Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Darul Siska Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat DPW PPP Sumbar Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra Golkar GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Lanud Au Legislatif Leonardi lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan PAN Kabupaten Solok Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PD Satria Sumbar PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok Polresta padang polri PPP Sumbar PUPR Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI TNI AU Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Agendakan Ini! Pemko Payakumbuh Gelar Bimtek SAKIP



Payakumbuh,netralpost — Guna mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui bagian organisasi Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Payakumbuh laksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah yang berlangsung di aula ngalau indah lantai III kantor walikota Payakumbuh, Sabtu (10/12).


Acara yang dibuka secara langsung Plt. Sekretaris Daerah Dafrul Pasi dan didampingi Asisten III bidang administrasi umum Ifon Satria Chan, kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Yasrizal, kepala bagian Organisasi Setdako David Bachri dan diikuti oleh seluruh kepala OPD dan Kasubag program dan keuangan di lingkup pemerintah Kota Payakumbuh.


Hadir sebagai narasumber dalam acara Bimtek yakni Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Evaluasi RB, Akuntabiltas Aparatur dan Pengawasan Wilayah I Hasymi, AK.


Dalam laporan pelaksanaan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi Setdako David Bachri, acara dihelat dengan menargetkan sasaran agar dapat tersusunya dokumen perencanaan Kota Payakumbuh yang baik dan berkualitas, meningkatnya penerapan SAKIP di Kota Payakmbuh, dan peningkatan nilai hasil evaluasi SAKIP Kota Payakumbuh menjadi prediket A.


Dan untuk substansi materi yang disampaikan pada kegiatan Bimtek kali ini adalah berkaitan erat dengan Penguatan SAKIP khusus di Komponen Perencanaan Kinerja dan pendampingan penyusunan Pohon Kinerja, Cascading dan IKU Pemerintah Kota Payakumbuh.


Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Dafrul Pasi saat membuka acara Bimtek SAKIP itu menyampaikan  

sesuai dengan kewenangannya melalui implementasi Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP). SAKIP ini memuat Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Capaian Kinerja, Laporan Kinerja, dan Evaluasi internal sehingga gambaran hasil yang ingin dicapai dalam bentuk sasaran tersebut dapat terukur, dapat diuji dan dapat diandalkan.


Bimtek SAKIP ini dilaksanakan sebagai upaya Pemko Payakumbuh dalam mewujudkan Birokrasi yang kapabel dan berdaya saing. 


“Saya berharap melalui Bimtek ini kita bisa melakukan perbaikan mulai dari perencanaan kinerja, pengukuran, pelaporan kinerja dan evaluasi internal serta capaian kinerja sehingga implementasi SAKIP Kota Payakumbuh di tahun yang akan datang menjadi lebih baik,” ujar Daf sapaan akrab Plt. Sekda Payakumbuh itu.


Dafrul mengatakan jika salah satu elemen penting dalam penerapan SAKIP ialah Perencanaan Kinerja. Dan dengan telah berakhirnya Masa Jabatan Kepala Daerah Kota Payakumbuh pada 22 September 2022 yang lalu sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2021 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Bagi Daerah Dengan Masa Jabatan Kepala Daerah Berakhir Pada Tahun 2022, Pemerintah Kota Payakumbuh sudah menindaklanjutinya dengan Perwako Nomor 3 Tahun 2022 tentang Rencana Pembagunan Daerah (RPD) Kota Payakumbuh Tahun 2023-2026,” ungkapnya.


Diungkapkan Dafrul, RPD Kota Payakumbuh Tahun 2023-2026 merupakan pedoman bagi Pemerintah Daerah (PD) dan berbagai pemangku kepentingan dalam menetapkan sasaran pembangunan, strategi dan kebijakan umum pembangunan daerah serta merumuskan program prioritas pembangunan selama empat tahun agar mekanisme perencanaan dan pembangunan daerah dapat berjalan lancar, terpadu, sinkron dan bersinergi sesuai dengan kondisi dan karakteristik Daerah; dan Pemerintah Daerah dalam menyusun RKPD, Renstra PD dan Renja PD.


Dan terkait dengan telah diterbitkannya dokumen perencanaan yang baru (RPD) Kota Payakumbuh, perlu dilengkapi dengan penyesuaian dokumen pendukungnya yakni :

1. Pohon Kinerja Kota,

2. Cascading Kota,

3. Croscutting Kota, dan

4. Dan Penetapan IKU Kepala Daerah.


“Kita bersama sudah menyusun draf awal pohon kinerja Kota merujuk kepada Sasaran Reformasi Birokrasi Tematik Nasional yakni terkait Pengentasan Kemiskinan dan Digitalisasi Administrasi Pemerintahan, namun kami menyadari masih banyak yang belum sesuai dengan harapan. Itulah yang harus kita perbaiki bersama,” ujar Daf 


Oleh karena itu kepada peserta Plt. Sekda Payakumbuh mengharapkan atas kesungguhan para peserta Bimtek dalam mengikuti kegiatan ini. Mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan dari penyelenggaraan Bimtek ini dapat kita wujudkan bersama,” tutupnya mengakhiri.


Setelah dibuka oleh Plt. Sekda Dafrul Pasi, acara dilanjutkan ke penyampaian materi oleh narasumber yang terjadwal sehari selesai. (Yon)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.