Lepas Petugas Haji, H. Helmi: Jadilah Petugas Terbaik dan Titip Doa untuk Keselamatan Bangsa



Padang, Humas--Sebelum bertolak ke Arab Saudi, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dan petugas Kloter bersilaturrahmi dan mohon pamit kepada Kepala Kanwil Kemenag Sumbar untuk melaksanakan tugas, Senin (30/5) di Ruang Kerjanya.

Dalam pertemuan ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi yang didampingi Kabag TU, Miswan dan Kepala Bidang PHU, H. Joben mengajak petugas haji untuk banyak bersyukur atas amanah ini.

“Kita harus banyak bersyukur, setelah 2 (dua) kita tidak memberangkatkan  jemaah haji karena pandemi. Masalahnya bukan pada Pemerintah Indonesia tapi karena arab saudi tidak mengizinkan jemaah haji masuk ke Arab Saudi kecuali haji khusus bagi ekspatriat,” ungkap Kakanwil

Dalam kesempatan itu, Kakanwil minta petugas terapkan rumus, yakin, fokus, semangat, taat aturan dan doa. Tak lupa Kakanwil juga mohon doakan bangsa, doakan lembaga dan ASN Kemenag Sumbar untuk bisa melaksanakan ibadah haji sekaligus petugas penyelenggara ibadah haji.

“Saya titip pesan kepada seluruh petugas haji kloter dan Arab Saudi untuk mendoakan keselamatan bagi Indonesia. Selamat dari ancaman, serangan dan bencana,” pinta Kakanwil.

“Setelah 2 (dua) tahun tidak  mengirimkan jemaah hari ini kita kembali mendapat kesempatan, ini sejarah bagi kita terutama bagi petugas dan tercatat dalam sejarah tinta emas. Pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” pesan Kakanwil kepada petugas haji.

Kakanwil juga memesankan beberapa hal untuk dibawa petugas ke Tanah Suci. Laksanakan tugas dengan sebaik baiknya dan jadilah petugas terbaik.

“Terapkan prinsip, tugasku ibadahku. Sebelum jemaah tidur kita jangan tidur dulu," pinta Kakanwil.

"Agar jemaah terarah buatlah schedule atau buku panduan dan berikan kepada ketua rombongan dan ketua regu. Sehingga petugas bisa mengantarkan  jemaah dalam perjalanan dan mengantarkan jemaah menjadi haji mambrur,” tukas Kakanwil.

Hal yang penting lagi imbuh Kakanwil, yang harus dijaga adalah kekompakan. “Jangan mudah diadu domba dan jangan mudah dipecah belah,” tandas Helmi.

Salah seorang petugas, Ketua Kloter yang juga menjabat Kepala KUA, Amar Albar Antoni mengucapkan syukur tak terhingga atas kesempatan dan amanah yang diberikan pimpinan kepadanya dalam melayani tamu Allah ke Tanah Suci.

“Alhamdulillah ini anugerah yang luar biasa. Untuk menjalankan tugas ini kita bersama petugas kloter sudah melakukan beberapa rangkaian persiapan sebagai calon Petugas Haji Kloter tahun 2022. Termasuk mengikuti Bimbingan Teknis bulan Mei lalu,” tutur Albar yang bertugas di KUA Kec. Guguak Panjang Kota Bukittinggi.

Diakui Albar yang diamanatkan sebagai Ketua Kloter 2 (dua) ini, persiapan untuk  cukup singkat dibandingkan persiapan haji sebelumnya termasuk waktu untuk Bimbingan Teknis.

“Walaupun waktunya diperpendek dari biasanya yang sampai 10 hari namun sangat membantu dan memberi banyak bekal bagi para calon petugas kloter,” aku Amar Albar.

Setelah menerima bekal dari Bimtek Amar sebagai Jepala KUA langsung melaksanakan manasik di daerah masing-masing kepada calon jemaah haji. Para jamaah diberikan pembinaan manasik sesuai dengan situasi dan kondisi pada masa Pandemi covid 19.

Setelah ditetapkan penempatan petugas untuk masing-masing daerah para petugaspun langsung turun ke kab kota asal jemaah haji yang terhimpun dalam satu Kloter.

Amar sendiri akan mendampingi jemaah asal Bukittinggi, Tanah Datar, Padang Pariaman, Kota Pariaman dan Kota Padang yang tergabung dalam kloter 2.

Untuk persiapan jelang keberangkatannya tanggal 5 Juni mendatang, Amar akan mempersiapkan diri mulai dari persiapan kebutuhan, fisik dan mental.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancer. Jemaah haji pun sudah sangat siap untuk berangkat karena hampir 3 tahun mereka mengikuti manasik haji, baik dari KBIH maupun manasik sepanjang tahun program Kemenag dan manasik pemantapan di Kab/Kota dan Kecamatan,” terang Amar Albar.

Tak lupa ia bersama seluruh petugas mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kemenag Sumbar beserta Kabag TU, Kabid PHU dan semua pihak yang sudah menfasilitasi para petugas untuk profesional dan amanah dalam menjalankan tugas mulia ini, tukasnya. RinaRisna

 

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.