SMP Pembangunan Laboratorium UNP Targetkan Adiwiyata Mandiri



Padang-- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang (UNP) terima  Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa.

Penyerahan itu langsung diterima Marlini T, M.Pd. Kepala Sekolah SMP Pembangunan Laboratorium UNP, di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, jalan Ahmad Yani Nomor 11 Padang, Senin (7/2/2022).

Kepala Sekolah Marlini melalui Dewi Kartina,  S. Pd selaku Ketua Adiwiyata yang juga didampingi Wakasek Hesti Handayani, S. Pd, mengatakan Selasa (8/02), ucapan terimakasih kepada seluruh stekholder yang telah membantu dan suport sehingga SMP Pembangunan Laboratorium UNP meraih Adiwiyata Nasional.

Penghargaan ini menjadi pemicu semangat untuk kita, warga sekolah dalam menjaga kelestarian
lingkungan, baik secara pribadi maupun civitas, tambahnya.

Seperti yang dikatakan bapak wali kota kemarin, untuk membiasakan pembersihan lingkungan dan kalau tidak kita mulai dari diri sendiri, siapa lagi, ungkapnya.

Di sekolah kami juga sudah ada Bank Sampah, dua jenis sampah yakni organik yang bisa dijadikan pupuk seperti contohnya Daun, kulut buah dan sayuran sedangkan  sedangkan sampah non organik untuk di daur ulang seperti sampah plastik, kaleng serta kami juga ajarkan kepada anak untuk mengurangi sampah plastik, jelasnya.

Masih kata dia, dalam rangka mensukseskan program adiwiyata ini kami membuat beberapa pokja (program kerja)  diantaranya ada Komposter, Biopori, greenhouse, hutan sekolah,  kolam dan taman baca serta program daur ulang untuk sampah. Komposter yang kami buat adalah salah satu cara bagi kami untuk mendapatkan pupuk organik, biopori untuk membantu penyerapan air lebih maksimal,  sedangkan green house adalah tempat bagi kami untuk merawat tanaman dan pembibitan. Disamping itu kami juga mengajari anak untuk mendaur ulang sampah non organik,  misalnya, sampah plastik dari bekas minuman kemasan,  yang di daur ulang menjadi pot bunga dan hiasan dinding.

Harapan kami dengan apa yang telah kami ajarkan ini bisa diterapkan oleh anak-anak sejak dini dan membenahi lingkungan semoga kedepan kami bisa meraih mendapat Adiwiyata Mandiri .

Penghargaan itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021, ditetapkan 6 sekolah di Kota Padang sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional tahun 2021 dan salah satunya SMP Pembangunan Laboratorium UNP(***)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.