Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Tunaikan Janji, Bupati Solok Bagikan Puluhan Ribu Bibit Tanaman Buah ke Masyarakat Kabupaten Solok


Arosuka, netralpost – Bupati Solok melalui Dinas Pertanian Kabupaten Solok menyerahkan puluhan ribu bibit tanaman buah ke masyarakat melalui masing-masing Wali Nagari , yang diperuntukkan bagi 74 Nagari yang ada di Kabupaten Solok.

Adapun kegiatan penyerahan ini, di berikan langsung dilokasi pembibitan milik Pemkab. Solok dibawah tanggung jawab Dinas Pertanian yang berlokasi di UPT Pertanian Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak. Rabu, (14/09/22).
 
Dimana penyerahan bibit ini dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok,  Kenedy Hamzah. Dan  ikut didampingi oleh Sekretaris Ibu  Miharta beserta jajaran dari Dinas Pertanian Kabupaten Solok.

Dimana, Bibit yang disediakan diantarnya Bibit Durian dengan varietas Otong, Kromo Banyumas, Matahari, Kani dengan jumlah 6. 531 batang, Bibit Manggis dengan varietas Raya berjumlah 4.200 batang, Bibit Pisang varietas Cavedish berjumlah 4.200 batang, bibit Pepaya varietas Merah Delima berjumlah 1.500 batang, bibit Kulit Manis berjumlah 3.000 batang dan bibit Pinang berjumlah 2.000 batang, dan bibit lainnya.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok Kenedy Hamzah menyampaikan kegiatan ini dilakukan dalam rangka penyaluran bibit tanaman buah kepada masyarakat yang ada pada 74 Nagari kabupaten solok. “ kami telah menyiapkan bibit tanaman buah yang siap untuk disalurkan seperti bibit durian sebanyak lebih kurang 6.500 batang, Bibit Manggis sebanyak 4.200 batang, bibit pisang sebanyak 3.000 batang dan papaya sebanyak 1.500 batang dan pada hari ini, kegiatan awal pendistribusian telah diserahkan kepada 6 Nagari di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, 1 Nagari di Kecamatan X Koto Singkarak, dan 1 Nagari di Kecamatan Kubung” Ujarnya.

Dalam penyerahan bibit tanaman buah ini Kadis Pertanian Kenedy Hamzah berharap agar bibit yang telah disalurkan ke setiap nagari dikabupaten solok dijadikan sebagai kebun bukan hanya tanaman di pekarangan rumah sehingga pada jangka waktu tertentu tanaman ini akan menjadi tambahan pendapatan ekonomi masyarakat di nagari.

Sementara, ditempat berbeda Bupati Solok H. Epyardi Asda mengatakan, bahwa nagari penerima bantuan bibit itu, merupakan nagari yang sudah siap melakukan penanaman, artinya sudah menyediakan media lubang tanam sebelumnya.

Bibit itu didistribusikan kepada masyarakat, itu syarat permintaannnya harus lebih dari seratus batang, atau memiliki lahan seluas untuk penanaman bibit sebanyak itu.

"Artinya penanaman ini tidak dengan tujuan untuk tanaman buah konsumsi saja, tetapi betul-betul bisa menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat dimasa yang akan datang," tegasnya.

Kemudian, terkait masuknya musim panen manggis di Kab. Solok, dimana sesuai data yang didapat dari Dinas Pertanian, diperkiran ada ratusan ton yang siap atau sedang dipanen masyarakat, agar memperhatikan harga jual acuan. Jangan sampai termakan umpan harga murah yang di berikan pedagang-pedagang musiman semata.

"Kemaren waktu saya, pembagian bibit manggis di nagari KInari dengan PT. Surya Elok Sejahtera (SES), Mereka siap menampung manggis dengar harga Rp 22.000/ Kg. Dimana mereka juga siap menampung manggis hasil kebun petani kita. Artinya jangan lagi ada masyarakat kita yang terkecoh dengan harga manggis. Karena itu akan merugikan," ucap bupati 

Kemudian, Bupati juga menyampaikan, bahwa dengan bibit yang sudah dibagikan melalui dinas pertanian. Bibit itu akan dibagikan sesuai dengan kesesuaian tanah dan ketinggian tempat tanam dengan bibit yang akan di tanam . Seperti daerah sungai lasi, itu akan di jadikan sebagai pusat tanaman buah durian. Dan untuk manggis juga akan di lokasilisasikan ke daerah Payung Sekali, Tigo lurah, dan Lembah Gumanti. Begitupun dengan tanaman buah lainnya.

"Untuk itu saya harapkan para petani Kab. Solok serius. Bagaimana hasil tanaman buah ini nantinya akan menjadi produksi buah industri, dan bisa dijual dalam partai besar. Tidak sebatas untuk konsumsi saja, sehingga betul-betul bisa menopang perekonomian masyarakat Kab. Solok," pungkas Bupati. (*)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.