Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Pendidikan Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar kapolri Karya Tulis Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PDAM Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilkada PKB Sumbar Polda Sumbar polisi politik polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Pelayanan Prima Untuk Masyarakat Terus ditingkatkan Oleh Dinas Perhubungan



Payakumbuh,netralpost --- Komitmen Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat terus dibuktikan dengan terjadinya beberapa perubahan pada pelayanan-pelayanan langsung yang ada di dinas yang berkantor di Terminal Koto Nan Ompek itu.


Di bawah kepemimpinan Kepala Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh Nofriwandi, masing-masing bidang dan UPTD mampu bekerja dengan baik.


Saat ditemui media di kantornya, Kamis (23/6), Kadis Nofriwandi yang didampingi Sekretaris Hadiatul Rahmat dan jajarannya mengatakan komitmen ini dibuat merupakan amanat dari Wali Kota Riza Falepi dalam mewujudkan lingkungan birokrasi yang melayani cepat, tepat, dan efisien.


Contohnya saja dapat dilihat dari pelayanan KIR, saat ini prosedur pengurusan KIR di Kota Payakumbuh paling gampang. Serangkaian tes untuk mengukur apakah sebuah kendaraan masih layak jalan atau tidak layak sudah berlangsung cepat dan tidak bertele-tele dengan dukungan sumber daya manusia dan sarana prasarana di dinas perhubungan.


Bahkan, pembayaran KIR sudah dengan non tunai atau cashless, saat ini sudah lebih dari 50 persen transaksi dilakukan dengan memakai Q-RIS.


"Kita sedang menyiapkan pelayanan KIR online, masyarakat hanya dari rumah saja, mereka bisa mengurus administrasi pelayanan KIR melalui aplikasi yang saat ini tengah kami sediakan, nantinya mereka hanya datang ke kantor dishub saat uji layak kendaraannya saja," kata Nofriwandi.


Terkait dengan urusan perparkiran yang selama ini sering disorot oleh DPRD, Nofriwandi dan jajarannya telah berinovasi dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada. Saat ini, petugas parkir yang telah ditugaskan oleh Dishub sudah menyetor uang parkir tidak ke kantor dinas perhubungan lagi, tapi langsung kepada bidang pendapatan badan keuangan daerah melalui kerja sama dengan Bank Nagari.


"Kita sudah memberlakukan ini sejak awal tahun 2022," kata Nofriwandi.


Terakhir, selama ini terjadi kemacetan di Jalan Soekarno-Hatta arah ke pasar karena adanya kendaraan bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang menaikkan dan menurunkan penumpang di tepi jalan. Melalui kerja sama seluruh bidang di dinas perhubungan dan Unsur Forkopimda, masalah-masalah yang ada dapat teratasi.


"Sejak 1 tahun belakangan kita sudah menempatkan kendaraan AKAP untuk masuk terminal, artinya sudah tidak ada lagi yang standby di jalan. Kami sampaikan apresiasi kepada unsur forkopimda karena telah mendukung kami mewujudkan ketertiban di Kota Payakumbuh, meski ada kendala saat waktu berjalan, tapi dapat terselesaikan dengan baik," terang Nofriwandi. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.