Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Epyardi Asda, Kerjasama Pemkab Solok dan Smesco Tuntaskan Program “UMKM Solok Bangkit”

Arosuka, netralpost --- Penutupan Rangkaian Kegiatan Pelatihan UMKM Kabupaten Solok Bangkit dan Peresmian Klinik Desain dan Kemasan UMKM Kabupaten Solok di Klinik Desain dan Kemasan UMKM Kabupaten Solok, Jumat (23/12/22).

Dalam kegiatan ini hadir Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda Dt Sutan Majo Lelo, M.Mar, Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo, S.I.K, Asisten I Drs. Syahrial, MM, Staf Ahli Bid. Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Eva Nasri, SH, MM, Kepala Dinas Koperindag Ahpi Gusta Tusri, S.STP, M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Djoni, Kepala Dinas Pertanian Kennedy, Anggota DPRD Kab. Solok Septrismen, Kepala BUMN dan BUMD di Kabupaten Solok, Kepala Bagian Incubasi Smesco Indonesia Dicky Indrawan ,Kepala Bagian Humas Smesco Indonesia  Mirah Ayu, Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sumatera Barat, Perwakilan OPD, Camat Se-Kabupaten Solok, Walinagari Se-Kabupaten Solok dan Peserta Pelatihan.

Selama tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Solok bersama Smesco Indonesia sudah menuntaskan program “UMKM Solok Bangkit”. Capaian ini merupakan realisasi dari MOU yang ditandatangani oleh kedua pihak pada 17 Desember 2021. Ada 10 kali pelatihan dan pendampingan yang dilakukan pada tahun ini, meliputi aspek legalitas, inovasi produk, packaging, konten digital, pemasaran sampai literasi keuangan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keahlian terahadap 200 UMKM yang sudah terkurasi di Kabupaten Solok dari sektor fashion, kerajinan dan kuliner yang berbasis kearifan lokal.

Pelatihan dari hulu ke hilir ini merupakan solusi dari permasalahan yang sering dialami oleh UMKM. Program Solok Bangkit yang diinisiasi bersama oleh Pemerintah Kabupaten Solok dan Smesco Indonesia ini adalah langkah nyata untuk mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi mikro paska pandemi, dengan didasarkan pada pola kerja quick out of the box di mana kerja sama ini akan merubah pola pikir pelaku UMKM dan mengubah pola pemasaran ke arah transformasi digital yang terintegrasi dalam sebuah ekosistem besar dengan memperkuat pondasi bisnis UMKM melalui pelatihan dasar UMKM.

Pemerintah Kabupaten Solok dan Smesco Indonesia ini telah menunjukkan geliat pertumbuhan ekonomi UMKM dengan keterlibatan aktif UMKM pada berbagai kegiatan pelatihan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Solok. Tahun 2022 merupakan momentum kebangkitan UMKM Solok untuk meningkatkan kemampuan usaha dan memperluas jaringan bisnis.

Smesco Indonesia sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Solok karena berkat komitmen kuat dari Bupati Solok, Bapak Epyardi Asda dalam menuntaskan program pelatihan dan pendampingan yang telah disepakati. 

Dari target awal yang semula dicanangkan dari program ini yaitu bagaimana menuntaskan permasalahan UMKM dan menjadikan UMKM siap mentas tercapai bahkan hari ini akan ditandatangani MOU pengiriman ekspor produk kerajinan merchandise ke Rusia dengan pengiriman awal sebanyak 1000 pcs. 

Selama pelatihan tersebut telah didapatkan Laporan legalitas UKM periode 2022 dengan total 375 Realisasi Legalitas dengan 11 Realisasi Legalitas Halal, 2 Realisasi Legalitas BPOM, 37 Realisasi Legalitas HAKI, 125 Realisasi Legalitas PIRT, 200 Realisasi Legalitas NIB.

Dalam kegiatan ini juga akan diresmikan Klinik Desain dan Kemasan UNKM Kabupaten Solok yang merupakan buah pemikiran Bupati Solok guna lebih meningkatkan kualitas Produk-produk UMKM.

Direktur Smesco yang diwakili Kepala Bagian Incubasi berharap kerjasama dengan pemerintah kabupaten Solok dapat terus berlanjut, beliau Berharap kabupaten Solok nantinya juga dapat terus berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Bupati Solok H. Epyardi Asda dalam sambutannya menyampaikan bahwa nantinya kepada seluruh pelaku UMKM yang telah melakukan pelatihan akan dibina dan diberikan apa yang dibutuhkan nantinya untuk pengembangan UMKM di Kabupaten Solok. Beliau berharap dari pelatihan yang telah berjalan selama kurang lebih 6 bulan ini dapat memberikan hasil yang nyata dan bukan hanya seremonial belaka.

Lebih lanjut Bupati Solok menyampaikan bahwa kerjasama dengan Smesco bukan hanya sampai disini, namun akan ada banyak proposal kerjasama yang akan di ajukan oleh pemerintah Kabupaten Solok. Bupati menyampaikan Jika nantinya produk UMKM bisa memberikan hasil yang layak, maka pemerintah daerah akan menyediakan Rumah Distribusi untuk memasarkan produk-produk ini ke ranah yang lebih besar.

Bupati Solok turut menyampaikan rasa bangganya terhadap kemajuan UMKM dan Perdagangan di Kabupaten Solok.

Diakhir sambutannya Bupati Solok menutup Rangkaian Kegiatan Pelatihan UMKM Kabupaten Solok, ditandai dengan penyerahan Sertifikat Pelatihan Kepada Peserta Pelatihan UMKM Kabupaten Solok.

Selanjutnya Bupati Solok lakukan penandatanganan Prasasti dan Pengguntingan Pita tanda peresmian Klinik Desain dan Kemasan UMKM Kabupaten Solok.(*)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.