Kunjungan PT. Indofood Ke Kabupaten Solok

Arosuka, netralpost.net- Pemerintah Kabupaten Solok terima kunjungan dari Pimpinan Divisi Agro PT. Indofood Surya Tolim dalam rangka menjalin kerjasama Distribusi Hasil Bumi berupa Kentang, bertempat di ruang kerja Bupati Solok, Senin (12/09/2022). Turut hadir mendampingi Bupati Solok yaitu Pimpinan DPRD Ivoni Munir Sekretaris Daerah Medison, S.Sos, M.Si, Asisten II Drs. Syahrial, MM, Anggota DPRD Etra Neldi, Kepala Dinas Pertanian Kennedy, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Admaizon, Kepala Dinas Koperindag Ahpi Gusta Tusri, SSTP, M.Si serta Kepala bidang terkait dari beberapa OPD.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa sebelumnya pemerintah kabupaten Solok saat ini memang sedang mencari perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan kerjasama dengan pemerintah kabupaten Solok. Sebelumnya kita di Pemerintah Kabupaten Solok juga telah melakukan kerjasama dengan PT. Food Station Jakarta  pada bidang distribusi beras solok yang Alhamdulillah pada minggu depan akan kita lakukan pengiriman ke Jakarta. Dalam hal ini Bupati berharap agar PT. Indofood juga tertarik untuk melakukan kerjasama dengan masyarakat kabupaten Solok sehingga nantinya bisa menciptakan hubungan yang baik untuk kedepannya.

Setelah melaksanakan diskusi singkat Bupati Solok bersama Pihak PT. Indofood lakukan Peninjauan Lapangan lokasi Pertanian Kentang yang bertempat di Jorong aia tawa selatan nagari kampuang batu Dalam, pada kawasan pertanian ini dikelola oleh kelompok tani Penangkar benih Kentang Binaan BPTP Sumatera Barat yang berjumlah kurang lebih 20 orang dengan luas tanah pertanian yang dikelola masing-masing anggota seluas 2 hektar.

Pada perbincangan Bupati Solok bersama Pimpinan Divisi Agro PT. Indofood disimpulkan bahwa PT. Indofood mampu menampung sebanyak 1000-1500 ton tiap bulannya dan jika petani di kabupaten Solok dapat menghasilkan lebih pun masih akan di tampung nantinya, terkait kerjasama tersebut juga akan diadakan Kesepakatan kontrak sehingga harga dari kentang akan disesuaikan dengan standar biaya yang berlaku dan jika terjadi fluktuasi harga jual juga akan dilakukan pengkajian ulang kontrak, untuk bibit kentang nya nanti juga akan disediakan langsung oleh pihak PT. Indofood  dimana mereka menggunakan bibit khusus dengan varietas citra atau atlantik, pada kerjasamanya nanti PT. Indofood akan melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis pengelolaan pertanian .

Diakhir kunjungan Bupati Solok bersama Pihak PT. Indofood adakan pertemuan bersama Masyarakat Kelompok Tani Kecamatan Danau Kembar dan Lembah Gumanti.

Pada sambutannya Surya Tolim menyampaikan pada pengembangan produk PT. Indofood, dalam hal ini kita telah mengadakan kerjasama bersama para petani di pulau Jawa semenjak 30 tahun lalu, dan saat ini kita telah mulai lakukan kerjasama dengan petani diluar pulau jawa dan salah satunya di Sumatera yang telah dimulai semenjak 4 tahun lalu namun sempat terhenti, saat ini PT. Indofood ingin menjalin kerjasama lagi dan salah satunya dengan pertanian yang ada di Kabupaten Solok.

"Setelah tadi melaksanakan Kunjungan Lapangan kita telah melihat kondisi geografis serta kondisi tanah yang ada di daerah ini dan dapat kita nyatakan bahwa kondisi tanah di Kabupaten Solok memiliki standar yang bagus untuk pertanian kentang" tuturnya.

Menanggapi pernyataan tersebut Bupati Solok menyampaikan rasa senangnya karena dengan hal ini sudah menjadi modal utama kita di kabupaten Solok untuk melakukan kerjasama dengan PT. Indofood.

"Melalui pernyataan beliau bahwa tanah kita ini cocok untuk cocok untuk ditanami kentang, itu dulu yang terpenting, karena hal inilah yang memungkinkan kita untuk melakukan kerjasama" tegas Bupati Solok H. Epyardi Asda.

Pada kesempatan tersebut Bupati Solok juga memberikan penawaran kerjasama Distribusi Hasil Bawang Merah di Kabupaten Solok.

Menanggapi hal tersebut Surya tolim menyampaikan hasil bawang merah di Kabupaten Solok nantinya akan dibawa untuk dijadikan sampel yang akan diuji oleh tim peneliti bawang merah, dan apabila memungkinkan PT. Indofood juga akan mengadakan kerjasama terkait distribusi bawang merah.

Selanjutnya dalam pertemuan tersebut Masyarakat Petani Bersama Bupati Solok dan Pihak PT. Indofood lakukan perbincangan Teknis dan Sosialisasi terkait Pengelolaan dan Distribusi Kentang.(*)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.