Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Jaga Inflasi Daerah, Pemko Payakumbuh Rakor Bersama Pemerintah Pusat



Payakumbuh,netralpost— Dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden yang disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi pada tanggal 18 Agustus yang lalu agar dapat segera menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi daerah, maka atas arahan tersebut Kementrian Dalam Negeri gerak cepat dengan menggelar Rakor pada Selasa, (30/8) pagi.


Berlangsung secara virtual melalui zoom meeting, Rakor diikuti oleh seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan turut dihadiri 19 Menteri dan kepala lembaga pemerintah non kementerian.


Dalam rapat yang mendengarkan atas penyampaian dari pemerintah pusat terkait pengendalian inflasi di daerah itu tidak terkecuali  juga turut diikuti pemerintah kota Payakumbuh. Walikota Payakumbuh yang diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda yang didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kota Payakumbuh menghadiri rakor di ruang rapat Randang lantai II kantor walikota Payakumbuh.


Setelah mendengarkan atas penyampaian dari pemerintah pusat tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) kepada media katakan bahwa akan bergerak cepat guna melaksanakan pengendalian inflasi di daerah, dan dalam menghadapi ini tentu di tingkat daerah haruslah bisa membuat berbagai inovasi kebijakan yang akan turut berperan besar dalam pengendalian inflasi, diantaranya ketersedian barang dan jasa, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi serta komunikasi yang efektif dalam mengelola persepsi masyarakat terhadap harga-harga pasar.


Oleh karena itu, Sekda berharap agar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kota Payakumbuh dapat melaksanakan tugas serta memantau perkembangan harga komoditas, terutama harga pangan serta mengevaluasi harga sembako dan tekanan inflasi.


“Keberadaan TPID di daerah itu menjadi jembatan untuk menghubungkan permintaan (demand) dan penawaran (supply) terutama kebijakan terkait produksi dan distribusi barang, yang artinya TPID memiliki peran sebagai penjaga stabilitas harga,” jelas Risa.


Oleh karna itu, Rida Ananda meminta agar TPID dapat melakukan monitoring harga bahan pokok di pasar-pasar dalam wilayah Kota Payakumbuh serta memastikan ketersediaan barang dan kelancaran distribusi yang masuk ke kota Payakumbuh.


“Kepada Perangkat Daerah terkait, diharapkan dapat membuat inovasi serta langkah-langkah yang strategis dalam penanganan inflasi daerah Ini,” harap Rida.


Terakhir, Sekda yang juga pernah menjabat sebagai kepala BAPPEDA kota Payakumbuh itu berharap melalui rapat koordinasi tersebut ketersediaan kebutuhan masyarakat, terutama sembako, serta terciptanya keterjangkauan harga pangan strategis dapat terwujud.


Sebelum mengakhiri, Rida katakan jika dalam kenaikan harga bahan pokok yang selama ini sering terjadi  dikarenakan oleh 3 (tiga) faktor yang diantaranya ; meningkatnya permintaan, perubahan musim dan faktor ketersediaan bahan pangan.


“Dan tentunya seluruh untuk yang ada dari hulu hingga hilir harus selalu bekerjasama dan saling bersinergi dalam berbimbing tangan guna dapat menjaga inflasi di daerah sehingga hal ini akan berkesinambungan akan dampaknya terhadap pengendalian inflasi pada tingkat pusat,”tukas Rida.


Turut hadir mendampingi Sekda dalam Rakor tersebut yakni Asisten I bidang Pemerintah dan Kesra Dafrul Pasi, kepala dinas Pertanian Depi Sastra, kepala bagian perekonomian Setdako Arif Siswandi dan perwakilan KADIN kota Payakumbuh.(Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.