Berlangsung Semarak, Bupati Safaruddin Jadi Irup Harhubnas ke-51 dan Bacakan Sambutan Menteri*


  


Limapuluh Kota,netralpost-- Semarak peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-51 begitu terasa di Limapuluh Kota. Berbeda dari beberapa tahun belakang, sejumlah acara turut mememeriahkan peringatan Harhubnas yang dipusatkan di Lapangan Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Tanjung Pati pada Senin (19/09/2022). Sejumlah pertunjukan yang dipersembahkan oleh para insan perhubungan berhasil mengundang decak kagum tamu undangan maupun peserta Harhubnas, diantaranya penampilan Zahrunnisa Fawzia dan Daffa Darma yang memperagakan seni bela diri kempo, kemudian atraksi yel-yel Dishub hingga pertunjukan senam Tobello oleh sejumlah personel lapangan Dinas Perhubungan. Rangkaian kemeriahan Harhubnas diawali dengan Upacara Hari Perhubungan Nasional. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, turut hadir Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Pati Adek Nurhadi, Sekretaris Daerah Widya Putra, Anggota DPRD Limapuluh Kota Akmal Rustam, unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Organda, serta segenap Pegawai Dinas Perhubungan.


Bupati Safaruddin saat membaca sambutan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, di tengah masa pemulihan, kita harus menghadapi perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit. Banyak negara lanjutnya, mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi yang melambung tinggi. Namun, kita patut bersyukur, Indonesia merupakan salah satu negara yang mampu menghadapi krisis global ini. "Sektor transportasi nasional menurut data BPS telah berhasil tumbuh 21,27% di kuartal kedua 2022 dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44 persen", terang Menteri Perhubungan.


Dikatakan Bupati Safaruddin saat membaca sambutan menteri bahwa Pencapaian ini harus kita syukuri. Di tengah tantangan, sektor transportasi masih memberi kontribusi yang berarti bagi Indonesia. Untuk itu, Menteri Sumadi menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Insan Transportasi di manapun berada. Menteri Sumadi juga menambahkan, di tengah pencapaian yang baik ini, harus diakui masih banyak hal yang harus kita benahi. Ada banyak pembangunan yang harus kita tuntaskan untuk meningkatkan konektivitas di seluruh nusantara. “Masih banyak pekerjaan rumah untuk meningkatkan keselamatan transportasi. Perlu lebih agresif lagi untuk menciptakan integrasi antar moda di seluruh Indonesia dan juga tantangan-tantangan lainnya,” ujarnya. Tantangan ini, lanjut menteri, tidak akan bisa kita hadapi tanpa kolaborasi, tanpa sinergi antara kita, pemangku kepentingan di sektor Transportasi. Oleh karena itulah, hari perhubungan tahun ini mengambil tema Bangkit Maju Bersama. “Mari kita wujudkan kolaborasi yang lebih baik lagi untuk memajukan transportasi Indonesia di masa mendatang,” pesan Menteri Sumadi mengakhiri yang dibacakan Bupati Safaruddin.


Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Limapuluh Kota Darma Wijaya sesaat setelah upacara mengatakan, penetapan hari peringatan Hari Perhubungan Nasional ini didasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK. 274/G/1971 pada tanggal 26 Agustus 1971. Keputusan Menteri itu berisi penetapan hari jadi atau hari bakti dari setiap organisasi/lembaga sektor perhubungan disatukan menjadi Harhubnas yang diperingati setiap tanggal 17 September. "Berhubung 17 September 2022, jatuh pada hari Sabtu, berdasarkan rekomendasi Bupati, diputuskan puncak peringatan Harhubnas Limapuluh Kota diselenggarakan pada hari ini 19 September", terang Darma. Dikatakannya, melalui peringatan Harhubnas, Ia berharap, seluruh pegawai Dishub Limapuluh Kota dapat bersinergi untuk menggenjot kinerja dalam membantu Pemerintah Daerah mewujudkan visi dan misi Kabupaten Limapuluh Kota. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.