Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Scout Entrepreneur Proses Berpikir Untuk Masa Depan


Oleh : Yesi Sofia Azhari

Siswa SMA N 13 Padang

Matahari menunjukkan sinarnya menerangi bumi, udara yang segar dan sejuk mengiringi langkah kakiku menuju sekolah. Aku siswi SMA N 13 Padang pada hari ini tepat pada 27 November 2022 mengikuti kegiatan Scout entrepreneur di sekolah ku.

Kegiatan ini dapat mengubah cara berpikir ku tentang masa depan, banyak pembelajaran yang aku dapat dari kegiatan ini, yang pertama  perihal kesuksesan yang di bawakan oleh kakak Wisesa Atha Raihan ketua DKD Sumatra barat, beliau berkata "Kunci sukses itu adalah sebuah proses, 

Kita harus berproses untuk meraih mimpi, Terus berfikir untuk  bangkit, terus melangkah maju menghantam masalah, Jika ingin sukses kita harus memiliki prinsip, Gigih, tidak takut gagal, sebuah kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda, dan trus tampil percaya diri. 

Ada quotes yang mengatakan"sukses tidak datang sendiri jika bukan kita yang mencari kesuksesan itu".

Salah satu teman ku bertanya, "Sukses itu ketika kita menjadi apa ?"

Beliau menjawab "sukses itu relatif (perjalanan) dan yang bisa menyatakan bahwa kita sudah sukses hanya orng lain, bukan diri kita sendiri, kita hanya bisa memandang kesuksesan dari mimpi yang sudah terwujud".

Kata motivasi dari kakak Wisesa Atha Raihan  membuat aku semangat untuk menjelajahi dunia,  pada awalnya aku selalu berpikir apakah aku bisa untuk meraih kesuksesan? Namun pada hari ini, aku merasa aku mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang bersarang di kepalaku sendiri, aku bisa meraihnya jika aku memiliki tekad untuk mewujudkannya. 

Pembelajaran kedua yang aku dapat yaitu dari Kakak Iqra Chissa Ketua Dewan Pembina Hipmi Sumbar 

Beliau menyinggung tentang kewirausahaan materi inti dalam kegiatan ini, Bagaimana cara membangun jiwa kewirausahaan?

Mengapa kita harus memiliki motivasi?

Begitu banyak pembelajaran bisnis yang di berikannya, namun satu hal yang membuat aku terkesan, beliau mengatakan "jika kita berbisnis jangan memikirkan keuntungan".

Aku berpikir bukankah kita berbisnis untuk mendapatkan untung lantas bagaimana bisa tidak memikirkan keuntungan.

Namun beliau menjelaskan dengan perumpamaan, "seperti memancing ikan, semakin besar kita memberi umpan, semakin besar juga ikan yang kita dapatkan" Artinya semakin banyak kita berbagi, dan memberi sesama, maka kita akan mendapatkan lebih banyak dari itu, Allah akan membalasnya berkali lipat.

Aku sangat bersyukur bisa menjadi salah satu peserta dari kegiatan ini, begitu banyak pembelajaran yang bisa aku petik,  acara Scout entrepreneur benar benar sangat bermanfaat bagi ku, mungkin bagi teman teman yang lain pun begitu, Pramuka mengajarkanku banyak hal tentang memandang dunia.

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.