Wako Riza Falepi Launching Sumdarsin 6-11 Tahun, 14.160 Siswa Sekolah Butuh Divaksin Untuk Capai Herd Immunity




Payakumbuh,netralpost--- Untuk memberikan layanan proteksi terhadap Covid-19 secara optimal kepada masyarakat, Pemerintah Kota Payakumbuh melaunching program Sumatera Barat Sadar Vaksin (Sumdarsin) anak usia 6-11 tahun di SD Raudhatul Jannah, Kamis (3/2).


Sumdarsin berdoorprize tersebut dilaunching oleh Wali Kota Riza Falepi bersama Kapolres AKBP Alex Prawira, Sekda Eida Ananda, Asisten I Dafrul Pasi, Asisten II Elzadaswarman, Kadis Pendidikan Dasril, Kalaksa BPBD Erizon, serta Kepala SD RJ Erianto dan jajaran.


Dari data dinas kesehatan Kota Payakumbuh, masyarakat usia 12 tahun keatas yang telah mengikuti vaksinasi dosis 1 sudah melebihi 100 persen dan dosis 2 baru 65, 82 persen. Sementara itu ada sebanyak 14.160 orang anak yang berhak untuk mendapatkan vaksinasi, yang telah mengikutinya sudah di atas 2000an.


Di sisi lain, untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity, setidaknya pencapaian vaksinasi terhadap sasaran harus sudah 70 persen, Pemerintah Kota Payakumbuh berupaya memproteksi sebanyak-banyaknya masyarakat dari bahaya paparan Covid-19 melalui program vaksinasi.


Untuk memberikan layanan vaksinasi kepada anak usia pelajar SD ini, maka Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar vaksinasi jemput bola dengan program Sumdarsin 6-11 tahun seperti halnya Sumdarsin 12 tahun keatas.


Wali Kota Riza Falepi menyampaikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Payakumbuh mengajak semua pihak ikut menyukseskan vaksinasi, semuanya ingin daerah ini bebas dari virus corona dan bisa sehat serta kuat dalam menghadapi pandemi.


"Hari ini peserta vaksinasi di RJ cukup ramai, kami sampaikan apresiasi kepada RJ yang bersinergi bersama pemerintah untuk memberikan pendidikan terbaik kepada masyarakat, bagian dari mencerdaskan umat, dan bangsa. Banyak sekolah Islam yang tumbuh, tak hanya mencerdaskan bangsa secara akademis saja, tapi spiritualnya juga, agar berkontribusi pada bangsa dan negara, dan peradaban dunia," kata Riza.


Sementara itu, Kapolres AKBP Alex Prawira mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan RJ atas program vaksinasi anak usia 6-11 tahun dalam Sumdarsin ini. Semoga menjadi motivasi bagi sekolah lain di Payakumbuh.


"Mari kita wujudkan generasi muda bebas Covid-19, semoga Allah SWT menjaga langkah kita dalam mewujudkan karakter islami di kota ini," ujar Kapolres Alex.


Menurut keterangan Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril yang mengatakan pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi pada sekitar 60 sekolah di Kota Payakumbuh, dan sekitar 30 telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak didik usia 6-11 tahun.


"Agenda Sumdarsin nanti akan digelar di setiap sekolah negeri dan swasta. Kebetulan pada hari ini di antara sekolah yang melaksanakan, jumlah peserta di RJ terbanyak, yakni 157 siswa, makanya kita luncurkan disini. Nanti juga ada kunjungan Kapolda ke SD yang melaksanakan vaksinasi, seperti Muhammadiyah dan IPHI," kata Dasril.


Dasril juga menyampaikan pesan kepada para guru dan kepala sekolah agar jangan patah semangat dalam mengedukasi siswa dan orang tua akan pentingnya vaksinasi agar terpictanya herd immunity. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.