Upacara Hari Sumpah Pemuda Di Kota Payakumbuh Berlangsung Khidmat




Payakumbuh,netralpost--- Hari Sumpah Pemuda diadakan sebagai wujud kecintaan para pemuda-pemudi terhadap bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Ikrar tersebut merupakan hasil putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928. 


Di Kota Payakumbuh upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun 2021 berlangsung khidmat di halaman balai kota, Kamis (28/10).


Dengan Pembina Upacara Wali Kota Riza Falepi diwakili oleh Sekda Rida Ananda, dihadiri oleh unsur forkopimda, kepala OPD, Ketua DPD KNPI Kota Payakumbuh Ahmad Ghani. 


Sementara itu komandan upacara Sekretaris DPD KNPI Kota Payakumbuh Fauzan Rafsyanjani, Pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh pengurus DPD KNPI Kota Payakumbuh Bima, Keputusan Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia dibacakan oleh pengurus DPD KNPI Kota Payakumbuh Hilman, pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra 2021, serta peserta upacara dari barisan KNPI, ASN, Satpol PP, Dishub, mahasiswa, siswa sekolah, dan Pramuka.


Sekda Rida Ananda menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga dimana tema Hari Sumpah Pemuda kali ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.


"Tahun ini peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 mengangkat tema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh". Tema ini sebagai bentuk penggambaran spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Tema ini juga menjadi spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi Covid-19 untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda," kata Sekda.


Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kota Payakumbuh Ahmad Ghani menyampaikan upacara hari ini merupakan upacara Hari Sumpah Pemuda terakhir yang diikuti kepengurusan KNPI Kota Payakumbuh periode 2018-2021. 


"Diharapkan kepengurusan setelah kami bisa terus melanjutkan pembangunan kepemudaan di Kota Payakumbuh," kata Ghani. 


Usai upacara, juga dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2021.


Untuk bidang pendidikan, Juara 1 diraih Tareq Al Bana, Juara 2 Fero Eko Pratama, dan Juara 3 M Fauzan. Kemudian di bidang agama, sosial, dan budaya, Juara 1 Syahrul Nizam dan Juara 2 M Rifki.


Di bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan pariwisata, Juara 1 diraih oleh Rahmad Zeki.


"Rahmad Zeki juga sekaligus berhasil menjadi Juara II di tingkat Provinsi Sumbar," kata Kadisparpora Desmon Corina didampingi Kabid Pemuda dan Olahraga Delni Putra dan Kasi Pemuda Yolanda Apripeli. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.