Anggota Satgas TMMD Ke 114 Komsos Cara Mengolah Air NiraH ingga Menjadi Gula Merah


Tanah Datar, netralpost.net – Sejumlah anggota Satgas TMMD ke-114 Kodim 0307/TD meluangkan waktu untuk belajar Cara pengolahan air nira di rumah seorang warga yang memiliki keahlian mengolah air nira hingga menjadi gula merah. Hal ini dilakukan di tengah istirahat siang. Di rumah Faizul (55) Jorong lesung batu, Nagari batu bulek, Kecamatan Lintau buo utara, Kabupaten Tanah datar,Sabtu(06/08/2022).

Anggota Satgas TMMD ke-114 Serda Afdhil mengungkapkan, keahlian mengolah air nira hingga menjadi gula merah yang dilakukan seorang warga itu memiliki nilai positif yang sangat bermanfaat dan sekaligus bisa meningkatkan ekonomi khususnya bagi keluarga Faizul.

Setelah dikonfirmasi oleh Tim media Serka Al azmi bahwa Air nira yang di olah buatan Faizul ini, berasal dari pohon nira  yg ditampung pakai bambu untuk disadap setiap pagi dan sore Faizul sering cek ke atas pohon nira dengan memanjatnya, Untuk memasaknya kayu nya khusus yaitu kayu seberan, Setelah dimasak selama 7 sampai 8 jam terus kita pindahkan ketempat cetakan gula merah, Jelasnya.

Selain itu usaha faizul ini terus didukung sang istri ibu Qaira (50) sudah berlangsung selama 24 tahun dan usahanya ini sudah banyak juga dibawa sampai keluar kota seperti pekan baru, Jambi, padang dan sudah menjadi pencarian hidupnya ujar Faizul.

Menurutnya, keinginan untuk mempelajari cara mengolah air nira hingga menjadi gula merah tersebut, agar dapat dikembangkan serta dapat dipasarkan ke luar kota jelas Serda afdhil.

"Faizul juga mengucapkan Semoga seluruh kegiatan yang dilakukan selama TMMD ke-114 Bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat bermanfaat sebaik-baiknya,bagi Nagari batu bulek," pungkasnya.(**).

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.