saya berharap dengan prestasi yang kita raih mampu membawa Kabupaten Lima Puluh Kota lebih dikenal khususnya dan Sumatera Barat umumnya ke tingkat domestik maupun mancanegara,” jelasnya. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.