Pawai Alegoris Sukses, Pemko Payakumbuh Serahkan Hadiah Kepada Juara Sekaligus Beasiswa CSR Bank Nagari Kepada 104 Insan Pendidikan




Payakumbuh,netralpost---- Pemerintah Kota Payakumbuh menyerahkan hadiah kepada sekolah yang berhasil menjadi pemuncak Lomba Pawai Alegoris dan Karnaval Sekolah dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 77 Tahun 2022.


Iven yang dihelat dan dimeriahkan oleh insan pendidikan pada 18 Agustus 2022 lalu itu sukses digelar dengan melibatkan lebih dari 140 sekolah dari tingkat SD, SMP, dan SLTA se Kota Payakumbuh.


Dalam penyerahan hadiah juara lomba di Aula Ngalau Indah lantai 3 kantor wali kota, Kamis (25/8) tersebut, juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis Corporate Social Responsibility (CSR) Pendidikan dari Bank Nagari kepada perwakilan penerima beasiswa pendidikan.


"Jumlah penerima CSR tersebut ada sebanyak 104 orang, yang terdiri dari siswa SD, SMP, Kesetaraan, Pegawai TU dan guru sekolah yang sedang mengambil kuliah S1, serta untuk guru sakit yang butuh biaya berobat," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, DR. Dasril kepada media.


Dasril yang didampingi jajarannya itu memaparkan, adapun pemuncak pada pawai alegoris dan karnaval sekolah itu untuk tingkat SD sederajat diraih oleh SDIT IPHI Payakumbuh, disusul oleh SD Negeri 02 Payakumbuh di peringkat kedua dan SD Negeri 51 Payakumbuh di peringkat ketiga.


Sedangkan untuk tingkat SLTP sederajat diraih oleh MTSN 1 Payakumbuh, disusul oleh SMP Negeri 2 Payakumbuh di peringkat kedua dan SMP Negeri 1 Payakumbuh di peringkat ketiga.


Terakhir, untuk tingkat SLTA sederajat pemuncaknya SMA Negeri 2 Payakumbuh, disusul oleh MAN 2 Payakumbuh di peringkat kedua dan SMA Negeri 3 Payakumbuh di peringkat ketiga.


"Selamat kepada sekolah yang menjadi juara dalam lomba kali ini dan terima kasih kami ucapkan kepada sekolah yang telah ikut menyukseskan pawai alegoris dan karnaval sekolah, kami bangga dengan kreativitas yang telah ditampilkan anak-anak didik," kata Dasril.


Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Staf Ahli Elfriza Zaharman dalam sambutannya turut menyampaikan apresiasi kepada insan pendidikan yang hanya dalam waktu singkat mempersiapkan, bisa sukses melaksanakan pawai yang sudah 2 tahun tidak ada digelar karena Pandemi Covid-19.


"Alek gadang kita itu adalah pawai yang ditunggu-tunggu masyarakat, tak hanya anak-anak didik saja yang bergembira mengaktualisasikan diri, bahkan pelaku UMKM pun berjual beli, animo masyarakat begitu positif," kata wanita yang akrab disapa Cece itu.


Cece menambahkan, segaka kritik dan masukan adalah hal biasa yang didapatkan dalam melaksanakan kegiatan, tentunya ini sebagai bahan evaluasi kedepan.


"Kita lihat penata rias di salon sibuknya minta ampun melayani peserta pawai, ada yang sejak tengah malam orang mengantri. Kedepan pawai selanjutnya akan dibagi waktunya 2 hari, SD sehari dan untuk SMP serta SMA di hari berikutnya. Kita berharap dengan adanya pawai alegoris dan karnaval sekolah ini terus dapat membangkitkan semangat kebersamaan dan nasionalisme kita semua," tukuknya.


Terkait CSR Pendidikan, Cece berharap agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memotivasi anak-anak didik berprestasi, untuk itu sekolah dan wali murid dapat  mendampingi siswa agar bantuan itu termanfaatkan untuk keperluan anak bersekolah.


Dari sisi Ketua Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) Kota Payakumbuh, Aizur Hedi saat diwawancara media menyampaikan saat pelaksanaan pawai banyak masyarakat yang antusias menonton, bahkan sampai tumpah ruah di jalan, bahkan ada yang duduk di aspal tanpa ada rasa lelah sekalipun.


"Jadi kita melihat pelaksanaan pawai alegoris kita tahun ini jauh lebih sukses, dan ini juga merupakan wujud dari kerinduan masyarakat kita yang sudah dua tahun sudah tidak ada pawai," ujarnya.


Kepala SMKN 4 Payakumbuh itu menambahkan, ketika disampaikan oleh kepala dinas, bahwasanya akan silaksanakan pawai saat HUT RI ke 77 tahun ini, seluruh kepala sekolah se Kota Payakumbuh menyambut sangat gembira sekali dan sangat mendukung untuk kegiatan tersebut. 


"Karena anak-anak kita sudah lama tidak tampil, dan sudah lama tidak memberikan hiburan untuk masyarakat kita, jadi dengan adanya pawai itu sudah tersalurkan hobi dan bakat dari anak-anak didik," jelasnya.


Terkait dengan CSR pendidikan, Aizur Hedi menyebut pihaknya sangat mendukung dengan adanya pemberian CSR dari Bank Nagari untuk siswa yang berprestasi, baik dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK.


"Ini merupakan wujud kerja nyata dari Bank Nagari dan kepedulian pemerintah terhadap pendidikan. Kita berharap kedepannya CSR agar lebih ditingkatkan lagi baik dari segi jumlah penerima maupun dari segi nilainya, sehingga lebih bermanfaat bagi anak didik kita. Apalagi bagi siswa tingkat SMK yang bakal bekerja atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri, ini hendaknya juga sebagai salah satu alternatif diberikan CSR juga," pungkasnya.


Dalam acara tersebut turut hadir Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Mochammad Denny Nurcahyono yang diwakili Danramil 01/Pyk Mayor Inf. Suherman serta Unsur Forkopimda. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.