Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori andre Algamar ASN Athari Gauthi Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPJS Ketenaga Kerjaan BPS Sumbar BSC II Bukittinggi Bupati solok BWSS V Padang Darul Siska Dharmasraya dinas BMCKTR Sumbar Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas KOMINFO solok Dinas Pendidikan Solok Dinas Pendidikan Sumbar Dirlantas Polda Sumbar diskominfo Solok Ditlantas Polda Sumbar DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPRD KOTA PADANG DPRD Sumbar DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat DPW PPP Sumbar Dunia anak Empat Pilar epyardi asda Era sukma Fadly Amran G20 gandoriah Ganjar Pranowo gerindra Golkar GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline Halkido Sumbar hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang IKW-RI SUMBAR indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kajati sumbar Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kejaksaan Tinggi Sumbar Kemenag Kota Padang Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kota solok Kriminal Kudus Lanud Au Legislatif Leonardi lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang minang kabau Mojokerto MPR RI Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan PAN Kabupaten Solok Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PBB PCNU Kabupaten Solok PD Satria Sumbar PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar polairud Polda Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok Polresta padang polri PPP Sumbar PUPR PUPR Provinsi Sumbar Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang Satpol PP Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun SMK N 9 Padang Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya syamsyu Rahim Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI TNI AU Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA Wisuda wisuda 88

Bupati Solok Epyardi Asda Resmi Buka Event Salingka Danau Tahun 2023

 

Arosuka, netralpost.net --- Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo,  membuka secara resmi Sumarak Salingka Danau Tahun 2023, bertempat di Dermaga Danau Singkarak, Sabtu (28/102023).

Sebelumnya Pada Tanggal 26 s.d 27 Oktober 202,  Event Sumarak Salingka Danau telah diisi dengan beberapa rangkaian Kegiatan dan Perlombaan seperti  Lomba Hymne Bundo Kanduang,  Lomba Mencari Pensi, Silahturahmi dan Camp Seni, dan Penampilan Paket Seni dan Tradisi dari Kabupaten/Kota di Luar Kabupaten Solok.

Selan itu juga digelar beberapa kegiatan diantaranya,- Pameran UMKM, Ekraf, dan Pokdarwis- Pameran Lukisan Lapiak Pandan- Festival Lauak dan Jajanan Tempo Dulu- Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Solok- Launching Bujang Jo Gadih Kabupaten Solok.

Mengawali Pembukaan, Bupati Solok bersama seluruh tamu undangan Disambut dengan Penampilan Tari Pasambahan yang dibawakan oleh Sanggar Suluah Galanggang Nagari Koto Baru.

Ketua Panitia oleh Kepala Disparbud Kab. Solok, Armen, dalam laporannya menyebutkan bahwa Event Sudah diselenggarakan mulai tanggal 26 Oktober 2023 dan berakhir pada 29 Oktober 2023.

Tujuan dariEvent ini sebagai ajang Promosi Wisata dan Budaya Tradisional Kabupaten Solok yang Indah serta Kuliner Kabupaten Solok.

Untuk selanjutnya Event ini akan disebut dengan Festival Lima Danau yang mana Kegiatan ini telah masuk 10 besar di Provinsi serta telah lulus seleksi administrasi di tingkat Nasional. Untuk itu mohon Doa dan Dukungan kita bersama agar Event ini dapat ditetapkan sebagai Event Nasional.

Dalam sambutannya Adiyatama Direktorat Event Daerah Kementrian Parekraf RI, Joko Suhartono, memberi Apresiasi dan ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Solok, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam mensukseskan acara Sumarak Salingka Danau Tahun 2023.

“Kabupaten Solok yang dikenal dengan banyak potensi tidak hanya dari segi Pertanian dan Holtikultura namun juga dengan keindahan Destinasi Wisata yang mempesona serta ragan seni dan budaya,” sebut Joko Suhartono.

Pengembangan potensi ini selanjutnya perlu didorong dengan Promosi salah satunya ialah dengan penyelenggaran Event yang berkualitas.

“Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan Event Sumarak Salingka Danau dengan menyajikan beragam aktivitas yang mengangkat potensi Alam, Potensi Budaya, Potensi Kreatif sampai dengan Produk Unggulan UMKM nya,” terang Joko Suhartono.

Pihaknya berharap Event Sumarak Salingka Danau  Tahun 2023 dapat berjalan Lancar, Sukses, dan Semakin mengembangkan Citra Promosi Wisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Solok sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya.

Bupati Solok, H. Epyardi Asda, dalam arahannya menyebutkan bahwa Sumarak Salingka Danau ini kita laksanakan dalam rangka Promosi Wisata di Kabupaten Solok.

Sebagaimana kita ketahui bahwa selain dari Pertanian yaitu penghasil beras dan holtikultura ada sesuatu yang kita banggakan di Kabupaten Solok yaitu Alam Wisatanya dengan memiliki 5 Danau dan Alamnya yang indah dan tidak dimiliki daerah lainnya di Indonesia.

“Saya yakin dengan Kerjasama kita semua dan dukungan dari segala pihak maka kita dapat memajukan sektor pariwisata sehingga memberikan dampak yang baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Untuk itu sebagai Bupati Solok saya mendukung semua program promosi untuk wisata,” sebut H. Epyardi Asda.

Terimakasih kita ucapkan kepada Kementrian Parekraf RI karena telah banyak memberikan Bantuan Infrastruktur Pariwista untuk Kabupaten Solok diantaranya Panggung Kesenian dan Menara Pandang yang ada di Dermaga Danau Singkarak Ini.

Usai Sambutannya, Bupati Solok Membuka secara  langsung Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023 yang ditandai dengan Pemukulan Gendang serta didampingi oleh seluruh tamu Undangan.

Acara dilanjutkan dengan Penampilan Kesenian Tradisional Talempong Pacik secara Kolosal oleh Tiga Kecamatan Salingka Danau Singkarak yakni Kec. X Koto Singkarak, Kec. Junjung Sirih dan Kec. X Koto Diatas dengan jumlah Pemain sebanyak 100 Orang dan Talempong Pacik sebanyak 200 buah.

Pada kesempatan ini Bupati Solok turut ikut serta memainkan Talempong Pacik bersama seluruh Tamu Undangan. Selanjutnya Bupati Solok beserta seluruh tamu undangan lakukan Peninjauan Lokasi Pameran dan Jajanan Tradisional pada Event Sumarak Salingka Danau Tahun 2023.

Selain Bupati Solok kegiatan ini juga dihadiri oleh  Adiyatama Direktorat Event Daerah Kementrian Parekraf RI, Joko SuhartonoUnsur Forkopimda, Pimpinan DPRD Kab. Solok, Sekretaris Daerah, Medison, S.Sos, M.Si, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Kepala OPD, Kepala BUMN dan BUMD se-Kabupaten Solok, Tokoh-Tokoh Masyarakat Kabupaten Solok, Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Solok, Camat se-Kabupaten Solok,  Walinagari se-Kabupaten Solok, Ketua Penggiat Wisata se- Kabupaten Solok.


Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.