Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Pemko Adakan Rapat Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Penyerapan Anggaran dan Pelaksanaan Pembangunan

 Payakumbuh,netralpost.net


--- Guna mengoptimalkan Pelaksanaan Pembangunan Tahun anggaran 2022, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) penyerapan anggaran dan pelaksanaan pembangunan serta pelaksanaan pelaporan secara online melalui Aplikasi Sistem Online Pengendalian Administrasi Pembangunan (SODAP) versi terbaru yang dilaksanakan di Aula Ngalau Indah lantai III Kantor Balai Kota Payakumbuh, Selasa(31/5). 


Rapat Monev dibuka secara langsung oleh Wali Kota Payakumbuh dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten II Elzadaswarman serta didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, Sekretaris Inspektorat A.Arifianto, Sub kordinator Monev dan pelaporan Verly faguna, Kepala Sub Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Yeri Siswanto serta diikuti oleh seluruh OPD terkait. 


Dalam sambutannya Asisten II Elzadaswarman mengatakan rapat Monev kali ini berfokus pada realisasi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan masing-masing perangkat daerah serta diskusi tentang permasalahan yang ada dalam melaksanakan kegiatan.


“Rapat kita kali ini berfokus pada realisasi dan evaluasi pelaksanaan kegiatan masing-masing perangkat daerah. Oleh karena itu kita adakan sesi diskusi tentang permasalahan dan kendala yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan,” ungkapnya.


Elzadaswarman yang akrab disapa Om Zet menjelaskan aplikasi SODAP merupakan aplikasi Pemko Payakumbuh untuk meningkatkan kinerja ASN agar komitmen dengan progran yang telah disetujui dalam Musrembang. Disamping itu, SODAP akan mengontrol bagaimana perkembangan program ini dari awal hingga selesai. Jadinya, sifat program ini tidak lain untuk peningkatan kualitas ASN untuk melayani kesejahteraan masyarakat.


"Ini sebuah terobosan untuk melayani masyarakat dan salah satu bukti  Pemko Payakumbuh melayani berbasis IT agar gampang mengukur kinerja secara terukur, terarah dan fokus,"ujar Om Zet


Sub kordinator Monev dan pelaporan Verly faguna menjelaskan karena masih rendahnya serapan anggaran belanja daerah sampai bulan april 202 yaitu Rp. 159.111.993.117 (23,80%). Karena itu perlu dilakukan langkah percepatan pelaksanaan kegiatan dan percepatan pelaksanaan serapan anggaran dengan mempedomani time schedule yang sudah disusun serta RUP yang sudah ditetapkan secara efisien menggunakan aplikasi SODAP. 


"Dengan adanya pembaruan kepada Aplikasi SODAP, Maka akan disosialisasikan pada saat monev ini kepada seluruh perangkat daerah, sehingga dapat kita gunakan dalam pelaporan pelaksanaan kegiatan pembangunan kota payakumbuh tahun 2022," Terang Verly


Senada, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi menjelaskan Aplikasi Sodap telah menggambarkan

Masing-masing aktifikatas di OPD secara rinci mulai dari anggaran, capaian target dan realisasi anggaran. Dan sudah digambarkan berbentuk grafik. Sehingga pimpinan mengharapkan di Aplikasi Sodap bisa terlihat seberapa jauh target kerja di OPD dan realisasi anggarannya


"Mohon dukungan kita semuanya, Mulai tanggal 2 juni 2022 selama satu minggu kedepan kita akan mengadakan coaching tentang penggunaan Aplikasi Sodap kepada Sekretaris bersama Kasubag program di ruangan helpdesk Diskominfo dan dilakukan coaching untuk 7 OPD perhari. sehingga seluruh OPD di Kota Payakumbuh sudah bisa mengoperasikan Aplikasi Sodap," Ujar Junaidi


Ditambahkannya, Tadi sudah dipaparkan bahwa masih rendahnya serapan anggaran di masing-masing OPD dan juga instruksi Presiden bagaimana serapan anggaran dalam rangka percepatan ekonomi masyarakat. 


"Kita harapkan capaian target kinerja dan serapan anggaran dimasing-masing OPD bisa sesuai dengan schedule yang sudah diusulkan waktu membbahas anggaran awal dan mari sama-sama mendukung demi kelancaran serapan anggaran pada tahun 2022," Pungkas Junaidi. 


Kepala Bidang E-Goverment Nopan Pirsa menjelaskan perbedaan antara aplikasi Sodap yang lama dengan aplikasi Sodap versi terbaru adalah lebih fleksibel dan target kecepatan dalam realisasi pembangunan di kota Payakumbuh yang sangat berguna bagi pimpinan untuk mengambil kebijakan di Kota Payakumbuh. 


Dilanjutkannya, Selama diefektifkan, SODAP akan bekerja sesuai sistem yang diberlakukan. Bidang kepegawaian selaku admin di masing-masing OPD dan kesekretariatan Pemko Payakumbuh akan memasukkan program bulanan sampai tahunan mereka kedalam SODAP. Kemudian, program ini akan masuk ke dalam catatan kepala daerah.


Setiap program OPD dan sekretariatan akan mudah terbaca oleh kepala daerah, sampai mana kinerja ASN untuk menyelesaikan program tersebut. Jadi, sifat aplikasi SODAP ini bisa membaca lebih spesifik bagaimana program bulanan ini berjalan. Artinya, SODAP akan  memperjelas program kerja dan meminimalisir adanya kecurangan laporan kegiatan kepada pimpinan oleh ASN.


"Jadi untuk pemantauan jauh lebih gampang dan tidak perlu memakan waktu lama dalam mengurus birokrasi, dalam penilaian dan evaluasi akan gampang dilakukan kepala daerah kepada setiap OPD dan sekretariat karena setiap data telah terekam dengan baik," Pungkasnya.(Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.