Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori andre Algamar ASN Athari Gauthi Bali Banjarmasin bank indonesia Bank Nagari bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru Bawaslu Sumatera Barat bencana alam BISNIS BPJS Ketenaga Kerjaan BPS Sumbar BSC II Bukittinggi Bupati solok BWSS V Padang Darul Siska Dharmasraya dinas BMCKTR Sumbar Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas KOMINFO solok Dinas Pendidikan Solok Dinas Pendidikan Sumbar Dirlantas Polda Sumbar diskominfo Solok Ditlantas Polda Sumbar DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPP Pernusa DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPRD KOTA PADANG DPRD Sumbar DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat DPW PPP Sumbar Dunia anak Empat Pilar epyardi asda Era sukma Fadly Amran G20 gandoriah Ganjar Pranowo gerindra Golkar GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline Halkido Sumbar hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang IKW-RI SUMBAR indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kajati sumbar Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kejaksaan Tinggi Sumbar Kemenag Kota Padang Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok korem padang kota Padang Kota Pariaman Kota solok Kriminal Kudus Lanud Au Legislatif Lembah Gumanti Leonardi lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang minang kabau Mojokerto MPR RI Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan PAN Kabupaten Solok Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PBB PCNU Kabupaten Solok PD Satria Sumbar PDAM PDIP Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar polairud Polda Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres pasbar Polres Solok Polresta padang polri PPP Sumbar Prokopim padang PUPR PUPR Provinsi Sumbar Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang Satpol PP Padang satria Sawahlunto Selebgram Amak Lisa Seni seni budaya Sijunjung Simalungun SMK N 9 Padang Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Sungai Nanam Surabaya syamsyu Rahim Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI TNI AU Tokoh Masyarakat TRD Triski Uin UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA Wisuda wisuda 88

Kapolda Buka Taklimat Awal Audit Kinerja tahap I Itwasda Polda Sumbar

 

Sumbar, netralpost.net -- Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono membuka Taklimat Awal Audit Kinerja Inspektorat Pengawasan Daerah (itwasda) Polda Sumbar tahap I tahun 2024, Kamis (14/3/2024) di ruang Jenderal Hoegeng lantai IV Polda Sumbar.

Audit kinerja ini terkait dengan aspek perencanaan dan pengorganisasian di Polda Sumbar.

Kegiatan dihadiri Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono, Irwasda Brigjen Pol Arif Rahman Hakim, PJU dan para Kapolres dan peserta lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolda menyampaikan bahwa fungsi pengawasan merupakan suatu proses yang sistemik dalam menerapkan standar atau ukuran kinerja dalam rangka pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan standar kinerja yang telah ditetapkan tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Kapolda, outcome dari sebuah fungsi pengawasan adalah memberikan nilai tambah dan meningkatkan kegiatan organisasi serta meningkatkan efektivitas pengelolaan resiko pengendalian, ini pasti karna setiap tahun ada fungsi perencanaan dan juga pengorganisasian nanti juga pada tahapan berikutnya ada fungsi pengawasan pengendalian itu juga akan dilaksanakan dan tentunya.

Dikatakan Irjen Pol Suharyono, salah satu program pengawasan guna memberikan penjaminan kualitas adalah suatu pelaksanaan audit kinerja yang bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan kehematan efisiensi efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas fungsi dan peran Polri serta memberikan peringatan dini dengan menggunakan efektivitas  manajemen resiko dalam menjalankan tugas dan fungsi polri dengan tidak mengurangi fungsi dan perannya.

"Kegiatan audit kinerja dapat dijadikan sebagai sarana untuk berkonsultasi sehingga pelaksanaan program kerja anggaran tahun 2024 dapat berjalan dengan  baik dan lancar serta dapat dipertanggung jawabkan secara akuntabel dan tertib administrasi," kata Kapolda.

Irjen Pol Suharyono menambahkan,  tim dari Itwasda ini turun bukan untuk menakutkan nakuti, bukan untuk mencari cari kesalahan tetapi bagian dari konsultasi  bagi yang sudah dikunjungi dan yang sedang diperiksa, mungkin bisa sharing melalui pendapat dan masukan.

"Intinya tidak mencari  kesalahan yang membuat takutnya organisasi atau bagian kesatuan yang sedang diperiksa dan fungsi tertentu yang sedang diperiksa tetapi dalam hal ini untuk mengecek seperti apa kesiapan organisasi bagian satuan fungsi untuk membuat suatu perencanaan dan pengorganisasian," terang Kapolda.

Audiet kinerja tahap I dalam anggaran 2024 dilaksanakan PKPP program kerja pengawasan tahunan Itwasda  polda sumbar tahun 2024 yang akan dimulai tanggal 14 maret sampai dengan 28 April 2024. Untuk itu para Kasatker dan Kasatwil yang menjadi objek audiet agar mempersiapkan dokumen perencanaan kegiatan.

"Di samping itu audit kinerja dapat juga dimanfaatkan sebagai media komunikasi dan konsultasi apabila terdapat permasalahan dalam bidang perencanaan dan pengorganisasian sehingga dapat segera dilakukan perbaikan perbaikan," jelasnya.

Irjen Pol Suharyono berharap, kepada para auditor agar bisa menjadi tauladan yang baik dalam memberikan dan juga tentunya berperilaku bertutur kata serta bertanggung jawab dan  bisa bekerja sama dalam melaksanakan tugas serta menjadi konsultan yang dapat memberikan solusi atas berbagai permasalahan dalam pencapaian tujuan pekerjaan Polri.

Diakhir sambutannya, Kapolda Sumbar mengajak untuk bekerjasama dengan  dalam rangka kelancaran dan kesuksesan kegiatan audit kinerja ini dan marilah kita bisa melakukan suatu keterbukaan  dalam menyampaikan data sesuai dengan fakta yang ada dengan harapan tercapainya tujuan dari organisasi Polri khususnya polda Sumatera Barat dan terwujudnya penetapan tata kelola manajemen resiko dan pengendalian internal yang lebih maksimal.(*)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.