Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

BRI "Barayo", Wako Rida Harapkan Peran Perbankan Bantu PetaninDan UMKM



Payakumbuh,netralpost -- Penjabat Wali Kota Rida Ananda menghadiri Panen Hadiah Simpedes Bank BRI yang digelar di Kantor BRI Cabang Payakumbuh, Sabtu (3/12).


Dalam kegiatan itu dilaksanakan pelepasan hadiah grandprize mobil dan motor yang diarak berkeliling Kota Payakumbuh bersama Wakapolres Payakumbuh Kompol Russirwan dan Kepala BRI Cabang Payakumbuh Tri Suseno.


Dalam sambutannya Rida Ananda menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BRI terutama dalam menggerakkan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM dengan telah adanya 1 kantor cabang, 15 kantor unit, 1 kantor kas, dan 4 teras BRI di wilayah kerja BRI cabang Payakumbuh.


"Di zaman resesi nanti akan banyak persoalan, kemarin kami sudah mengundang kepala BUMN, BUMD, dan perbankan. Disana kami sampaikan tiga isu penting yakni inflasi, ekonomi ekstrem, dan stunting," kata Rida.


Untuk itu, Rida berharap peran BRI dengan program-program unggulannya di tahun 2023, bagaimana Payakumbuh meningkatkan ketahanan pangan.


"Kalau ada UMKM dan petani butuh pinjaman, kami berharap ada keringanan dari perbankan seperti pinjaman yang tanpa agunan. Apalagi pada tahun 2023 nanti kita harus menggerakkan pertanian, bagaimana Payakumbuh bisa menghasilkan produk beras," ujarnya.


Ditambahkan Rida, inflasi terjadi pada sektor beras, cabe, dan bawang. Dia mengharapkan peran BRI menggerakkan petani sehingga terwujud swasembada beras. Melalui kebersamaan dan kepedulian untuk meningkatkan kesejahteraan, mengurangi dampak ekonomi di masa yang akan datang.


Sementara itu, Kepala BRI Cabang Payakumbuh Tri Suseno mengatakan Panen Hadiah Simpedes ini dalam 1 tahun dilaksanakan sebanyak 2 kali per 6 bulan. Sebagai bentuk apresiasi kepada nasabah yang terus meningkatkan saldonya, untuk 1 kupon undian, nilai saldo minimal Rp. 100.000.


"Harapan kami kedepannya nasabah BRI bisa terus meningkatkan saldonya dan kami juga punya program bagi anak-anak dan pelajar, namanya Tabunganku," kata Suseno.


Suseno menambahkan, terkait permintaan Wako Rida pihak BRI siap membantu penyaluran kredit petani dan UMKM, bahkan kini saja sudah berjalan sekitar Rp. 517 Miliar lebih dan masih terus berjalan, dioptimalkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di wilayah Payakumbuh dan Lima Puluh Kota di tahun ini total sebesar Rp. 542 Miliar.


Dia juga menambhakan saat ini BRI group juga telah menggandeng 2 emiten yaitu pagadaian dan PNM saat ini terdapat 3 kantor co-location dengan nama sentra layanan ultra mikro (Senyum), saat-saat ini terdapat 3 Kantor Senyum yakni Kantor Senyum Situjuh, Harau dan Piladang.


"Semoga masyarakat pun bisa memanfaatkan tambahan layanan dari kantor senyum ini. Sementara bagi pedagang di pasar juga telah dilaksanakan pinjaman tanpa agunan, namun tentu ada batas plafonnya. Kita ingin mereka terhindar dari praktik rentenir," ujarnya.


Di samping itu, Suseno melirik impian Payakumbuh yang direncanakan sebagai Smart City, dirinya ingin nasabah juga smart, tidak lagi awam dalam transaksi digital. Makanya dalam iven "barayo" BRI kali ini mereka membuka stand UMKM dari beberapa wilayah di Luak Limopuluah, dilakukan transaksi digital melalui QRis.


"Kami ingin bersama Pemko bahu membahu melakukan literasi digital, agar transaksi keuangan meningkat dan ekonomi daerah tumbuh," pungkasnya. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.