Harap Seniman Minang


Oleh : Novri Investigasi Sekretaris Umum Seniman Minang Indonesia


Meski, baru lahir Seniman Minang Indonesia, sudah terlihat gebyarnya. Apalagi, Seniman Minang Indonesia dinakhodai figur yang peduli organisasi, berpengalaman dan profesionalnya. The Right Man The Right Place menjadi landasan dalam penyusunan kepengurusan. Diyakini, Seniman Minang Indonesia akan menjadi percontohan bagi group seniman lainnya.


Memang sebelumnya telah lahir organisasi seniman seperti PAPPRI dan lain sebagainya. Tapi, dihuni berbagai suku bangsa dan berpusat di Jakarta. Sumbar hanya perpanjangan tangan. Beda dengan Seniman Minang Indonesia, kumpulan seniman Minang dan berpusat di Sumatera Barat. Bahkan, merangkul seniman Minang yang berada di provinsi dan negara lain, seperti Malaysia.


Seniman Minang Indonesia, bukan milik musisi, pencipta dan penyanyi saja. Seniman Minang Indonesia merangkul mereka  yang berprofesi berbagai seni. Sesuai dengan pengertian seniman dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) istilah subyektif yang merujuk kepada orang yang kreatif, inovatif atau mahir dalam bidang seni. Atau orang menciptakan karya seni, seperti lukisan, patung, seni peran, seni tari, sastra, film dan musik.


Menariknya Seniman Minang Indonesia dihuni pengurus maupun mantan pengurus PAPPRI dan organisasi seniman lainnya. Diyakini pengalaman mereka sangat bermanfaatkan untuk membesarkan Seniman Minang Indonesia. Seniman Minang dikomandoi Jon Komando, Ketua Harian Edi Cotok didampingi Man Rano, An Roy dan Eka Putra serta beberapa artis Minang lainnya, akan menjadi warna baru bagi organisasi yang baru tumbuh ini.


Ada yang menarik dan cita cita luhur terpancar dalam program Seniman Minang Indonesia ini. Disamping adanya sekretariat, juga akan menghadirkan Kafe Live Musik Seniman Minang Indonesia. Nantinya, kafe live musik ini, akan menampilkan setiap hari artis Minang untuk menarik penghunjung. Termasuk kesenian minang lainnya. 


Kafe ini disamping bisa meningkatkan kesejahteraan anggota, penghasilan juga disisihkan untuk menjalankan roda organisasi. Bahkan, bisa mengobati kerinduan penghunjung terhadap artis Minang. Menikmati menu makanan sembari mendengarkan suara merdu artis Minang. Tak kalah menariknya, akan melepaskan kerinduan perantau yang pulang kampung


Kafe Live Musik Seniman Minang Indonesia menjadi tempat bagi perantau melepaskan rindu kampung halaman. Melepaskan rindu dengan artis Minang, lagu Minang dan masakan khas Minang. Termasuk kesenian Minang lainnya. Intinya Seniman Minang Indonesia, akan mengembalikan kejayaan Minang yang telah banyak melahirkan seniman dikancah nasional. 


Dan, menghidupkan kembali kesenian Minang yang mulai tergerus budaya asing. Semoga dengan kehadiran Seniman Minang Indonesia ini, eksistensi pelaku seni di Sumbar makin hidup dan berkibar. Termasuk juga menghidupkan kembali kesenian Minang kepada generasi dan anak nagari Minang. Sehingga generasi muda makin mencintai kesenian daerah sendiri. Ini juga menjadi harapan kita semua. (**)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.