Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori andre Algamar ASN Athari Gauthi Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPJS Ketenaga Kerjaan BPS Sumbar BSC II Bukittinggi Bupati solok BWSS V Padang Darul Siska Dharmasraya dinas BMCKTR Sumbar Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas KOMINFO solok Dinas Pendidikan Solok Dinas Pendidikan Sumbar Dirlantas Polda Sumbar diskominfo Solok Ditlantas Polda Sumbar DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPRD KOTA PADANG DPRD Sumbar DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat DPW PPP Sumbar Dunia anak Empat Pilar epyardi asda Era sukma Fadly Amran G20 gandoriah Ganjar Pranowo gerindra Golkar GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline Halkido Sumbar hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang IKW-RI SUMBAR indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kajati sumbar Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kejaksaan Tinggi Sumbar Kemenag Kota Padang Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok korem padang kota Padang Kota Pariaman Kota solok Kriminal Kudus Lanud Au Legislatif Leonardi lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang minang kabau Mojokerto MPR RI Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan PAN Kabupaten Solok Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PBB PCNU Kabupaten Solok PD Satria Sumbar PDAM PDIP Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar polairud Polda Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok Polresta padang polri PPP Sumbar PUPR PUPR Provinsi Sumbar Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang Satpol PP Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun SMK N 9 Padang Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya syamsyu Rahim Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI TNI AU Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA Wisuda wisuda 88

Rida Ananda Lepas Kontingen Gerak Jalan Dalam Rangka HAB Kemenag

 Payakumbuh,netralpost.net-Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dafrul Pasi melepas kegiatan gerak jalan kerukunan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama RI Ke-77 tahun 2023 yang digelar Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Kota Payakumbuh, Sabtu (14/01/23) pagi.


Di peringatan HAB Ke-77 tahun 2023 ini, Kankemenag Kota Payakumbuh mengusung tema “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”. Sedikitnya diikuti empat ribu peserta yang terdiri dari siswa/siswi MAN, MTsN, MIS/MIN, dan pesantren se-Kota Payakumbuh. Serta juga terlihat mendampingi dari Guru PAI, Guru RA (Raudhatul Athfal), ASN Kankemenag, penyuluh agama dan ormas Islam se-Kota Payakumbuh.


Dalam penyampaian laporan kegiatan, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh H. Joben mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari amal bakti yang ke 77 tahun dimulai dari bulan lalu melibatkan semua unsur warga Kemenag mulai dari madrasah, guru-guru, kepala sekolah, KUA, pemuka agama dan seluruh pegawai Kemenag. Tujuan kegiatan ini selain memupuk tali silaturahim juga menjaga kerukunan antar umat beragama,” tegasnya.


Jalan sehat kerukunan umat untuk Indonesia dilaksanakan serentak diseluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan diikuti oleh seluruh pemuka agama dan perwakilan umat beragama, hal ini bertujuan agar menumbuhkan sikap saling menghargai, dan toleransi antar umat beragama yang ada di Kota Payakumbuh khususnya.


Semua dana untuk kegiatan jalan santai kerukunan ini murni berasal dari para sponsor dan donatur yang mana dalam kesempatan ini ada sebuah sepeda gunung sumbangan dari Bank Nagari yang akan diperebutkan oleh seluruh peserta gerak jalan kerukunan ini,” ucap Joben.

Melalui Sekda Dafrul Pasi, Wako Rida Ananda menyampaikan permintaan karna tidak dapat ikut serta dalam memeriahkan kegiatan tersebut. Kegiatan gerak jalan kerukunan yang dihelat oleh Kankemenag Kota Payakumbuh ini merupakan program nasional guna menciptakan rasa toleransi antar umat. Karna sampai saat ini masih didapati rasa toleransi yang jauh dari harapan bersama.


“Dengan adanya sikap toleransi, konflik dan perpecahan antar individu maupun kelompok pasti tidak akan terjadi. Banyak orang menyebut rasa toleransi merupakan kunci utama terhadap perdamaian yang patut selalu dijaga. Dan tentu hal ini penting untuk diperhatikan mengingat bangsa Indonesia mempunyai latar belakang perbedaan yang beragam, mulai keyakinan, suku, ras dan bahasa,“ ungkap Dafrul.


“Alhamdulilah di Payakumbuh toleransi ini sudah sangat baik, semoga kedepan dan seterusnya akan selalu terjaga,” lanjutnya.


Lebih lanjut, pimpinan ASN Pemerintah Kota Payakumbuh itu menambahkan salah satu bentuk toleransi adalah toleransi beragama, yang merupakan sikap saling menghormati dan menghargai antar penganut agama lain, seperti tidak memaksakan orang lain untuk menganut agama kita, tidak mencela atau menghina agama lain dengan alasan apapun serta tidak melarang ataupun mengganggu umat agama lain untuk beribadah sesuai agama/kepercayaan masing-masing.


“Contoh sikap toleransi secara umum antara lain menghargai pendapat mengenai pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita, serta saling tolong-menolong antar sesama manusia tanpa memandang suku, ras, agama, dan golongan,” tambahnya.


Disampaikan Dafrul pada kesempatan itu bahwa dengan menjunjung tinggi dan memperlihatkan rasa toleransi melalui gerak jalan kerukunan ini, semoga dapat membawa rasa toleransi terhadap seluruh umat dan warga Kota Payakumbuh.


Kepada generasi muda saat ini, Dafrul meminta agar sikap dan rasa toleransi dapat semakin diperkuat di antara umat beragama sesuai dengan sila pertama Pancasila adalah bertindak sesuai ajaran agama masing-masing. Dengan cara seperti itu dapat meningkatkan keimanan kita.


“Jika iman kita sudah kuat, kita akan terbiasa untuk melakukan hal-hal baik dalam kehidupan. Selain itu kita juga dapat meningkatkan ketaqwaan kita dengan cara menjalankan agama secara benar sehingga mempunyai dampak positif terhadap diri sendiri dan orang lain,” tukas Daf.(Yon)



Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.