Hari Gizi Nasional Ke 62, RSUD Adnaan WD Payakumbuh Terus Komit Lawan Stunting




Payakumbuh,netralpost --- Dalam memeriahkan peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke 62 tahun 2021, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Adnaan WD Kota Payakumbuh menyatakan komitmen untuk terus melawan stunting dengan menggelar beberapa kegiatan di lingkungan rumah sakit.


Kegiatan yang mengangkat Tema Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas itu berlangsung meriah bersama bagian manajemen, kepala ruangan, kepala Instalasi, ahli gizi, dokter spesialis, serta pasien dan pengunjung rumah sakit di pelataran parkir depan poliklinik pada Rabu (27/1) dan acara puncaknya pada Kamis (28/1).


Pada pembukaan kegiatan peringatan hari HGN ini diisi dengan melakukan penyuluhan ke pasien dan pengunjung di ruang tunggu klinik anak dan kebidanan dengan tema cegah stunting oleh narasumber Ghina Fadilla STr.GZ, sementara itu melalui media audio PKRS Wulandari Wisudawati. SKM, menyampaikan pesan dan materi tentang obesitas.


Hari berikutnya dimeriahkan dengan puncak peringatan HGN yang buka langsung oleh Direktur RS dan Ketua Persagi Kota Payakumbuh dengan pelepasan balon dan pemotongan kue HGN ke 62. 


Kegiatan yang tidak kalah penting yaitu pengukuran Indeks Masa Tubuh, Konsultasi Gizi Gratis bagi pasien, pengunjung, dan karyawan RS, serta dimeriahkan dengan pembagian doorprize yang sponsori oleh PT. Kalbe Farma. 


Direktur RSUD dr Yanti, MPH menyampaikan peringatan HGN ini sebagai bentuk kesadaran untuk seluruh masyarakat Indonesia mengenal betapa pentingnya mencukupi kebutuhan gizi guna menunjang petrumbuhan tubuh dan kesehatan.


"Perbaikan Gizi masyarakat difokuskan pada 1000 hari pertama kehidupan dan permasalahan gizi saat ini yaitu masih tingginya pevalensi stunting dan obesitas," kata dr. Yanti.


Kemudian, Ketua Persagi Kota Paykumbuh, Beni Hendril menguraikan sejarah lengkap dibalik HGN pada hari ini, pada 62 tahun silam. Pada 25 Januari 1951, LMR melakukan pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan mendirikan Sekolah Juru Penerang Makanan. 


"Sejak saat itu pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional," jelasnya.


Senada dengan Direktur RSUD, Kepala Instalasi Gizi RSUD dr Adnaan WD Kota Payakumbuh Nora Suryani, AMG menyambut gembira dan mengucapkan hari gizi nasional kepada seluruh Ahli Gizi di Kota Payakumbuh dan Indonesia.


"Dengan adanya HGN dan konseling Gizi kepada pasien, pengunjung, dan karyawan RS, besar harapan kami kedepan ahli gizi RSUD dapat bermitra membangun gizi masyakat kota Paykumbuh menuju masyarakat sehat, gizi seimbang, keluarga sehat, negara kuat," pungkasnya. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.