Kantongi 3 Medali, Kakanwil Apresiasi Kontingen Sumbar pada Pesparawi XIII

 


Padang - Provinsi Sumatera Barat menoreh prestasi untuk 3 kategori pada Kegiatan Pesparawi Nasional ke-13 di Jogjakarta. Kakanwil H Helmi memberikan apresiasi dan dukungan luar biasa atas capaian Sumatera Barat di ajang tiga tahunan tersebut. 

Pernyataan ini disampaikan Kakanwil saat menerima kunjungan, Ketua LPP Marulitua Siringoringo beserta pembimas Kristen Yesri Elvis, atas keikutsertaan team Sumbar pada Pesparawi Nasional ke XIII di Jogjakarta, Kamis (30/06).

Di ruang kerjanya, Ka.Kanwil Helmi juga menyampaikan rasa bangga atas kehadiran pihaknya bersama istri selaku Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar, menyempatkan untuk menyaksikan langsung kegiatan Pesparawi di Jogjakarta.

Menurutnya kehadirannya bersama tim Kabiro dari Pemprov adalah wujud dukungan terhadap Kontingen Sumbar agar bisa berhasil dan sukses pada even tersebut. 

Namun demikian, ia menilai ada hal yang lebih penting selain kemenangan. Bisa memberikan pengalaman terbaik di kancah nasional dan dapat memupuk tali persaudaraan dan rasa kebersamaan menjadi substansi utama.

Kedepan, menyikapi harapan Ketua LPP pihaknya berharap kegiatan Pesparawi bisa dilaksanakan di tingkat Provinsi melibatkan seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar. Bagi Helmi   ajang Pesparawi sebagai salah satu sarana dalam penguatan moderasi beragama di Indonesia. 

"Semoga kedepan ada pembaharuan, inovasi bagaimana kegiatan ini bisa dikembangkan. Pesparawi ada pengembangan sebelumnya di tingkat Provinsi," ujarnya.

Ia mengajak untuk menumbuhkan toleransi dan harmonisasi antar umat beragama di Indonesia yang penuh keragaman ini. 

"Mari kita senantiasa ciptakan harmonisasi dalam keberagaman ini. Semoga di tahun mendatang kontingen Sumbar dapat menoreh prestasi yang lebih gemilang dengan persiapan dan tahapan yang lebih matang," tutur Helmi.

Sementara itu Ketua LPP Marulitua Siringoringo menyebut kontingen Sumbar berhasil meraih medali untuk semua kategori yang diturunkan. 

Diantaranya kategori Solo anak usia 10-13 tahun putri berhasil meraih medali emas atas nama Danica Nabasar Sitanggang. Sedangkan untuk kategori Solo anak putra atas nama Arthur Sopanagaman Rajagukguk mendapat medali perak Dan kategori Vokal group mengantongi medali perak yang tergabung dari 11 orang dalam 1 tim.

Ia mengaku bersyukur dan sangat apresiatif atas dukungan dan support Kakanwil bersama Pemprov selama kegiatan berlangsung. 

"Kami melihat dan merasakan sendiri bagaimana support Kakanwil Helmi bersama tim Pemprov Sumbar memotivasi anak-anak ketika sedang latihan, sudah sangat luar biasa," terangnya.

Pihaknya mengaku ini adalah yang perdana kontingen Pesparawi Sumbar dilepas di aula Gubernur. Bahkan didampingi Kakanwil Kemenag Sumbar hingga kegiatan selesai. 

"Ini adalah bukti bentuk toleransi dalam kemajemukan agama dan budaya di Sumbar." Ungkapnya.

Disisi lain Pembimas Kristen Yesri Elvis menyebut Pesparawi ini memiliki tujuan yang mulia yaitu untuk pengembangan, pemahaman dan penghayatan melalui sebuah perlombaan. 

Substansi dari kegiatannya bukanlah perlombaan yang identik dengan kompetisi atau persaingan. Namun dengan menyanyikan pujian kepada Tuhan yang Maha Kuasa, dapat meningkatkan keimanan umat Kristiani terhadap Tuhan Yesus.

"Bagi saya even ini even untuk bisa bernyanyi dengan baik, karena disini bagaimana bisa memuji nama Tuhan dalam bentuk lagu."Imbuhnya.

Hal menarik lainnya, bukan tanpa alasan sebut Elvis adalah ketika kegiatan Kristiani digelar di Candi Prambanan yang merupakan tempat ibadah agama lain. 

"Disinilah wujud keragaman yang disimpul dengan nilai toleransi bisa terlihat. Bahkan secara tidak langsung menjadi media promosi wisata dan budaya," katanya.

Selain itu, ajang kompetisi ini selain sebagai wadah untuk melestarikan budaya dan agama Kristen. Sepatutnya bisa menjadi pemersatu bangsa dan memperkokoh jalinan persaudaraan. Mengingat peserta yang hadir memiliki suku, agama dan budaya yang berbeda, lanjut Elvis.

"Jadi hari ini kami temui Kakanwil Helmi untuk melaporkan kegiatan yang sudah terlaksana dengan baik, termasuk capaian prestasi Sumbar pada ajang ini. Khususnya laporan dari Ketua LPP beserta pembimas kristen dengan keikutsertaan team pada Pesparawi Nasional ke XIII di Jogjakarta. Semoga besok bisa lebih maksimal, bisa menggondol semua medali emas,"tukasnya.(vera)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.