Satgas Karhutla TNI-POLRI dan Damkar Kubu Raya Padamkan Lahan Membakar Rumah Penduduk di Jalan Angkasa Pura 2


KUBU RAYA–
Akibat kebakaran hutan lahan (Karhutla) yang  akhir-akhir ini semakin meluas, sebuah rumah milik Usman Ai (43) dan Rumah walet milik Edy Prayogo (84) warga beralamat di jalan Sei Raya Dalam Komp Gading Lumiere A 11, Kel Bangka Belitung Darat Kec Pontianak Tenggara ludes terbakar, Kamis (03/03/2022).


PS.Kasubsi PPID Polres Kubu raya Aiptu Dodik Yulianto menjelaskan" membenarkan peristiwa kebakaran lahan yang terjadi di jalan angkasa pura 2 itu  yang nyaris menghanguskan satu unit Rumah Warga dan Satu Unit Rumah Walet di jalan Angkasa Pura 2, Parit Ngabe RT 09 RW 11, Dusun Wonodadi Desa Arang Limbung Kec Sungai Raya itu disebabkan adanya kebakaran lahan disekitar daerah tersebut yang sudah hampir 2 hari belum teratasi"jelas Dodik


"Dari keterangan saksi Peristiwa terbakarnya rumah warga dan rumah walet tersebut diketahui Usman Ai tukang kebun yang saat itu sedang bersama pemadam sedang melaksanakan pemadaman api yang membakar lahan gambut di belakang lokasi (Gg Bahagia).

Tiba-tiba Usman Ai mendengar istrinya berteriak kebakaran dan langsung mengejar ke arah rumahnya dan ternyata bangunan rumah tersebut sudah terbakar dengan cepat dikarenakan bangunan terbuat dari kayu"lanjut Dodik


Kepala BPBD Kabupaten Kubu Raya, M Yasier ketika di Konfirmasi melalui Salulernya mengatakan, saat ini Tim BPBD  dibantu Pemadam Kebakaran dan warga sekitar sedang berusaha memadamkan kebakaran tersebut.


“Sudah beberapa hari ini kita sedang bertempur dengan api yang membakar beberapa titik lokasi termasuk di daerah jalan angkasa pura ini, namun memang api sangat sulit  dipadamkan ketika kita sedang berjibaku di titik yang apinya cukup besar tiba-tiba ada informasi api sudah mendekati tkp yang saat i ni terbakar,” jawab Yasir.


“Mohon doa dan bantuan dari teman-teman semua untuk bersama-sama kita cegah terjadinya kebakaran lahan seperti ini,” harap Yasir lagi


Berkat upaya pemadaman dari berbagai unsur elemen akhirnya Api dapat dipadamkan sekira pukul 15.15 Wib oleh pemadam kebakaran antara lain Damkar Kubu Raya, Damkar Wonodadi, BPBD Kubu Raya, Relawan Pemadam 22, Pemadam Kebakaran Siaga, Pemadam Kebakara Sungai Raya dan Pemadam Bhakti Raya. 

Diketahui kebakaran yang menimpa satu buah rumah tempat tinggal berikut rumah walet yang berada disebelahnya disebabkan oleh api yang sebelumnya selama 2 hari sudah membakar lahan gambut yang berada di belakang  lokasi kebakaran tersebut.


Minimnya curah hujan dan banyaknya areal lahan gambut yang terbakar menimbulkan kerawanan terjadinya kebakaran yang mengarah ke pemukiman warga.


Saat ini masyarakat bersama TNI, Polri BPBD dan Pemadam Kebakaran swasta terus melakukan pemadaman dengan maksimal terhadap lokasi-lokasi terjadinya kebakaran lahan gambut. 


(Sumber : Humas Polres Kubu Raya).

Penulis :Dodik

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.