Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori andre Algamar ASN Athari Gauthi Bali Banjarmasin bank indonesia Bank Nagari bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru Bawaslu Sumatera Barat bencana alam BISNIS BPJS Ketenaga Kerjaan BPS Sumbar BSC II Bukittinggi Bupati solok BWSS V Padang Darul Siska Dharmasraya dinas BMCKTR Sumbar Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas KOMINFO solok Dinas Pendidikan Solok Dinas Pendidikan Sumbar Dirlantas Polda Sumbar diskominfo Solok Ditlantas Polda Sumbar DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPP Pernusa DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPRD KOTA PADANG DPRD Sumbar DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat DPW PPP Sumbar Dunia anak Empat Pilar epyardi asda Era sukma Fadly Amran G20 gandoriah Ganjar Pranowo gerindra Golkar GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline Halkido Sumbar hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang IKW-RI SUMBAR indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kajati sumbar Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kejaksaan Tinggi Sumbar Kemenag Kota Padang Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok korem padang kota Padang Kota Pariaman Kota solok Kriminal Kudus Lanud Au Legislatif Lembah Gumanti Leonardi lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang minang kabau Mojokerto MPR RI Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan PAN Kabupaten Solok Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PBB PCNU Kabupaten Solok PD Satria Sumbar PDAM PDIP Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar polairud Polda Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres pasbar Polres Solok Polresta padang polri PPP Sumbar Prokopim padang PUPR PUPR Provinsi Sumbar Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang Satpol PP Padang satria Sawahlunto Selebgram Amak Lisa Seni seni budaya Sijunjung Simalungun SMK N 9 Padang Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Sungai Nanam Surabaya syamsyu Rahim Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI TNI AU Tokoh Masyarakat TRD Triski Uin UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA Wisuda wisuda 88

Jelang Event Inovation Goverment Award, Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Indeks Inovasi Daerah.




Payakumbuh,netralpost-Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Event Inovation Government Award (IGA) Tahun 2021 yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada bulan Agustus mendatang, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar rapat dengan seluruh Kepala OPD guna penguatan penyelenggaraan Inovasi pemerintah daerah yang dilaksanakan di Aula Randang lantai 2 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(23/6). 


Rapat persiapan dipimpin langsung oleh Wali Kota yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda.


Dalam sambutannya, Sekda Rida Ananda mengatakan Kompetisi IGA yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.


Pemerintah Daerah harus melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Kemudian, Pemerintah Pusat akan melakukan penilaian dan pemberian penghargaan terhadap inovasi yang telah dilakukan pemerintah daerah.


"Perlu diperhatikan pentingnya inovasi dalam efektifitas dan efisiensi terhadap pelaksanaan kinerja di OPD apalagi dalam kondisi COVID-19 dengan kebijakan refocusing anggaran, hal ini menuntut organisasi perangkat daerah harus berfikir cerdas dalam mensiasati agar kinerja organisasi tidak terganggu. Untuk itu diharapkan semua OPD untuk membudayakan inovasi dilingkungan kerja masing-masing dan memotivasi OPD lain agar memiliki inovasi serta melakukan persiapan secara matang dalam rangka penilaian indeks Inovasi tingkat Kota yang akan dilaksanakan oleh BAPPEDA Kota Payakumbuh dimana penilaian ini merupakan seleksi intelektual masing-masing OPD yang nantinya akan nampak yang sangat inovatif, Inovatif, Kurang Inovatif, Bahkan yang tidak inovatif sama sekali. Nanti tentu akan ada Punishmentnya," Pungkas Rida. 


Senada dengan Sekda, Asisten III Amriul Datuak Karayiang menyampaikan pesan terhadap 

seluruh OPD agar segera mempersiapkan segala sesuatunya untuk menuju Payakumbuh 10 Besar Kota sangat Inovatif.


"Mari kita siapkan segala sesuatunya mulai dari aspek teknis maupun non teknis secara matang untuk menuju Payakumbuh 10 Besar Kota sangat Inovatif," Pungkas Amriul. 


Selanjutnya Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Ifon Satria menyampaikan kondisi indeks inovasi dari tahun 2019 sampai saat ini serta menjelaskan secara umum terkait kewajiban daerah untuk melaporkan data inovasi di daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota yang akan dipublish secara Nasional.


"Penilaian inovasi untuk OPD yang akan dilaksanakan oleh Bappeda sebagai bentuk penilaian kinerja dan kreatifitas OPD yang nantinya akan menentukan sejauh mana perkembangannya dalam melaksanakan aktifitas, tugas pokok dan fungsi secara efektif dan efisien. Dijabarkan saat ini sudah ada 207 usulan inovasi melalui lab inovasi daerah namun belum terdokumentasi dengan baik," Terang Ifon. 


Dikesempatan lain Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kota Payakumbuh Faisal didampingi oleh Kasi inovasi dan teknologi Robby Hafanos memaparkan petunjuk tenis pelaksanaan Indeks Inovasi melalui kompetisi IGA. Inovasi yang akan diinput adalah inovasi yang telah memenuhi syarat teknis dan memejuhi data dukung serta akan  lebih baik lagi kalau sudah terimplementasi akan menambah nilai tambah terhadap penilaian.


Bappeda juga menawarkan pendampingan inovasi melalui Layanan Klinik inovasi Daerah (LAKI IDA) yang ada di BAPPEDA terkait perencanaan sampai implementasi  inovasi serta pedoman teknis dari penyusunan inovasi di OPD. (Yon)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.