Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Darul Siska Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat DPW PPP Sumbar Dunia anak epyardi asda Fadly Amran G20 Ganjar Pranowo gerindra Golkar GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline Halkido Sumbar hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Lanud Au Legislatif Leonardi lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan PAN Kabupaten Solok Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PD Satria Sumbar PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok Polresta padang polri PPP Sumbar PUPR Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang Satpol PP Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI TNI AU Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Hadiri HUT Ke 6 Gerobak Kopi, Riza Falepi Ajak Anak Muda Ciptakan Hospitality Dalam Berusaha



Payakumbuh,netralpost ---- Wali Kota Riza Falepi menjadi motivator sekaligus mentransfer ilmu kepada pengunjung saat hadir dalam acara Hari Ulang Tahun ke 6 Kafe Gerobak Kopi, di Jalan Ade Irma Suryani, Simpang Benteng, Jumat (8/7).


Dalam kegiatan yang mengusung tema "Forever Young"  itu turut hadir Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten III Ifon Satria Chan, Staf Ahli Elfriza Zaharman, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Nofriwandi, Kepala Dinas Perhubungan Devitra, Kepala Kantor Kesbangpol Dipa Surya Persada, Camat Payakumbuh Tumur Dewi Novita, Kabid Keselamatan Dan Pengendalian Operasional Dishub Yulhendri.


Wali Kota Riza Falepi mengucapkan selamat ulang tahun ke 6 kepada gerobak kopi, sudah melewati siklus try and fail, nantinya akan melewati masa ekspansi, harus bisa bersaing, cita-citakan lebih dari Starbucks.


"Saya sangat senang berkesempatan bertemu anak-anak muda yang energik dan penuh kreativitas," kata Riza.


Wali kota dua periode itu bercerita tentang Starbucks, yang hanya dari berjualan kopi saja, kalau dirupiahkan untungnnya mencapai 400 hingga 500 triliun pertahun. Riza membaca itu laporan keuangan 8 tahun lalu, 2014.


"Bisa dibayangkan, menurut aturan keuangan di Indonesia, dimana kantor pusat suatu perusahaan berada, disitu dia bayar pajak, 12 persen dari total pajaknya disharing dengan daerah itu. Bayangkan kalau Andre punya usaha seperti Starbucks, 12 persen dari total pajaknya untuk kota ini, Andre tentu berkontribusi besar terhadap pembangunan kota ini nantinya," kata Riza.


Di hadapan para generasi muda kota Payakumbuh dan pengunjung kafe itu, Riza juga mengungkapkan kalau setiap pengusaha harus sadar bahwa usaha mereka memiliki multiplier effect, banyak aspek yang dapat dipengaruhinya, apalagi pembangunan ekonomi.


"Bisnis yang bagus dan kreatif Saya siap bantu," ujarnya.


Riza menambahkan, daya beli Kota Payakumbuh sudah bagus, namun perlu tingkatkan lagi. Kalau daya beli seseorang sudah naik, maka beda lagi seleranya dalam berbelanja. Riza mengaku sudah banyak didatangi oleh orang yang berniat untuk berinvestasi, hal itu karena daya beli yang cukup tinggi di Kota Payakumbuh.


"Saya sediakan sistem pelayanan perizinan yang bagus, top nomor 1 di Indonesia. Hampir semua daerah di Sumatera belajar perizinan ke mal pelayanan publik di lantai 1 kantor wali kota," kata Riza.


Riza menyebut, makanya Pemda tugasnya melayani, terutama kepada pengusaha yang akan memberikan andil 80 persen terhadap perekonomian daerah. Riza mengajak pengusaha kafe dan restoran, serta pelaku UMKM untuk melayani dengan hospitality atau keramah tamahan, Kota Payakumbuh adalah kota persinggahan dan kota kuliner, harus bikin kota ini se nyaman mungkin.


"Bisnis itu banyak, anak-anak muda milikilah jiwa enterpreneur, bukan jiwa pekerja, karena pengusaha adalah hero, pahlawan karena mereka menekan angka pengangguran, mengangkat derajat orang lain. Saya sampaikan ucapkan terima kasih banyak telah membantu Saya mensejahterakan masyarakat kota ini," jelasnya.


"Jangan pesimis untuk mencoba berusaha, asalkan kita mau berusaha, harus ada yang terus berusaha membuka wawasan. Bangsa kecil tapi hebat, karena mereka menghasilkan suatu hal yang kreatif. Jangan berhenti berfikir menciptakan nilai tambah baru, pemikiran dan sistem baru," tambah politikus PKS itu.


Riza berkomitmen menjadikan kota ini sebagai Business Friendly, dengan telah dibuktikannya perizinan kota ini dinilai yang terbaik se Indonesia. 


"Kita tidak ingin yang berbisnis terganggu, kita ingin semua pengusaha di Kota Payakumbuh diperlakukan tanpa membeda-bedakan kelas usahanya, supaya Iklim investasi kita sehat dan kondusif," tutupnya.


Sementara itu, Andre selaku owner Gerobak Kopi menyampaikan kegiatan ini sudah dipersiapkan cukup lama, rangkaian ulang tahun herobal kopi ke 6, ide muncul bertepatan dengam kabar kalau wako yang akan habis masa jabatan kurang lebih 3 bulan lagi.


"Kami ingin mengambil ilmunya, Wako Riza Falepi selain mengelola kota, juga seorang pebisnis. Kami sampaikan apresiasi kepada wako atas kesediaan waktunya dan kepada semua teman-teman dan relasi yang selama ini mendukung keberadaan Gerobak Kopi," ujarnya.


Dijelaskannya, rangkaian acara HUT Gerobak Kopi yang ke 6 ini, pihaknya telah melaksanakan bagi-bagi kopi 600 cup di depan kantor pos, kemudian pada tanggal 11 Juli selama 1 minggu kedepan ada turnamen game mobile legend dengan 15 tim yang akan bertanding, juara 1 mendapat hadiah 5 juta. 


"Pada tanggal 12 Juli akan ada peformace band, bazar lokal kreatif, serta merchandise yang dibagikan untuk pengunjung di Gerobak Kopi III. Terakhir, pada tanggal 13 Juli adalah acara puncaknya dengan ada band lokal yang akan tampil dengan berbagai genre, serta banyak merchandise yang akan dibagikan di Gerobak Kopi Simpang Benteng," jelasnya. (Yon)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.