Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Pemkab Solok Gelar Rakor Tim Pengendalian Inflasi Daerah

 

Arosuka, netralpost --- Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Solok di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Rabu (11/1/23).

Rapat dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Eva Nasri, SH, MM. Dalam rapat tersebut hadir Kepala Dinas Kominfo : Teta Midra, S.STP, M.Si, Kepala Dinas PUPR : Evia Vivi Fortuna, ST, MT, Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Djoni, Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Yossi Agusta, Badan Pusat Statistik Kabupaten Solok, Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Solok dan Perwakilan masing-masing OPD terkait.

Rapat koordinasi ini diadakan dalam rangka meninjau kembali langkah-langkah dalam proses pengendalian inflasi di kabupaten Solok serta perkembangan-perkembangan yang telah kita lakukan dalam pengendalian Inflasi.

Pada tahun 2022 nilai inflasi di Kabupaten Solok masih terbilang cukup tinggi yaitu pada angka 6,67%, sebagai daerah sentra produksi Holtikultura yang cukup.

Staf Ahli TPID Eva Nasri, SH, MM  mengatakan bahwa Sesuai arahan Sekretaris Daerah, pengendalian inflasi ini akan menjadi salah satu fokus utama kita pada tahun 2023 dengan angka inflasi saat ini masih tergolong cukup tinggi.

"Kegiatan Rakor ini akan rutin kita lakukan setiap bulannya dalam koordinasi pengendalian Inflasi Daerah saat ini", Katanya.

Pada tahun 2023 ini sesuai dengan arahan pemerintah ada 6 Langkah konkrit yang harus kita lakukan dan sebelumnya pada tahun 2022 telah kita tuntaskan sebanyak tiga langkah yakni diantaranya Operasi Pasar Murah, Laksanakan Sidak Pasar dalam rangka pencegahan penahanan stok bahan pokok dan Menjalin Kerjasama Antar Daerah.

Kabupaten Solok juga telah melaksanakan langkah-langkah lainnya dalam pengendalian Inflasi yakni Merealisasikan Dana BTT (Belanja Tidak Terduga) yang memiliki kriteria penilaian berbeda dari 6 Langkah Konkrit serta Pemberian Bantuan yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Solok untuk UMKM.

Sebagai leading sektor tim Pengendalian Inflasi Daerah yakni Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Yossi Agusta turut memaparkan Agenda kita terkait pengendalian Inflasi salah satunya nanti adalah dalam pencegahan peningkatan harga yang signifikan pada saat Lebaran Idul Fitri beberapa bulan kedepan, dalam meningkatkan hasil panen tentu perlu dilakukan langkah-langkah gerakan penanaman sebelumnya dan ini akan menjadi fokus kita pada bidang pertanian.

Dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah di kabupaten Solok kita telah memiliki 4 langkah secara garis besar diantaranya, Keterjangkauan Harga.

perlu penyebarluasan informasi kebijakan dalam menjaga daya beli masyarakat untuk mendukung keterjangkauan harga, untuk mendukung program ini kita telah melakukan pencatatan harga setiap harinya oleh tim pencatatan informasi harga, dan untuk tahun 2023 ini kita telah kerjasama dengan dinas Kominfo dalam hal memiliki aplikasi secara online yakni SI GADIS ELOK (Sistem Informasi Harga Komoditi Pangan Strategi Kabupaten Solok) yang berisikan data data harga dan perubahan harga 20 Komoditas bahan Pokok setiap harinya. Diantara 20 Bahan Pokok itu yakni Beras Premium, Beras Medium, Beras Termurah,  Minyak Goreng, Bawang Merah, Cabe Merah Kriting, Cabe Rawit, Daging Ayam Broiler, Telur Ayam Ras, Tepung Terigu, Bawang Putih Import, Gula Pasir Lokal, Daging Sapi, Udang, Mie Instan, Tempe, Tahu Mentah, Pisang, Susu Bubuk, Susu Kemasan, Jeruk, Ikan Kembung, Ikan Nila, Ikan Mas, Ikan Tuna dan Ikan Gambolo.

  • Ketersediaan Pasokan : hal ini terutama untuk pangan strategis dengan peningkatan kegiatan-kegiatan produksi bahan pokok melalui kerjasama dengan Dinas Pertanian
  • Kelancaran Distribusi : memperluas kerjasama antar daerah dimana telah kita lakukan dengan Food Station Jakarta, Kota Pekanbaru serta beberapa daerah lainnya, Selanjutnya kita juga berencana untuk berkolaborasi dengan daerah seperti Pesisir Selatan dg komoditas Ikannya yang cukup baik. Selain itu dalam kelancaran Distribusi juga dibutuhkan infrastruktur yang memadai dan salah satunya pembukaan jalan usaha tani dapat dijadikan salah satu output pengendalian inflasi daerah.
  • Komunikasi Efektif : dalam hal ini yang terpenting adalah bagaimana kita dapat menjaga koordinasi dan kerjasama dengan baik di lingkup OPD hingga dengan pemerintah pusat, sehingga segala permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat dapat diminimalisir.

Selanjutnya dilakukan kegiatan Diskusi bersama dan penyampaian Saran serta Langkah-langkah Pengendalian Inflasi dari masing-masing OPD dan Instansi Terkait.(*)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.