Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam ASN Bali Banjarmasin bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Pendidikan Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPR RI DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalimantan Kampus Kapolda Sumbar kapolri Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PDAM Pekanbaru Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilkada PKB Sumbar Polda Sumbar polisi politik polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Payakumbuh Festive Run 2022 Bakal Digelar Di Batang Agam, Pendaftaran Bisa Online dan Offline



Payakumbuhnetralpost-- Pemerintah Kota Payakumbuh menyambut baik adanya iven Payakumbuh Festive Run 2022 yang akan digelar pada 18 Desember 2022 mendatang.


Payakumbuh Festive Run 2022 direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2022, yang juga bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh dengan kata lain Payakumbuh Festive Run turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kota Randang ini.


Iven yang merupakan kolaborasi komunitas lari bersama Pertamina itu merupakan iven lari pertama di Kota Payakumbuh bertema festival dengan memadukan olahraga dan UMKM. Ide ini dirembukkan oleh panitia yang terlibat dari komunitas lari seperti Payakumbuh Runners, Adventure Runners, dan Trail Runners Payakumbuh.


Dalam jumpa pers di Gerobak Kopi, Selasa (1/11), Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh M. Faizal mengatakan sangat inspiratif, bagi Pemko Payakumbuh ini adalah kabar baik adanya dukungan dari komunitas lari dalam rangka mengangkat perekonomian daerah.


"Kota Payakumbuh melekat sebagai sentra kuliner di Sumbar. Di setiap sudut kota ada jajanan, ada usaha yang menjual berbagai macam produk kuliner, umumnya dilakoni oleh generasi muda yang kreatif," ujarnya.


Ditambahkan Faizal, bahkan nanti pada tanggal 13 sampai 17 Desember 2022 akan kembali digelar pula iven tahunan yang sudah 3 tahun tak digelar karena pandemi Covid-19, namanya Payakumbuh Bagodang yang rutin digelar di Medan nan Bapaneh Ngalau Indah, dengan adanya pekan seni budaya dan pameran untuk wadah UMKM kuliner dan fashion.


"Payakumbuh Festive Run 2022 ini bertepatan dengan sehari setelah Payakumbuh Bagodang digelar. Kita berharap ini menjadi langkah untuk recovery pelaku usaha, mempercepat pemulihan pasca Pandemi Covid-19. Kami siap support dan menyukseskan, kedepan ini bisa disinergikan dengan program di pemerintah daerah," katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Nofriwandi menyebut pada bulan Desember 2022, Kota Payakumbuh padat akan agenda iven. Ada kegiatan olahraga, festival seni, budaya, dan pameran UMKM.


"Kita berharap salahsatu dampak dari Payakumbuh Festife Run 2022 ini dapat mengundang banyak datang wisatawan dan olahragawan ke Kota Payakumbuh. Kota ini nyaman ditinggali, cuacanya sejuk, setiap kegiatan sangat ramai, bahkan kawasan ngalau menjadi padat bila ada iven seperti gowes, jumlahnya ribuan," katanya.


Ditambahkan Nofriwandi, adanya iven keramaian seperti ini, tentu membuat orang datang, menginap, dan belanja di Kota Payakumbuh. Hal ini memberi dampak dengan mengangkat perekonomian masyarakat yang bergerak di bidang usaha pariwisata dan UMKM.


"Payakumbuh adalah lokasi wisata wajib di Sumatera Barat, kita berharap iven-iven seperti ini lebih banyak lagi oleh komunitas lainnya," harapnya.


Dari sisi Sales Branch Manager Pertamina Sumbar Rayon IV Muhammad Yudistira mengatakan dirinya baru 6 bulan ditempatkan di Sumbar, diakuinya makanan orang Sumbar enak, pariwisata mantap dan masyarakatnya kreatif banget.


"Kita sudah mengetahui iven seperti ini sering dilaksanakan di Kota Payakumbuh, namun beberapa tahun ini terhambat karena pandemi Covid-19. Akibatnya sektor ekonomi dan kesehatan terdampak," kata Yudistira.


