Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Kesigapan Damkar Payakumbuh Luar Biasa dan Perlu Di apresiasi

 

Payakumbuh,netralpost--Kesi


gapan Pemadam Kota Payakumbuh memang sangat luar biasa. Dalam satu hari ini saja, ada 5 pemadaman yang dilakukan dan api berhasil dipadamkan sebelum menjadi petaka, warga yang mendengar sirine berkali-kali sempat kaget dengan banyaknya kasus kebakaran hari Selasa (17/5) ini.

Menurut keterangan dari Kabid Damkar Budi Kurniawan kepada media, Selasa (17/5) malam, pada umumnya pemadaman yang dilakukan kali ini bukanlah kebakaran pada aset seperti rumah atau gedung, melainkan karena pembakaran oleh masyarakat yang tidak diawasi.

“Kita melakukan pemadaman api di 3 titik di Kota Payakumbuh dan 2 di Kabupaten Limapuluh Kota,” kata Budi.

Pada pukul 2.55 WIB dini hari, ada tumpukan sampah yang terbakar di Pasar Ibuh Blok Timur, dimana api sempat menjalar ke kios pasar, beruntung warga cepat melapor dan dengan kecekatan Damkar, api berhasil dipadamkan.

Kemudian pada pukul 09.14 WIB, Damkar Kota Payakumbuh melakukan pemadaman di tempat pembakaran sampah yang ada di gudang barang bekas di Kelurahan Parik Muko Aie, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori.

Lalu pukul 13.17 WIB memadamkan kebakaran lahan di Kelurahan Balai Jariang Kenagarian Aia Tabik, Kecamatan Payakumbuh Timur, lahan yang terbakar berada di area perkuburan.

Pada pukul 14.27 WIB hingga 17.00 WIB, Damkar Kota Payakumbuh memberikan bantuan pemadaman ke daerah tetangga di Kabupaten Limapuluh Kota. Kebakaran terjadi di dua titik, yakni di Jorong Gurun Nagari Gurun dan Jorong Balai Tinggi di Kecamatan Harau.

“Kita memadamkan api bersama Damkar Limapuluh Kota, yang pertama di lahan di belakang mesjid yang berada di kawasan perkantoran dekat Kantor Bupati dan DPRD Limapuluh kota, kemudian kebakaran yang kedua terjadi pada bukit, Alhamdulillah api berhasil dijinakkan dan tidak merambah ke tempat lain,” kata Budi.

Tak cukup sampai disana saja, pada pukul 18.10 WIB Damkar Kota Payakumbuh langsung bergegas ke rumah warga yang menelpon ke nomor quick response Pemadam Kebakaran 0752-92913 kalau ada 1 ekor ular jenis king koros yang masuk ke rumahnya, tanpa kenal lelah petugas Damkar menunaikan tugasnya dengan baik.

Terakhir, pada pukul 21.00 WIB Damkar Kota Payakumbuh juga membasmi sarang tawon di dua lokasi, di Kantor Bappeda Kota Payakumbuh dan di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori.(Yon)

Budi yang sudah dua tahun dipercaya Wali Kota Riza Falepi untuk memimpin Bidang Damkar itu juga menghimbau kepada masyarakat agar waspada api karena musibah bisa kapan saja terjadi. Apalagi saat ini cuaca sedang panas, belum ada hujan jadi lebih baik jangan bakar sampah, apalagi dekat bangunan atau lahan.

“Kalau pun ada kegiatan pembakaran harus diawasi, demi keselamatan orang banyak,” pungkas mantan Lurah Payolansek yang inovatif itu (Rel/MS)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.