Payakumbuh,netralpost.net — Ribuan peserta dari Kota Payakumbuh mengikuti acara Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen PAUD dalam rangka mendukung gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan, kampanye sekolah sehat dan Gemarikan, Selasa (22/08/23).

Acara yang dilaksanakan di GOR Nan Ompek, Tanjung Pauh ini turut dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Rida Ananda, Bunda PAUD Ny. Cece Rida Ananda, Kepala OPD terkait, Camat se-Kota Payakumbuh, Bunda Paud Kecamatan se-Kota Payakumbuh, Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Payakumbuh, Pengurus Himpaudi Kota Payakumbuh, Pengurus IGTK Kota Payakumbuh, dan pengurus PKG se-Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah Dafrul Pasi menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah perlu mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan melalui penyebarluasan informasi kepada orang tua dan masyarakat.

“Melalui peningkatan peran forum komunikasi Paud SD Kota Payakumbuh diharapkan gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan dapat diwujudkan,” jelas Dafrul.

Lebih lanjut, Dafrul menyinggung persoalan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang bertujuan untuk menggugah kesadaran individu masyarakat agar mau mengkonsumsi ikan secara teratur.

“Untuk mewujudkan anak yang sehat dan bergizi, dapat diupayakan dengan meningkatkan konsumsi ikan dalam berbagai olahan yang menarik bagi anak PAUD. Hal ini tentu berangkat dari harapan kita bersama yaitu terwujudnya anak usia dini yang memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan dasar di Kota Payakumbuh,” terang Dafrul.

Di akhir sambutannya, Dafrul kembali menegaskan bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memastikan anak usia dini di Kota Payakumbuh sudah terlayani pada satuan paud, sehat, dan siap menempuh pendidikan dasar.

“Ini adalah tanggung jawab kita, mari bekerja sama sesuai dengan peran masing-masing demi terwujudnya PAUD berkualitas di Payakumbuh,” tutup Dafrul.

Pada kesempatan yang sama, Bunda PAUD Kota Payakumbuh Ny. Cece Rida Ananda turut menyampaikan aspirasinya mengenai pembinaan kelembagaan dan manajemen PAUD di Kota Payakumbuh tersebut.

“Transisi PAUD ke SD harus berjalan dengan mulus, selaras, dan berkesinambungan. Setiap anak memiliki hak untuk dibina agar mendapatkan fondasi kemampuan yang holistic. Jadi tidak hanya kematangan kognitif, melainkan juga kematangan emosi, kemandirian, kemampuan interaksi, dan lainnya” jelas Cece.

Selanjutnya, Cece juga menambahkan bahwa kemampuan literasi dibangun mulai dari PAUD secara bertahap dengan cara yang menyenangkan.

“Siap sekolah adalah suatu proses yang harus dihargai oleh satuan pendidikan dan orang tua. Anak-anak usia dini di Payakumbuh akan senantiasa kita bantu tumbuh kembangnya melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan,” ujar Cece.. (Yon)