Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori andre Algamar ASN Athari Gauthi Bali Banjarmasin bank indonesia Bank Nagari bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru Bawaslu Sumatera Barat bencana alam BISNIS BPJS Ketenaga Kerjaan BPS Sumbar BSC II Bukittinggi Bupati solok BWSS V Padang Darul Siska Dharmasraya dinas BMCKTR Sumbar Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas KOMINFO solok Dinas Pendidikan Solok Dinas Pendidikan Sumbar Dirlantas Polda Sumbar diskominfo Solok Ditlantas Polda Sumbar DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPP Pernusa DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPRD KOTA PADANG DPRD Sumbar DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat DPW PPP Sumbar Dunia anak Empat Pilar epyardi asda Era sukma Fadly Amran G20 gandoriah Ganjar Pranowo gerindra Golkar GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline Halkido Sumbar hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang IKW-RI SUMBAR indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kajati sumbar Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kejaksaan Tinggi Sumbar Kemenag Kota Padang Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok korem padang kota Padang Kota Pariaman Kota solok Kriminal Kudus Lanud Au Legislatif Lembah Gumanti Leonardi lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang minang kabau Mojokerto MPR RI Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan PAN Kabupaten Solok Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PBB PCNU Kabupaten Solok PD Satria Sumbar PDAM PDIP Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar polairud Polda Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok Polresta padang polri PPP Sumbar Prokopim padang PUPR PUPR Provinsi Sumbar Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang Satpol PP Padang satria Sawahlunto Selebgram Amak Lisa Seni seni budaya Sijunjung Simalungun SMK N 9 Padang Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Sungai Nanam Surabaya syamsyu Rahim Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI TNI AU Tokoh Masyarakat TRD Triski Uin UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA Wisuda wisuda 88

Peringatan HKG PKK Di Usia Emas, Serta Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma Ke IX Di Kota Randang




Payakumbuh,netralpost --- Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 50 dan pencanangan Bulan Bakti Dasawisma ke IX Kota Payakumbuh tahun 2022 berlangsung meriah di lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Selasa (22/3).


Kegiatan yang didominasi oleh kaum hawa itu juga dihadiri oleh Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten II Elzadaswarman, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) AH Agustion, Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Payakumbuh Elfriza Zaharman, dan ibu-ibu PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Payakumbuh.


Kabid Pemberdayaan Perempuan Erma Yunita selaku ketua panitia pelaksana memaparkan ada beberapa kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan hari kesatuan gerak PKK ke 50 dan pencanangan bulan bakti dasawisma ke IX Tahun 2022.


Ada lomba ekpose ketua tim penggerak PKK kelurahan, lomba menjujai dengan tema pembinan anak dan remaja era digital, lomba bazar produk UP2K PKK, lomba menu B2SA isi piringku dengan pencegahan stunting bagi ibu hamil, lomba penyuluhan dengan tema keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana peduli stunting menuju prilaku hidup bersih dan sehat, serta ada juga lomba yel-yel dengan tema program pokok PKK.


Kemudian ada kegiatan evaluasi buku administrasi keluarahan dan PKK kecamatan dengan memberikan penghargaann dan akreditasi ke PKK kecamatan dan kelurahan, pencanangan dan pelaksanaan bulan bakti dasa wisma ke IX tahun 2022, lomba ketua kelompok dasa wisma berpestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, lomba gerakan PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat, kegiatan pelatihan bagi kelompok dasa wisma, kegiatan pelatihan managemen usaha bagi UMKM dan UP2K PKK, serta kegiatan sosialisasi PAAREDI.


"Peringatan HKG PKK ke 50 tahun 2022 ini diharapkan menjadi momentum menggelorakan 10 program pokok PKK sesuai dengan prioritas program PKK sebagaimana yang telah ditetapkan berdasarkan permasalahan yang dihadapi dan potensi yang dimiliki serta sebagai sarana publikasi yang efektif terhadap gerakan PKK. Memberikan penghargaan seraya memotivasi kader PKK untuk lebih tahu, mau, dan mampu melaksanakan program PKK, serta mewujudkan peranan tim penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah," harap Erma.


Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Henny Yusnita Riza Falepi diwakili oleh Wakil Ketua 1 Elfriza Zaharman menyampaikan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 kali ini menjadi sangat istimewa karena hari ini merupakan Peringatan Tahun Emas Gerakan PKK di Indonesia. 


"Melalui Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini, saya menginginkan agar Gerakan PKK kembali pada ruh-nya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Artinya apa? Keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang juga harus kita berdayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka berarti Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan," kata wanita yang akrab disapa Cece itu.


Cece juga menambahkan, menjadi sangat beralasan bilamana Tema Peringatan Hari Kesatuan  Gerak PKK Ke-50 Tahun 2022 ini, adalah “Lima Puluh Tahun Gerakan PKK: Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama”. 


