WISUDA KE-87 UIN IMAM BONJOL LANTIK 1.476 LULUSAN



Sebanyak 1476 orang wisudawan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang ikuti prosesi wisuda angkatan ke- 87 . Acara ini digelar di Auditorium Prof. Mahmud Yunus, Rabu dan Kamis (27& 28 April).

Pelaksanaan wisuda di bagi ke dalam 2 sesi. Hari pertama  diikuti oleh Program Pascasarjana, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) , Fakultas Syariah(FS) dan Fakultas Ushuludin dan Studi Agama (FUSA) , dan hari kedua diikuti oleh Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK).

Jumlah wisudawan yang mengikuti pelaksanaan wisuda ini yaitu Program Pascasarjana sebanyak 78 orang,  FAH sebanyak 117 orang,  FEBI sebanyak 136 orang,  Fakultas Syariah sejumlah 259 orang, FUSA dengan jumlah wisudawan sebanyak 164 orang,  FDIK sebanyak 258 orang dan FTK sebanyak 464 orang.

Dalam sambutannya rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd., mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan angkatan ke-87 atas capaian yang telah diraih selama berkuliah di UIN Imam Bonjol. Beliau juga  menyampaikan harapan agar semua wisudawan/wati cepat mendapat pekerjaan sesuai dengan bidang keilmuan yang ditekuni, atau menekuni wiraswasta, atau melanjutkan pendidikan. Wisuda ke-87 ini bukanlah akhir dari perjalanan akademik, tapi awal dari perjalanan selanjutnya.

Kemudian, beliau menuturkan bahwa wisudawan yang diwisuda hari ini merupakan duta dari UIN Imam Bonjol yang harus memiliki sikap diri   dengan menanamkan sikap Inclusive, demokrati, egaliter, moderat, humanis, non-diskrimintive, berani dan anti kekerasan. “Dengan memiliki delapan sikap diri ini, insyaallah¸ Anda menjadikan Islam di Indonesia mewujudkan kehendak Allah dengan mengamalkan prinsip washatiah yang rahmatan lil alamain, ” tuturnya

Ungkapan bangga dan senang juga disampaikan rektor  atas pencapaian salah satu mahasiswi FEBI, Indrawati yang berhasil meraih IPK dengan angka 3, 94 dan salah satu  mahasiswa FTK Tri Widya Ananda dengan IPK nyaris sempurna, 3,97. “Suatu capaian IPK yang fantastis, saya amat bangga dengan prestasi tersebut, ” lanjutnya

Lebih lanjut rektor menyampaikan perkembangan dan pertumbuhan UIN Imam Bonjol menuju salah satu Universitas Unggul yang di tandai dengan data penerimaan mahasiswa melalui SPAN PTKIN 2022 menunjukkan bahwa UIN Imam Bonjol merupakan Universitas Islam yang paling diminati di PTKIN di luar Pulau Jawa. “Kita menempati urutan 6 Nasional, dan menempati urutan ke-5 untuk pilihan 1 sebagai PTKIN yang paling diminati, dan juga dari hasil survey Webometriks menunjukkan bahwa UIN Imam Bonjol menjadi salah satu PTKIN Terbaik di Sumatra,” ungkapnya.

“Kita akan meningkatkan tata kelola lembaga untuk menjadi good university government, seperti dicanangkan oleh Kementerian Agama, kita harus dan telah memulai transformasi institusi, transformasi digital, dan internasionalisasi,”ujarnya.

Sebagai penutup rektor mengucapkan terima kasih atas dedikasi kerjasama yang ditunjukkan semua dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni,  mitra yang telah terjalin selama ini. “Dengan kerja sama ini kita bisa mewujudkan visi UIN Imam Bonjol untuk menjadi universitas yang unggul, “ tuturnya.
Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.