Aceh Aceh Singkil Afrizen Agam Alirman Sori ASN Bali Banjarmasin bank indonesia bank Nagrai Banser Sumbar Banten Baru bencana alam BISNIS BPS Sumbar Bukittinggi Bupati solok Dharmasraya Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Dinas Pendidikan Solok diskominfo Solok DPD KNPI Kabupaten Solok. Kabupaten Solok DPD RI DPR RI DPRD Kabupaten Solok DPW NasDem DPW PKB Sumatera Barat Dunia anak epyardi asda G20 Ganjar Pranowo gerindra GP Ansor Sumbar Gubernur Sumbar Gus Baha H. Suherman hadline hendri Septa Hiburan hobi Hukum Humbahas HUT KOPRI ikan cupang indonesia International Jakarta jawa barat Jawa Tengah Jawa Timur Kab.Pasaman Kabupaten Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Nias Kabupaten Pariaman kabupaten pariaman Sumbar Kabupaten Solok Kalapas Kelas III Alahan Panjang Kalimantan Kampus Kanwil kemenag sumbar Kapolda Sumbar Kapolres Solok kapolri Karang taruna Karya Tulis Kemenag Solok Kemenag Sumbar kemenkum HAM Kementerian Agama Republik Indonesia kesehatan Kids KNPI Sumbar Kominfo Solok kota Padang Kota Pariaman Kriminal Kudus Legislatif lima puluh kota Lubuk Alung Lukisan makasar Mandailing Natal Medan mentawai MIN 3 Padang Mojokerto Muhammadiyah Nahdlatul Ulama Nasdem Nasional Natuna NKRI NU olahraga Opini Organisasi Kepemudaan Ormas Islam Padang Padang Panjang Padang Pariaman painan Papua Pariaman Pariwara bank Nagrai Pariwisata Sumbar parlemen Pasaman Pasaman Barat Payakumbuh payukumbuh sumbar PCNU Kabupaten Solok PDAM Peduli Sesama Pekanbaru pemerintahan Pemkab Pemkab Solok Pemko Pemko Padang Pemprov Sumatera Barat. Pendidikan pengabdian Pesisir Selatan Piaggio Pilihan Rakyat Sumbar Pilkada PKB Sumbar Pokdar Polda bali Polda Sumbar polisi politik Polres Solok polri Redaksi Rektor UNP religius Riau Rico Alviano RSUP M Djamil Padang satria Sawahlunto Seni seni budaya Sijunjung Simalungun Solok Solok Selatan STITNU Su Suherman Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sumater Barat Sumatera Barat Sumatera Barat. Sumatera Utara Sumatera Utara. Sumbar Surabaya Tanah Datar Tapanuli Tengah Terbaru Terbau Tiba TNI Tokoh Masyarakat TRD Triski UIN IB Padang UMKM UMSB Sumbar Universitas Andalas UPT Asrama Haji Emberkasi Padang Utama Vespa Indonesia wako Padang Wilayah Sumatera Barat WIRAUSAHA wisuda 88

Ganjar Tanam Pohon yang Digemari Putri-putri Keraton di UGM

 

YOGYAKARTA, netralpost --- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanam pohon kepel di area Food Park Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu (17/12/2022). Itu dilakukan dalam rangka peringatan Dies Natalis UGM ke-73 bertajuk "Merti Bumi Mbangun Nagari".

Pohon kepel atau disebut juga buharol merupakan pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa karena dipercaya menyebabkan tubuh beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam.

Selain Ganjar, penanaman berbagai pohon itu juga dihadiri oleh Rektor UGM Prof Ova Emilia dan para anggota Kagama se-Indonesia.

"Iya ini acara tahunan kita di Rakernas Kagama sekaligus peringatan ulang tahun UGM, biasanya kita satukan. Jadi, seminar sudah banyak, kegiatan banyak, aksi sosial banyak, hari ini teman-teman se-Indonesia kumpul di Yogyakarta para alumni UGM anggota Kagama menanam di sini," ujar Ganjar.

Penanaman pohon di area kampus, lanjutnya, sudah sesuai komitmen Rektor UGM untuk menjadikan kampus terbesar di Indonesia itu kampus hijau.

"Tadi Bu Rektor menyampaikan terus mendorong UGM menjadi kampus yang lebih hijau lagi. Tanamannya banyak," paparnya.

Selain pohon kepel, ada juga pohon yang lain seperti podocarpus.

"Dan tentu kita senang aktivitas teman-teman bisa turut serta menanam. Juga banyak pohon-pohon yang mungkin orang tidak kenal sehingga beragam tanaman kelak dikenalkan dan tumbuh lagi," imbuhnya.

Bukan hanya tanam pohon, Ganjar juga berharap adanya kesadaran dalam mengelola sampah.

"Tapi tidak selesai di situ, dari UGM juga mendorong nanti tidak hanya penghijauan tapi juga bagaimana mengelola sampah dan mengubah perilaku agar kemudian mereka bersih," imbuhnya.

Gubernur Jawa Tengah dua periode itu pun mendorong anggota Kagama untuk mengabdikan diri di masyarakat. Khususnya pada kegiatan sosial dan lingkungan hidup.

"Kemudian kami ingin mengabdikan diri pada kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat, wabil khusus yang ada di perbaikan lahan kritis," tegasnya.

Di Jawa Tengah, Ganjar terus fokus melakukan penyelamatan lahan kritis. Di tahun 2022 mulai Januari-Oktober 2022 mencapai 1.177.075 bibit pohon sudah ditanam.

Dengan lokasi penanaman di Blora, Rembang, Grobogan, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Boyolali, Salatiga, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Batang, Kendal, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Pemalang, Brebes, Banyumas.

Dan juga di Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Kebumen, Purworejo, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Temanggung, Surakarta, Klaten, Sragen, Karanganyar, Wonogiri dan Sukoharjo.

Bibit yang ditanam adalah bibit tanaman kayu keras (kehutanan) dan Multipurpose Tree Species (MPTS). Yakni jati, mahoni, sengon, akasia, aren, cemara,  asam jawa, flamboyan, kelor, sirsat, beringin, jambu biji, pachira, mangga, nangka, mangrove, pucuk merah, trembesi, ketapang kencana, tabebuya, durian dan lainnya.

"Maka, beberapa alumni kita ada yang jadi Dirjen, Perhutani, ada Pak Dekan Kehutanan. Saya mendorong untuk yang Muria dan Kendeng kemarin untuk kita hijaukan juga dan konsepnya juga pas," tandasnya.(*)

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.