"Tema ini harus melekat dalam hati sanubari kita semua sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK. Tema ini juga harus menjadi tekad kita bersama, bahwa kita ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya Gerakan PKK dalam ikut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat, yang berarti juga untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia," harapnya.


Mantan Kadisparpora itu juga menambahkan, sepanjang lima puluh tahun perjalanan Gerakan PKK, tentu banyak hal yang telah dilakukan. Dinamika perjalanan Gerakan PKK selama ini, bisa menjadi bahan pembelajaran bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus. 


"Gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerjasama," ujar Cece.

 

Selain itu, tambahnya, momentum Peringatan HKG-PKK kali ini  juga harus mampu didayagunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. Untuk melakukan hal itu, sudah ada instrumen manajemen kelembagaan dan program sebagaimana kita sepakati bersama dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX PKK Tahun 2021. 


"Sesuai dengan kesepakatan Hasil Rakernas IX, maka saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan Tim Penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang. Hal ini menjadi penting, karena pada hakekatnya program-program PKK dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran, ketika itu semua dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang juga baik," tutur Cece.


Cece menyampaikan saat ini dunia masih dihadapkan pada situasi Pandemi Covid-19 yang belum mereda. Dampak dari Pandemi Covid-19 ini sungguh luar biasa, tidak hanya berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat saja, tetapi juga berdampak pada menurunnya kualitas hidup  dan kehidupan masyarakat secara keseluruhan. 


Dihadapkan pada kenyataan seperti itu, Cece mengharapkan agar semua pihak dapat berpartisipasi dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat dan perlu mendukung kebijakan Pemerintah dalam pengendalian Covid-19, dengan cara ikut menjaga situasi yang kondusif di dalam keluarga maupun lingkungan. Hal seperti ini merupakan implementasi dari Bakti Gerakan PKK untuk bangsa, dan berbagi untuk sesama. 


"Oleh karena itu pula, melalui Tema Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tahun 2022 ini, saya mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada Kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK, agar tetap selaras dengan Program-program Pemerintah," jelasnya.


Mewakili Wali Kota Riza Falepi selaku pembina TP-PKK, Asisten II Ezladaswarman menyampaikan hakekat peringatan hari kesatuan gerak pkk yang diperingati setiap tanggal 4 maret, agar senantiasa dijadikan momentum dukungan segenap jajaran tim penggerak pkk, untuk melaksanakan 10 program pokok pkk serta kegiatan yang mendukung berbagai program pemerintah.


"Tema peringatan HKG PKK ke 50 tahun 2022 adalah "Lima Puluh Tahun Gerakan PKK, Berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama", makna dari tema sentral HKG PKK ini adalah bahwa gerak kiprahnya gerakan PKK selama ini sepenuhnya didedikasikan untuk mendukung program-program pemerintah, dengan fokus pada keberpihakan terhadap keluarga dan masyarakat," kata pria yang akrab disapa Om Zet itu.


Mantan kepala dinas kesehatan itu juga menambahkan, RPJMN 2020-2024 memuat 7 agenda pembangunan nasional, gerakan PKK terkait dengan agenda 1 memperkuat ketahanan ekonomi, agenda 4 revolusi mental, agenda 5 memperkuat pelayanan dasar dan agenda ke 6 membangun lingkungan hidup. 


"Keempat agenda tersebut menjadi panduan dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK yang dalam jangka waktu 2021-2024 dilaksanakan oleh tiap tim penggerak PKK di semua tingkatan baik pusat maupun daerah," kata Om Zet.


Ditambahkannya, isu utama gerakan PKK adalah penanganan pandemi Covid-19, penurunan angka stunting, penguatan ekonomi masyarakat.


Om Zet juga mengajak semua yang hadir untuk merenungkan pelaksanaan gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan ternyata telah menunjukan keberhasilan baik tingkat propinsi maupun tingkat nasional, keberhasilan yang sudah diraih PKK ini, kata Om Zet merupakan kerja keras tim penggerak PKK kota kecamatan, dan seluruh kelurahan, kader-kader PKK, serta bimbingan dari OPD terkait selaku pembina PKK.


Di sisi lain, terang Om Zet, kelompok dasa wisma yang merupakan perpanjangan tangan tim penggerak PKK di kelurahan dan ujung tombak kegiatan PKK yang bersentuhan langsung dengan keluarga, telah dapat melaksanakan kegiatan yang berdampak kepada perbaikan dan peningkatan ekonomi, pendidikan dan kesehatan masyarakat, serta mengubah sikap dan prilaku yang dimulai dari individu dan keluarga.


"Kami berharap kepada kepala OPD selaku pembina PKK untuk tetap menjalin kerjasama dengan PKK dan jajarannya dalam mencapai isu strategis PKK. KAMI juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran PKK atas pengabdiannya selama ini sehingga kegiatan PKK dapat terlaksana dengan baik sampai ke kelompok dasa wisma," kata Om Zet. (Yon)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.