Pulang Dari Denmark Belajar Mengolah Sampah, Devitra Tak Akan Enggan Berbagi Ilmu Dengan Kepala Dinas Penggantinya



Payakumbuh,netralpost--- Ada yang menarik saat pelantikan 35 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Payakumbuh di kantor wali kota, Selasa (5/7). 


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Devitra yang baru saja pulang dari Denmark dirotasi dengan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Desmon Corina.


Pemerintah Kota Payakumbuh mendapat kesempatan yang sangat berharga sebagai salah satu dari 9 di Indonesia yang diundang untuk mengikut Pertemuan Tingkat Tinggi Delegasi Indonesia ke Denmark bersama Direktorat Penanganan Sampah Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK melalui Organic Waste Project dari tanggal 26 Juni hingga 2 Juli 2022 lalu.


Peserta undangan High Level Trip to Denmark, adalah Provinsi Sumatera Barat, Kota Bukittinggi, Kota Jambi, Kota Banda Aceh, Kota Payakumbuh, Kota Sawah Lunto, Kota Solok, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Sidoarjo. Acara ini diadakan oleh Danish Environmental Protection Agency (DEPA).


Devitra mendapat kesempatan berangkat dengan dibiayai oleh pemerintah Denmark, Dia didampingi juga oleh Wali Kota Riza Falepi dan Sekretaris Daerah Rida Ananda.


Saat dihubungi media, Sekretaris Daerah Rida Ananda menjelaskan, sebenarnya jadwal ke Denmark ini sudah beberapa bulan terundur karena adanya beberapa hal yang perlu dipersiapkan, mengigat program ini adalah hubungan kerja sama antar dua negara Indonesia dan Denmark, maka tentu ada jadwal yang disesuaikan oleh pihak Denmark, Kementerian RI, dan pemerintah daerah.


"Kita pulang dari Denmark dan ilmu yang kita pelajari menjadi catatan dan laporan, ini akan ditindaklanjuti oleh jajaran dinas lingkungan hidup segera," kata Sekda kepada media.


Terkait dengan beberapa hari setelah pulang dari Denmark itu, Pemko melaksanakan rotasi jabatan kepada Kepala Dinas LH, Sekda menyebut pengusulan dan proses rotasi malah sudah dilakukan jauh sebelum adanya acara berangkat ke Denmark itu.


"Kebetulan jadwalnya saja berdekatan," ungkapnya.


Dihubungi terpisah, Devitra yang saat ini diamanahkan jabatan Kepala Dinas Perhubungan mengatakan tidak hanya sendiri, dia dan beberapa kepala Dinas Lingkungan Hidup dari daerah lainnya dibiayai oleh Dinas Lingkungan Hidup Denmark dan DEPA untuk berangkat ke Denmark. Dia pun menegaskan tak akan enggan berbagi ilmu yang sudah dia dapatkan kepada kepala dinas penggantinya.


"Ilmu yang kita dapatkan akan kita transfer ke pejabat yang menggantikan kita, ini kan bukan kerja Saya pribadi saja, tapi ada juga kawan-kawan di dinas LH, kerja Pemko juga. Nanti merekalah yang akan mempersiapkan program tindak lanjut kedepannya, sesuai instruksi dari Wali Kota Riza Falepi. Kita sudah punya catatan dan laporan yang akan dijalankan oleh Dinas LH, berisi tentang apa saja yang sudah didapatkan dan apa saja kegiatan yang dilakukan pada saat belajar di Denmark," kata Devitra yang pernah menjabat sebagai Kasatpol PP itu. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.