Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam ASN Bali Banjarmasin bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Pendidikan Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPR RI DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalimantan Kampus Kapolda Sumbar kapolri Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PDAM Pekanbaru Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilkada PKB Sumbar Polda Sumbar polisi politik polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Dinas Pendidikan Kabupaten Solok, Laksanakan Kegiatan Penyusunan dan Penginputan RKAS berdasarkan Perencanaan Berbasis Data


Arosuka, netralpost --- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok laksanakan kegiatan penyusunan dan penginputan RKAS BOS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) SMP se Kabupaten Solok untuk tahun 2023 berdasarkan Perencanaan Berbasis Data menjadi ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) di SMP N 2 Kubung, ( 21-23/11/2022). 

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini diikuti oleh 144 peserta, yang terdiri dari Bendahara BOS dan Operator di lingkungan SMP Kabupaten Solok, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Anthony Salisa, S.E, M.Ec.Dev.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dr. Nila Kesumawati, S.Ag, M.Pd , Kasubag Keuangan Disdikpora, Meri Gusda Yuna, S.E.

Kegiatan ini dilaksanakqn dalam rangka menindaklanjuti perintah dari Kementerian Pendidikan terkait dengan penyusunan RKAS tahun 2023 yang tertuang di dalam ARKAS berdasarkan Perencanaan Berbasis Data (PBD). Data yang menjadi landasan penyusunan RKAS ini diambil dari hasil analisis rapor sekolah yang berisi IRB (Identifikasi, Refleksi dan Benahi).

Nila Kesumawati dalam laporan menyampaikan bahwa Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah sebuah perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta. PBD adalah proses yang berkelanjutan dan terintegrasi dalam siklus perencanaan sekolah, melalui IRB, yaitu: Identifikasi, mengidentifikasi masalah berdasarkan indikator yang ditampilkan di dalam Rapor Pendidikan. Refleksi, melakukan refleksi capaian, pemerataan dan proses pembelajaran di sekolah. Benahi, melakukan pembenahan melalui perumusan kegiatan dalam bentuk Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), pungkas Nila.

Sementara itu, Anthony Saliza dalam sambutannya mengatakan agar semua peserta dapat mengikuti dengan serius karena kegiatan ini sangat penting. Selain itu Anthony juga berharap agar diciptakan kerjasama yang baik antara Bendahara BOS dengan Operator Sekolah. “ Saya Berharap agar Bendahara BOS dan Operator Sekolah saling bersinergi untuk bisa menyelesaikan penginputan RKAS 2023 ke dalam ARKAS”, dan menekankan bahwa “PBD (Perencanaan Berbasis Data) merupakan hal yang sangat penting bagi sekolah dalam menyusun RKAS untuk meningkatkan mutu sekolah”.

“Sebagai bentuk hasil kegiatan penginputan RKAS 2023 ke dalam ARKAS maka bendahara dan operator sekolah harus menyerahkan dokumen PBD yang telah disetujui oleh Pengawas Sekolah, dan diketahui oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP” ujar Asben Joni Putra, S.Pd.I selaku Analis Sumber Daya Aparatur Muda Bidang SMP yang membawahi kegiatan ini.” Ungkap Anthony.

Output yang diharapkan dari terlaksananya kegiatan ini yaitu berupa RKAS 2023 yang tertuang dalam ARKAS berdasar pada PBD sebelum masuk tahun anggaran baru 2023 sehingga terperbaiki proses yang ada di sekolah pada tahun 2023 nanti. (*)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.