Jelang Keberangkatan Jemaah 4 Juni Mendatang, PPIH Embarkasi Padang Gelar Rapat Persiapan



Padang, Humas—Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H /2022 M  tinggal hitungan hari. Jemaah Kloter I akan diterbangkan ke Arab Saudi tanggal 4 Juni mendatang. Satu hari sebelumnya bertepatan 3 Juni, jemaah sudah diinapkan di Asrama Haji Embarkasi Padang.

Menyikapi hal itu, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan Pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH) Embarkasi Padang menggelar rapat koordinasi dan persiapan, Senin (30/5) di Aula Asrama Haji Tabing.

Rapat dihadiri Gubernur Sumbar diwakili Kepala Biro Kesra Irsyad, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi didampingi Kabid PHU Joben, Kabag TU dan seluruh Kepala Bidang, Kakanwil Kemenkum HAM, Dinas kesehatan, Angkasa Pura, Garuda dan seluruh stakeholder terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji.

Turut hadir Ketua Dharmawanita Kanwil Kemenag Sumbar, Ny. Nazifah Helmi bersama Sekretaris Ny. Karleni Miswan dan Ny. Yenti Joben yang bertanggung jawab dalam bidang konsumsi jemaah haji selama berada di Asrama Haji Embarkasi Padang.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Smbar), Helmi dalam kesempatan itu mengatakan PPIH dan P3IH merupakan orang-orang pilihan yang diberikan amanah sebagai Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang Tahun 1443H/2022M.

”Rapat kali ini sangat penting, karena terkait dengan tugas yang akan diamanahkan dan yang akan dipertanggungjawabkan. Tentu kita berharap hendaknya amanah ini hendaknya dapat dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab sehingga jemaah haji merasa dilayani dan terlayani dengan sebaik baiknya,” ujar Kakanwil

Kakanwil juga mengajak petugas melayani jemaah dengan ADS (Amanah, Disiplin dan Sabar). ”Mudah-mudahan dengan disiplin dan penuh kesabaran jemaah kita sukses dalam menyelenggarakan ibadah haji tahun 2022 masehi ini,” imbuhnya.

Kementerian Agama lanjut Kakanwil juga melakukan penilaian terhadap Embarkasi dalam pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji tahun ini.

”Kita berharap dengan kebersamaan dan kekompakan serta rasa tanggungjawab kita akan mendapatkan penilaian terbaik dan akan diberikan penghargaan oleh Kementerian Agama,” tukuknya lagi.

Ia berharap petugas tahu dan paham tugasnya selaku PPIH dan P3IH Embarkasi Padang. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung, keikhlasan dan sesuai dengan tupoksi yang telah diamanahkan kepada Bapak ibu sekalian.

Jagalah nama baik lembaga serta layanilah jemaah haji secara prima, karena Bapak/Ibu memang ditugaskan untuk melayani jemaah haji.”Kami sangat berharap kiranya kegiatan pemberangkatan Jemaah Haji dapat berjalan lancar dan sukses. Mari sama-sama kita bertekad memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada para duyufurrahman yang akan menunaikan ibadah haji,” ajak Kakanwil

”Untuk itu sekali lagi kami harapkan kepada Bapak Ibu PPIH dan P3IH, laksanakanlah tugas dengan sungguh-sungguh. Semoga Allah SWT memberikan jalan kemudahan kepada kita semua dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji,” imbau Kakanwil.

Gubernur diwakili Kabiro Kesra, Irsyad terima kasih kepada stakeholder terutama Kementerian Agama yang telah bekerja keras mempersiapkan segala sesuatu dalam proses penyelenggaran ibadah haji 1443 H/2022M.

’Mudah-mudahan perjalan ibadah haji tahun ini dapat berjalan aman, lancar dan tidak ada kendala dan permasalahan baik saat pemberangkatan maupun dalam pemulangan jemaah haji ini,” ungkapnya.

Sementera itu, Kepala Bidang PHU, H. Joben menyampaikan tahun Emabrkasi Haji Padang memberangkatkan 2.840 jemaah dengan rincian 2.093 jemaah haji Sumatera Barat dan 747 jemaah haji Provinsi Bengkulu. Jumlah ini belum masuk petugas haji yang akan mendampingi jemaah haji ke Tanah Suci.

”Jemaah Embarkasi Padang akan diterbangkan dalam delapan kloter (Kelompok Terbang), 5 (lima) Kloter jemaah haji Sumbar, 2 Kloter jemaah Bengkulu dan satu kloter lagi yang berjulah 130 orang bergabung dengan jemaah Ujung Pandang (UPG) 19,” tutur Joben.

Diuraikan Joben petugas Haji yang akan mendampingi jemaah masing masing Kloter 4 orang, 1 Ketua Kloter, 1 pembimbing ibadah, 1 dokter dan 1 tenaga kesehatan ditambah 10 orang Petugas Haji Daerah (PHD) dan 3 orang pembimbing KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah). RinaRisna

 

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.