Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar kapolri Karya Tulis Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Polda Sumbar polisi politik polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh Persiapkan Kenyamanan Pemudik

 Payakumbuh,netralpost


- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Payakumbuh saat ini sudah mengatur persiapan mudik Lebaran 1443 H, demi kenyamanan para pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya di Payakumbuh dan sekitarnya.


"Seperti yang kita ketahui, dari Kementerian Dalam Negeri untuk tahun ini sudah ada sinyal jika masyarakat boleh mudik Lebaran. Ditambah lagi H -10 lebaran tiket pesawat sudah habis terjual. Tentu masyarakat akan lebih memilih menggunakan jalur darat," kata Kadishub Nofriwandi didampingi Kabid Keselamatan dan Pengendalian Opserasional Yulhendri. L kepada media di Kantor Dishub, Selasa (26/04). 


Dari data yang diperoleh dari Dinas perhubungan Provinsi Sumatera Barat pemudik yang akan masuk ke Sumbar berjumlah lebih kurang 1,8 juta orang. Dishub bersama satlantas khususnya, serta dibantu oleh aparat terkait akan bekerja maksimal untuk kelancaran arus lalu lintas.


"Jauh-jauh hari kita sudah berkoordinasi dengan Polres Payakumbuh tentang akan terjadinya lonjakan arus mudik. Ini adalah tugas yang akan kita emban selama Idul Fitri ini demi keamanan dan kenyaman para pemudik di Payakumbuh," imbuhnya.  


Kadishub mengatakan berdasarkan hasil koordinasi dengan Polres Payakumbuh tersebut, pihaknya akan menyiapkan tiga skenario lalu lintas untuk mengurai penumpukan kendaraan selama mudik dan balik Lebaran tahun 2022.


"Bersama Polres Payakumbuh kita telah melaksanakan rekayasa lalu lintas dan juga telah menyiapkan tiga jalur alternatif untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas menuju pusat kota Payakumbuh," ujarnya.


Dia juga menyebut akan menerjunkan  31 orang personel pengamanan yang ditempatkan pada pos pengamanan dan pos pelayanan.


"Kita akan terjunkan 8 personil untuk Post Operasi Ketupat Singgalang serta 23 orang untuk pengamanan lalu lintas," ucapnya


Lebih lanjut Kabid Ops yang akrab disapa Andi Malaway menuturkan untuk mengantisipasi kemacetan dalam kota, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab. Lima Puluh Kota terkait pemakaian eks Kantor Bupati Lima Puluh Kota sebagai kantong parkir cadangan selama lebaran. 


"Hal ini kita lakukan sebagai antisipasi lonjakan arus lalu lintas di pusat kota. Selain itu kita juga melalukan pengalihan dibeberapa ruas Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Sudirman dan Jalan A. Yani" terangnya.


Berikut rekayasa lalu lintas yang bakal diterapkan di Payakumbuh:


Jalur Alternatif I, semua kendaraan dari arah Bukittinggi dibelokkan menuju Simpang Pancoran - Payolansek - Padang Datar - Simpang Napar dan keluar di Simpang Kaniang Bukik.


Jalur Alternatif II, semua kendaraan dari Bukittinggi dialihkan melalui jalur By Pass. Pakan Sinayan - Talang - Simpang Parik dan keluar di Simpang Tanjuang Anau.


Jalur alternatif III, semua kendaraan dari arah Pekanbaru diarahkan melalui Jalan By Pass. Simpang Warna warni - Koto Baru Payobasung - Padang Alai Bodi - Sicincin - Sawah Padang Aur Kuning - Limbukan - Balai Panjang.


"Untuk memudahkan pemudik, kita akan lengkapi setiap ruas jalur alternatif dengan rambu-rambu agar masyarakat bisa dengan aman melewatinya," pungkasnya. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.