Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Satukan Langkah Cegah HIV Semua Setara Akhiri AIDS


Arosuka, netralpost --- Bupati Solok yang dalam hal ini di wakili oleh asisten I Drs, Syahrial, M.M mengahdiri acara Kampanye HIV AIDS dalam rangka PERINGATAN HARI AIDS SEDUNIA,1 DESEMBER  tahun 2022 di Gor Batu Batupang Koto Baru. (1/12/2022).

Tampak hadir mendampingi Asisten 
Kadis Kesehatan Zulhendri, SKM.MKES
Ka TP PKK Kab. solok, di wakili sekretaris Retna Humaira, S.T., M.T
Ka Darmawanita Kabupaten Solok, Kepala RSUD, Kepala Puskesmas dan tamu undangan lainnya.

Kadis Kesehatan Zulhendri mengucapkan syukur atas kesempatan untuk bertemu dalam acara Kampanye HIV AIDS dalam rangka : peringatan Hari AIDS sedunia tahun 2022 dengan tema  “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS”

Sejak 1988 HIV AIDS masih menjadi musuh besar kesehatan baik di dunia dan di Indonesia, tanggal 1 Desember disepakati menjadi hari untuk memperingati Hari AIDS Sedunia yang bertujuan untuk mengingatkan pentingnya peran dan komitmen pemangku daerah dalam upaya penanggulangan HIV AIDS. Indonesia melalui Kementerian Kesehatan secara tegas menyatakan bahwa epidemi HIV AIDS di Indonesia harus selesai pada 2030, dan diharapkan tidak ada kasus baru HIV AIDS, tidak ada kematian akibat AIDS, dan tidak ada Stigma dan Diskriminasi pada ODHA atau yang dapat disebut dengan “3 Zero”
Diindonesia data sampai akhir Juni tahun 2022 sekitar 85 persen Orang Dengan HIV/AIDS (ODHIV) berada pada usia produktif antara usia 20 – 49 tahun.

Tujuan kegiatan ini untuk Meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemandirian masyarakat, khususnya perempuan, anak, dan remaja, dalam mencegah infeksi dan penularan HIV-AIDS Menggerakkan perempuan dan remaja untuk secara aktif melakukan upaya pencegahan infeksi dan penularan HIV-AIDS bagi diri dan lingkungannya Meningkatkan keberpihakan dan kesetaraan dalam menyediakan layanan pencegahan, tes, dan pengobatan HIV-AIDS berkualitas untuk semua orang Meningkatkan penggerakan sumber daya dalam mengakhiri AIDS sebagai ancaman kesehatan masyarakat di Indonesia. Diperlukan dukungan semua pemangku kepentingan untuk mengatasi tantangan tersebut, baik oleh pemerintah Pusat dan daerah, akademisi/praktisi, masyarakat, swasta, dan media. Hari AIDS Sedunia (HAS) kita mengusung tema Nasional “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS”. Semua pihak bersama masyarakat diharapkan berperan aktif dalam mengakhiri epidemi.

Kegiatan yang dilakukan adalah penampilan opening seremonial dukungan terhadap pasien positif HIV AIDS,VLOG,operet,talk show dan penampilan lagu meraih mimpi untuk menambah semangat generasi muda agar menyalurkan hobinya kearah yang positif, kami minta dengan hormat bapak Bupati dapat memberikan arahan dan sambutan untuk kegiatan ini 


Bupati solok dalam sebuah video yang di tayangkan memberikan sebuah himbauan kepada semua yang hadri dalam acara tersebut.

Epyardi Asda mengatakan, Penanggulangan HIV di Kabupaten Solok  sudah dilaksanakan mulai tahun 2012 sampai sekarang. Komitmen dalam penangulangan ini ditunjukan dengan penyiapan Layanan Dukungan dan Pengobatan HIV di RSUD Arosuka dan Puskesmas Selayo. Orang dengan HIV Positif sudah bisa mendapatkan pengobatan gratis pada layanan PDP HIV tersebut. Pemeriksaan HIV juga sudah dilakukan pada seluruh layanan kesehatan di Kabupaten Solok. Dan Kegiatan lain yang dilakukan adalah Peningkatan Sumber daya Tenaga Kesehatan.

Peringatan Hari AIDS Sedunia 2022 diharapkan dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan dengan keterlibatan semua pihak yang berkepentingan, sebagai langkah konkrit mewujudkan kesetaraan dalam mencapai Ending AIDS 2030. 

"Kita semua mengerti akibat dari penyimpangan perilaku sex ini, menyebabkan generasi penerus, generasi anak muda kita akan hancur, dan ini sangat berbahaya".

Kepada semua pihak yang hadir pada hari ini, Kepala Kemenag, Kepala BNN dan seluruh Kepala SKPD terkait Mari kita bersatu mencegah penularan HIV kepada generasi penerus kita sesuai dengan andil dan peran kita masing-masing. Mari satukan langkah cegah HIV, karena semua setara untuk mengakhiri AIDS.

"Jaga diri kita, keluarga kita, lingkungan kita dan masyarakat kita dari penyebaran virus HIV ini".

menyambung hal tersebut, Syahrial menyampaikan, Infeksi HIV sebagaimana yang telah di jelaskan oleh Dinas Kesehatan, semoga dapat menjadi edukasi terhadap anak-anak, terutama anak-anak pelajar SMP yg berkesempatan hadir dalam acara tersebut.

Namun Ia juga berharap, edukasi ini bukan hanya untuk pelajar saja, tetapi semua kalangan. Hal tersebut harus berkolaborasi bersama-sama baik itu dari Agama melalui Ka KAN, Kemenag di nagari seluruh kabupaten Solok dapat memberikan pemahaman kepada semua kalangan.

"Insyaallah apa-apa yang menjadi penyebab HIV tersebut, semoga tidak akan terjadi, apakah itu dari sex bebas, sex menyimpang ataupun yang lainnya".

Untuk itu, Ia berkata perlu keterlibatan PKK melalui jajarannya dapat memberi edukasi mulai dari Nagari hingga kecamatan, dan juga untuk Darmawanita juga memberikan edukasi kepada pegawai-pegawai, karena belum tentu semua tau dampak atau penyebab dari HIV tersebut.

Mengingatkan kepada masyarakat, untuk seseorang yang telah terjangkit Virus HIV tersebut, jangan di kucilkan, rangkul untuk penanganan, bahwa Virus HIV tidak akan tertular melalui bersentuhan tangan. (Admin)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.