BINDA Sumbar Gelar Vaksinasi Massal di Puskesmas Alahan Panjang dan Lapas

BINDA Sumbar Gelar Vaksinasi Massal di Puskesmas Alahan Panjang dan Lapas

Solok – Puskesmas Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat menggelar Gebyar Vaksinasi Covid-19, Kamis (21/7/22). Kegiatan ini dipelopori oleh Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Perwakilan Sumbar bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Solok.

Dipilihnya Puskesmas Alahan Panjang sebagai tempat pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, lantaran cakupan wilayah tersebut terhadap pencapaiannya sangat tinggi dibandingkan daerah lain di Kabupaten Solok. Selain itu antusias masyarakat serta gebyar vaksinasi luar biasa.

Kepala Puskesmas Alahan Panjang, Ns. Detrisna Lianora, S.Kep, dalam kegiatan ini juga mengatakan, bahwa saat ini Indonesia mengalami 3 beban penyakit, diantara nya adalah prevalensi penyakit tidak menular yang semakin meningkat, serta angka penyakit menular yang seharusnya sudah tertangani, namun semakin meningkat, dan juga angka penyakit infeksi baru muncul lagi yang berevolusi dari penyakit lama seperti Covid-19

Baca juga :  Rumah Kayu Pasutri di Solok Ludes Terbakar, Seorang Balita 18 Bulan Meninggal

“Tentu hal ini sangat berpengaruh terhadap penurunan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

“Dengan kegiatan Gebyar Vaksinasi Covid-19 yang dipelopori oleh BIN Daerah Sumbar ini, tentunya kami sangat berterima kasih sekali, karena kegiatan ini juga mendongkrak dan mempunyai daya ungkit terhadap pencapaian program Puskesmas Alahan Panjang,” tambahnya.

Kemudian lanjut Kapus, bahwa Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Alahan Panjang ini berjalan dengan lancar dan sasarannya melebihi dari target yang di tetapkan.

“Tentunya ini tidak terlepas dari dukungan yang luar biasa dari lintas sektor, dengan komunikasi yang intens dan koordinasi yang tepat, sehingga gebyar vaksinasi covid 19 ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses,” katanya.

Baca juga :  Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sumbar di Dharmasraya Diresmikan, Sutan Riska Ucap Syukur

Selain di Puskesmas Alahan Panjang, Gebyar Vaksinasi Covid-19 ini juga digelar terhadap penghuni di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Alahan Panjang dan kepada seluruh petugas lapas.

“Pemeriksaan kesehatan lainnya juga dilakukan seperti, skrining penyakit tidak menular, pemeriksaan triple E. Skrining indera dan TB. Tentunya kegiatan yang dilakukan saling terintegrasi antar program yang ada di Puskesmas,” sebutnya.

Hadir pada kegiatan itu, Camat Lembah Gumanti, Zulbakti, SP.d, Forkompincam, Wali Nagari, Jorong, masyarakat, segenap lintas sektor lainnya dan ASN di wilayah kerja Puskesmas Alahan Panjang.



Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.