50 Kota,netralpost---

Bupati Syafaruddin Dt Bandaro Rajo


mengatakan dengan telah adanya lumbung pangan di Nagari Situjuah Batua ini hendaknya dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di Nagari Situjuah Batua Nantinya.

“Keberhasilan pembangunan pertanian salah satunya ditandai dengan tersedianya pangan, maka justru pada itu kita pemerintah akan terus membangun lumbung pangan ditiap daerah, dan alhamdulillah hari ini kita dapat meresmikan di Nagari Situjuah Batua ini,” ujarnya.

Ia berharap nantinya masyarakat dapat menjaga, merawat serta memanfaatkan lumbung pangan tersebut dengan baik sehingga kebutuhan pangan warga dapat terpenuhi dan geliat ekomomi dapat meningkat di sektor pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Lima Puluh Kota, Gusdian Laora dalam sambutannya melaporkan saat ini sudah ada 14 unit lumbung pangan di Lima Puluh Kota yang tersebar di beberapa kecamatan.

“Jadi konsepnya lumbung pangan ini untuk menjaga stabilitas pangan dan mengantisipasi kerawanan ketersediaan pangan. Selain itu saat ini lumbung pangan juga kita jadi untuk lahan bisnis gapoktan di tiap daerahnya, jadi hasil pertanian para petani ini nantinya dapat kita pasarkan melalui lumbung pangan ini dan pastinya itu akan berdampak terhadap perekonomian para petani kita,”ungkapnya.

Ia mengatakan, biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan Lumbung Pangan ini yaitu sebesar 550 Juta yang didalam terdapat tempat penyimpanan pangan, heler pengigilangan pengolahan padi, serta bantuan padi atau gabah untuk masyarakat dengan jumlah 7 ton.

Kemudian ia menambahkan saat ini Dinasnya akan terus melakukan pembangunan lumbung pangan dibeberapa titik di Kabupaten Lima Puluh Kota sesuai dengan alokasi anggaran yang telah disusun di tahun 2022.

Wali Nagari Situjuah Batua, Don Vesky dt Tanmarajo dalam sambutannya merasa sangat bersyukur dengan adanya lumbung pangan di daerah yang ia pimpin.

“Terimakasih banyak pak bupati kami warga Nagari Situjuah Batua sangat bersyukur dan bangga akan keberadaan lumbung pangan ini dan kami berharap potensi sektor pertanian di Situjuah batua ini dapat meningkat karena lumbung pangan ini,”tuturnya.

Terakhir Ia menghimbau warganya untuk menyatukan tekad mendukung seluruh program Bupati untuk membangun Kabupaten Lima Puluh Kota serta membangun Nagari yang Ia pimpin (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.