Yudistira juga mengatakan pihaknya menyambut baik iven yang digagas oleh komunitas lari ini, karena tak hanya membawa semangat sehat saja, tak hanya atlet yang diwadahi, ada UMKM kuliner dan kerajinan yang dibawa serta bergeliat.


"Pertamina sangat mendukung aksi bergandengan tangan dalam mensupport UMKM. Hal in juga dalam rangka memajukan daerah kedepan, mari kita laksanakan dengan have fun. Karena saya termasuk generasi milenial, saya satu suara dan semangat dengan panitia, insyaallah akan mensupport agar kegiatan ini sukses dan menggaet peserta lari dari luar daerah untuk datang ke Kota Payakumbuh. Yang penting Jargon City of Randang harus terus kita gaungkan, mudah-mudahan kota ini semakin sukses dan masyarakat yang kreatif bisa berkembang memajukan kota ini," pungkasnya.


Sementara itu, Ketua Pelaksana Rio Irawan yang merupakan perwakilan dari Aventure Runner mengatakan iven ini mengangkat tema “food culture and humanity” dimana Payakumbuh merupakan kota yang terkenal dengan kuliner yang khas dan lezat dengan banyak pilihan makanan dan juga menawarkan cita rasa Payakumbuh yang tersedia selama 24 jam.


"Masyarakat Payakumbuh juga terbuka dan ramah terhadap setiap pengunjung dan tentunya melalui iven ini nantinya bisa menambah pendapatan masyarakat ataupun UMKM serta meningkatkan daya tarik dan promosi pariwisata Kota Payakumbuh, karena event ini mempunyai target peserta para pecinta lari dari daerah di luar Kota Payakumbuh," kata Rio didampingi Andina dari Payakumbuh Runner dan Megi Efriater dari Trail Runner Payakumbuh.


Ditambahkan Rio, iven ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa olah raga sudah menjadi life style, Payakumbuh mempunyai fasilitas yang cukup. Dengan juga mengusung tema “Humanity”, para peserta nantinya juga diikuti oleh pelari yang disabilitas atau berkebutuhan khusus, jadi setiap individu bisa mengikuti event ini.


"Tujuan lain dari event ini adalah mengangkat dan memperkenalkan UMKM yang ada di Kota Payakumbuh, mulai dari kerajinan sampai makanan," tambahnya.


Rio menjelaskan, Payakumbuh Festive Run 2022 dipusatkan di BWS Taman Batang Agam Payakumbuh, di lokasi ini nantinya juga akan disediakan booth-booth untuk produk makanan dan kerajinan dari UMKM kota Payakumbuh, sehingga para pelari dapat bersantai seraya menikmati sajian sajian khas Payakumbuh dan juga oleh-oleh yang kan dibawa kembali pulang ke rumah.


"Kita berharap acara ini bisa sukses, karena Payakumbuh Festive Run 2022 diselenggarakan oleh Komunitas Lari Payakumbuh dengan didukung oleh Pemerintah Kota Payakumbuh, event lari ini merupakan kegiatan positif, selain sehat dengan berolah raga kita juga mengharapkan adanya peningkatan ekonomi dan promosi pariwisata," kata Rio.


Bagi yang ingin mendaftar bisa via online di www.beyondrun.com atau via offline dengan datang langsung ke sekretariat panitia pelaksana di Lembaga Bahasa (LB) LIA di pusat Kota Payakumbuh, pendaftaran sudah dibuka sejak 16 Oktober 2022.


Total hadiah yang diperebutkan adalah Rp. 60.000.000,- (enam puluh juta rupiah) dengan 5 kategori yaitu 5 km pelajar SD Putra Putri, 5 km pelajar SMP Putra Putri, 5 km umum Putra Putri, 12 km umum  Putra Putri dan 21 km umum putra putri. Acara ini juga terselenggara berkat bantuan dan kerjasama dari sponsor dan Media Partner. (Yon)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.