Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori andre Algamar ASN Athari Gauthi Bali Banjarmasin bank indonesia Bank Nagari bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru Bawaslu Sumatera Barat bencana alam BISNIS BPJS Ketenaga Kerjaan BPS Sumbar BSC II Bukittinggi Bupati solok BWSS V Padang Darul Siska Dharmasraya dinas BMCKTR Sumbar Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas KOMINFO solok Dinas Pendidikan Solok Dinas Pendidikan Sumbar Dirlantas Polda Sumbar diskominfo Solok Ditlantas Polda Sumbar DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPP Pernusa DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPRD KOTA PADANG DPRD Sumbar DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat DPW PPP Sumbar Dunia anak Empat Pilar epyardi asda Era sukma Fadly Amran G20 gandoriah Ganjar Pranowo gerindra Golkar GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline Halkido Sumbar hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang IKW-RI SUMBAR indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kajati sumbar Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kejaksaan Tinggi Sumbar Kemenag Kota Padang Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok korem padang kota Padang Kota Pariaman Kota solok Kriminal Kudus Lanud Au Legislatif Lembah Gumanti Leonardi lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang minang kabau Mojokerto MPR RI Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan PAN Kabupaten Solok Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PBB PCNU Kabupaten Solok PD Satria Sumbar PDAM PDIP Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar polairud Polda Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres pasbar Polres Solok Polresta padang polri PPP Sumbar Prokopim padang PUPR PUPR Provinsi Sumbar Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang Satpol PP Padang satria Sawahlunto Selebgram Amak Lisa Seni seni budaya Sijunjung Simalungun SMK N 9 Padang Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Sungai Nanam Surabaya syamsyu Rahim Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI TNI AU Tokoh Masyarakat TRD Triski Uin UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA Wisuda wisuda 88

Event Nasional, Wako Padang Hendri Septa Sabet 2 Penghargaan dari Menteri Pertanian



PADANG - Event Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI yang berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) selama 10-15 Juni 2023, resmi berakhir dan ditutup oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Kamis (15/6/2023) pagi. 

Penutupan kegiatan yang dipusatkan di kawasan Pangkalan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir itu berlangsung meriah dengan dihadiri Menteri Pertanian (Mentan) yang diwakili Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDM) Dedi Nursyamsi bersama sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkup Kementan. 

Hadir saat itu Ketua KTNA Nasional Yadi Sofyan Noor, sejumlah Anggota DPR/DPD RI, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy beserta para Gubernur/Wakil Gubernur serta Bupati dan Wali Kota se-Indonesia bersama jajaran terkait. 



Juga terlihat unsur Forkopimda, sejumlah Anggota DPRD dan pemangku kepentingan se-Sumatera Barat dan teristimewa para kontingen yang terdiri dari petani dan nelayan seluruh provinsi se-nusantara. 

Seperti diketahui, adapun tema yang diangkat pada Penas KTNA XVI Tahun 2033 adalah "Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045". Setelah ini untuk penyelenggaraan Penas KTNA XVII Tahun 2026 akan digelar di Provinsi Gorontalo. 

"Alhamdulillah, atas nama pribadi, Pemerintah Kota (Pemko) Padang dan warga Kota Padang kami sangat berterima kasih atas digelarnya Penas KTNA XVI di Kota Padang yang dituanrumahi Provinsi Sumatera Barat. Semua kegiatan alhamdulillah berjalan dengan sukses dan lancar sesuai harapan," ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa saat ditemui usai acara penutupan. 



Terkait penghargaan yang ia terima saat itu, Wako Padang tersebut mengaku bersyukur bisa menyabet 2 (dua) piagam penghargaan dari Mentan RI pada perhelatan Penas KTNA XVI tahun 2023. 

Penghargaan tersebut adalah Penghargaan Atas Dedikasi, Kontribusi dan Keberhasilan Dalam Membangun Bidang Pertanian. 

Selanjutnya yakni meraih Juara II bagi Kota Padang pada Lomba Stand Pameran Pembangunan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Nasional Kategori Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota. 

"Kami sangat bersyukur dan bangga atas pemberian penghargaan yang luar biasa ini. Semoga hal ini semakin meningkatkan motivasi saya bersama jajaran Pemko Padang dalam membangun dan memajukan bidang pertanian di Kota Padang," ucapnya bersyukur. 

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu juga mengaku gembira seiring meningkatnya jumlah kunjungan di Kota Padang selama perhelatan Penas KTNA XVI 2023. 

"Alhamdulillah, kedatangan para kontingen peserta Penas KTNA se-nusantara memberikan multiefek bagi Kota Padang. Lebih kurang sebanyak 30 ribu orang hadir di sini. Sektor penginapan, kuliner dan jasa serta pariwisata menjadi bergerak yang tentunya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Padang dan juga ekonomi masyarakat," tukas Wako milenial itu penuh semangat. 



Sementara itu, dalam sambutan dan arahannya mewakili Mentan RI Kepala BPPSDM Dedi Nursyamsi
menyebut Penas KTNA tahun ini menjadi bagian strategis dari upaya konsolidasi bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional di tengah ancaman krisis pangan. 

Diantaranya menyikapi dampak fenomena iklim 'El Nino' saat ini yang berpotensi memberi ancaman kekeringan yang cukup parah terhadap pertanian. 

Selain iklim yang cukup ekstrem, ketegangan politik di berbagai belahan dunia juga turut memberi tantangan yang besar terhadap pembangunan sektor pertanian dan ketahanan pangan negara.  

"Melalui gelaran Penas KTNA ini diharapkan bisa menjawab berbagai tantangan yang tengah dihadapi sektor pangan di Indonesia. Momentum Penas sangat penting untuk menyatukan visi dan pandangan seluruh masyarakat dan pemangku kebijakan dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan," ujarnya. 

Ketua KTNA Nasional Yadi Sofyan Noor juga menyebutkan, ada 31 jenis kegiatan yang dibagi ke dalam 6 bidang pada gelaran Penas KTNA XVI Tahun 2023. 

"Agenda ini sangat penting, karena seluruh peserta Penas dapat mendengar secara langsung apa yang menjadi kebijakan pemerintah dalam membangun pertanian di negeri ini," sebutnya. 

Lebih jauhnya lagi, katanya, peserta Penas juga dapat melakukan dialog dengan para penentu kebijakan di sektor pertanian dalam arti luas dan sektor perikanan. Termasuk di dalamnya sampai sejauh mana pemerintah melakukan perlindungan dan pembelaan terhadap petani dan nelayan. 



"Selain itu juga ada acara rembuk madya dan rembuk utama, temu profesi, temu petani ASEAN dan mitra, hingga temu sukses petani dan penyuluh. Kemudian juga ada pameran pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan, pameran aquaculture, pameran agroforestry, expo serta kontes peternakan nasional, lomba stand, pengembangan digitalisasi dan jaringan informasi agribisnis. Dan masih banyak lagi kegiatan penting dan strategis bagi kemajuan petani dan nelayan dalam acara ini tentunya," bebernya. 

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi mengapresiasi kehadiran para kontingen Penas KTNA XVI yang didampingi Gubernur dan Bupati serta Walikota dan jajaran di Ranah Minang. 

"Selaku tuan rumah pelaksanaan Penas KTNA XVI 2023, kita menyampaikan selamat kepada seluruh kontingen yang telah mengikuti Penas KTNA XVI 2023. Kita merasa terhormat ditunjuk sebagai tuan rumah, semoga kelak Penas KTNA kembali digelar di sini," ungkap Mahyeldi. (***)
Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.